Cara Membuat Subtitle

0

Subtitle punya peran penting saat kalian sedang menonton film dengan bahasa asing. Tetapi, apakah kalian pernah berpikir bagaimana cara membuat subtitle untuk film atau video kalian sendiri? Gaes, ternyata membuat subtitle sendiri itu mudah loh. Bahkan kalian bisa mencobanya lewat laptop ataupun smartphone android saja.

Mungkin kalian pun pernah mengalami, saat menonton film asing, kalian jadi kesal karena tidak ada subtitle di film tersebut. Kalian sudah mencari ke situs web download subtitle indonesia tapi hasilnya tidak ada. Pasti mengesalkan ya.

Nah, dengan kalian mengetahui cara membuat subtitle sendiri nantinya akan sedikit membantu kalian untuk memberikan subtitle indonesia ke film atau video yang kalian inginkan. 

Cara Membuat Subtitle di Laptop / PC

Gaes, saya akan rekomendasikan 2 cara membuat subtitle film yang bisa kalian coba di komputer atau laptop kalian. Simak langsung kuy.

Notepad

Notepad adalah aplikasi bawaan windows, jadi setiap komputer atau laptop pastinya sudah mempunyai aplikasi notepad ini. Notepad ternyata juga bisa dipakai sebagai pembuat subtitle video.

Bagaimana caranya? Pertama, buka notepad lalu ketikkan angka 1 di baris pertama. Selanjutnya klik Enter untuk membuat baris baru.

Di bawahnya, kalian masukkan waktu subtitle tersebut dimulai dan berakhir dalam format jam:menit:detik,milidetik. Misal: 00:00:30,000

Berikutnya, tekan Enter untuk baris baru dan masukkan subtitle tepat di bawah format waktu.

Langkah selanjutnya, kalian ulangi secara berurutan untuk melanjutkan subtitle yang berikutnya.

Gaes, supaya lebih mudah dan akurat, kalian bisa mengetikkan subtitle dengan menonton film atau videonya juga. Berikan juga jarak satu baris pemisah untuk lanjutan subtitle supaya lebih rapi.

Ketika kalian sudah berhasil membuat subtitle sendiri memakai cara notepad di atas, simpan file tadi dalam bentuk .srt dan encoding UTF-8. Kalian bisa langsung memasukkan subtitle yang kalian buat ke dalam video dengan cara menggesernya atau mengubah nama subtitle.

Aegisub

Aplikasi ini bisa memberikan efek subtitle seperti warna dan bentuk font dengan mudah. Aplikasi ini bisa kalian manfaatkan secara gratis dan cukup ringan dipakai di laptop. Kalian bisa memilih font, warna, ukuran, tata letak dari subtitle yang akan kalian buat. Aplikasi ini juga memberikan preview, jadinya kalian tidak akan mengalami kesalahan dalam proses membuat subtitle.

Apabila kalian ingin mencoba aegisub sebagai pembuat subtitle di film atau video kalian, di bawah ini saya jelaskan cara membuat subtitle sendiri memakai Aegisub

Pertama, buka video. Kalian buka software Aegisub dan klik menu Video, lalu tap opsi Open Video. Berikutnya pilih video yang ingin kalian buat subtitle nya. Jangan lupa untuk memasukkan audio dari video tersebut agar lebih mudah dalam pembuatan subtitle, dengan cara tap di menu Audio, dan klik Open Audio from Video.

Kedua, mengatur tampilan. Kalian bisa mengatur tampilan warna, ukuran, gaya font dari subtitle. Kalian bisa dapat mengatur teks subtitle dengan bebas, tapo pastikan agar lebih nyaman untuk dibaca.

Hanya perlu klik menu subtitle dan pilih Styles Manager. Disana kalian akan melihat opsi untuk mengatur tampilan font dengan mudah.

Ketiga, ketikkan subtitle. Ya, ketikkan subtitle untuk video kalian. Untuk memasukkan subtitle, cukup pergi ke menu Audio box.

Untuk memunculkan dua baris teks dalam satu subtitle, kalian harus memasukkan \N sebagai pemisah garis subtitle. Kalau selesai, klik Enter atau tombol Commit untuk langsung menyimpannya.

Ingat, kalian harus mengatur posisi subtitle dengan benar. Kenyamanan dalam membaca teks subtitle di dalam film atau video merupakan poin yang penting.

Keempat, simpan subtitle. Caranya mudah, dengan tap menu File, lalu klik Save Subtitle atau langsung tekan CTRL+S pada keyboard.

Format subtitle yang dihasilkan aegisub bisa dipakai untuk media player video apapun. Kalian pun bisa memasukkan subtitle hasil dari aegisub ke dalam video di youtube.

Cara Membuat Subtitle di Android

Biasa  orang-orang membuat subtitle bahasa indonesia sendiri memakai komputer / laptop. Tapi ternyata ada aplikasi untuk smartphone android yang bisa kalian manfaatkan sebagai cara membuat subtitle juga.

Aplikasi ini cukup bagus untuk membuat subtitle di video atau film kalian. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa mengubah subtitle yang jelek menjadi selaras dengan video.

Pertamanya, kalian pasang aplikasi Easy Subtitles lewat Playstore. Selanjutnya buka aplikasi yang sudah kalian instal tersebut.

Setelah itu masukkan video yang ingin kalian edit atau tambahkan subtitle. Terakhir, kalian bisa langsung mengatur subtitle sesuai keinginan kalian.

Cara Menerjemahkan Subtitle Bahasa Asing

READ  Mau Membeli Macbook Bekas? Cek Dulu Baterainya!

Cara membuat subtitle sendiri untuk video atau film sudah, selanjutnya adalah cara menerjemahkan subtitle dari bahasa asing.

Mungkin kalian sering menemui saat mencari subtitle untuk sebuah film, yang tersedia hanya subtitle untuk bahasa inggris saja atau bahasa asing lainnya. Kalau begitu, kalian bisa memanfaatkan fitur dari Google Translate untuk menerjemahkan subtitle dari berbagai bahasa dengan mudah.

Langkah awal, cari subtitle dengan bahasa asing terlebih dahulu. Kemudian buka file subtitle tersebut memakai notepad.

Selanjutnya, copy semua isi teks yang ada di dalam subtitle. Lalu terjemahkan teks tersebut di Google Translate Indonesia.

Langkah beriktunya, buat file notepad baru lalu copas hasil terjemahan. Dan terakhir, simpan ke dalam format .srt dan encoding UTF-8.

Itulah artikel tentang cara membuat subtitle film dan video sendiri memakai notepad, aegisub, dan aplikasi di smartphone android. Kalian bebas memilih cara mana yang paling mudah menurut kalian.

Yang utama adalah pastikan kalian membuat subtitle film dengan bahasa yang baik dan penempatan teks yang pas supaya nyaman saat menonton film atau video.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.