Cara Membuat Portrait dan Landscape di Word

0

Setiap orang pasti ingin menyelesaikan pekerjaannya dengan mudah. Mereka mencari 1001 cara agar bisa mencapai tujuan tersebut. Orang-orang yang dulunya menyelesaikan pekerjaan dengan menulis manual kemudian berkembang menggunakan mesin tik. Saat teknologi makin maju, komputer, laptop, dan smartphone hadir mempermudah pekerjaan tersebut. Mereka tinggal mengetik di Ms Word berbagai pekerjaan mereka, lalu mengirim hanya dengan sekali klik tanpa harus seperti dulu dikirim lewat pos. Dalam hitungan detik, sekarang pekerjaan itu sampai di tangan yang tepat. Akhirnya, teknologi yang makin maju pun mempermudah setiap orang.

Microsoft word merupakan media yang populer bagi setiap orang. Banyak pekerjaan selesai dengan memakai layanan dari peruahaan besar Microsoft ini. Misalnya, mengetik laporan pekerjaan, proyek tender miliyaran rupiah, novel, skripsi, sampai artikel yang saya tulis sekarang pun memakai Microsoft (Ms) Word.

Umumnya ketika kita menggunakan aplikasi microsoft word secara otomatis halaman akan terbuka dalam keadaan portrait. Namun bagaimana cara membuat page layout portrait dan landscape dalam satu dokumen file di ms word? Apakah bisa? Jawabannya adalah tentu saja kalian bisa.

Microsoft word memberikan kalian kebebasan untuk mengatur page layout yang akan kalian pakai. Apakah kalian ingin memakai portrait? Atau landscape? Atau kalian ingin memakai page layout atau halaman portrait dan landscape secara bersamaan dalam satu dokumen word?

Misalnya, saat kalian memperoleh tugas untuk membuat tabel transaksi penjualan dari sebuah perusahaan dengan penjelasannya. Sebab dalam membuat tabel transaksi memerlukan banyak tempat, kalian bisa memakai page layout portrait. Sedangkan untuk penjelasannya, kalian bisa memakai page layout landscape

Membuat file word untuk contoh tersebut bisa memakai jenis page layout portrait dan landscape secara bersamaan dalam satu dokumen. Kalian bisa menggabungkan menjadi satu file tanpa perlu memisahkannya.

Cara Membuat Page Layout Portrait dan Landscape di Word

Cara membuat page layout portrait dan landscape di dalam satu dokumen word bisa kalian coba lewat microsoft word pada versi 2007, 2010, 2013, versi terbaru maupun versi yang lainnya yang sudah lama.

Walaupun tiap versi microsoft word memberikan tampilan yang agak berbeda. Tetapi, untuk membuat halaman portrait dan landscape di dalam satu dokumen word tidak akan jauh berbeda.

Cara membuat page layout landscape dan portrait dalam satu file microsoft word yang pertama adalah membuka aplikasi microsoft word di komputer atau laptop kalian. Secara otomatis word akan membuat halaman dengan layout portrait.

Yang kedua, buat halaman baru dengan tap menu Layout, klik Breaks, kemudian tap opsi Next Page.

Kemudian, halaman baru akan dibuat dalam layout portrait. Untuk mengubahnya ke landscape, tap menu Layout lalu klik Orientation, dan kemudian tap opsi Landscape.

Selamat, kalian sudah berhasil membuat halaman dengan format page layout portrait dan landscape dalam satu dokumen word. 

Supaya membuat halaman dengan jumlah yang banyak, kalian bisa mengulangi langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Kalian juga bisa melakukan sebaliknya untuk mengubah tampilan page layout landscape ke portrait dengan cara yang sama. Mudah bukan?

Itu tadi cara membuat page layout portrait dan landscape di dalam satu dokumen word yang bisa kalian pakai, Gaes. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Memberi wawasan dan ilmu baru bagaimana menulis dan membuat halaman page layout portrait dan landscape yang benar dalam satu dokumen.

Selamat mencoba dan salam teknologi!

READ  5 Aplikasi Terbaik untuk Karaoke di Android, Gak Perlu Keluar Rumah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.