Cara Membuat Template WordPress Menarik

0

Para pengguna jasa website terutama yang memakai website WordPress, mungkin kalian bingung ya memilih mana template WordPress terbaik untuk kalian gunakan. Perlukah memakai yang premium atau yang gratis saja?

Namun kali ini, saya hanya akan membahas template premium saja ya, Gaes. Kenapa? Karena template premium WorPress ini bisa kalian peroleh dari pihak ketiga di luar template yang disediakan oleh WordPress. Bisa jadi kalian juga bertanya-tanya kenapa kita harus memakai template premium kalau bisa memakai template gratis?

Gaes, sesungguhnya pemilihan template website ini tidak sekedar berhubungan dengan tampilan saja. Kita juga harus memerhatikan fitur apa yang bekerja untuk konten website kita  dan apa tujuan pembuatan website kita. Lebih gampangnya, mungkin kalian bisa memakai template gratis kalau tujuannya seperti ini. Misalnya untuk blog pribadi; kalian tidak merasa tersaingin dengan jutaan website lain yang tampilannya sama dengan webiste kalian; kalian hanya ingin mencari manfaat dasar website; dan Tidak membutuhkan banyak dukungan teknis untuk mengembangkan situs.

Sementara itu, jika kalian punya tujuan lain mungkin kalian bisa menggunakan template premium untuk website WordPress kalian. Contohnya untuk menjalankan bisnis secara online; memperluas manfaat website dengan layanan fitur seperti e-commerce; ingin mendapatkan tampilan website yang unik; dan juga kalian sedang butuh bantuan untuk mengembangkan website kalian.

Untuk kalian yang membuat opsi memakai template premium WordPress, sebelumnya kalian mendefinisikan jenis website kalian dulu. Jika kalian mau membuat website untuk portfolio fotografi, blog tentang makanan, atau website e-commerce, kalian harus memilih template WordPress yang sesuai. Kalian juga harus ada tenaga ekstra untuk mengoperasikan dan mengelola website jika memilih template yang lengkap untuk memperoleh fitur dan fungsi tambahan yang lain.

 

Keuntungan atau benefit yang didapat saat kita membuat tempplate premium WordPress adalah hampir sama saat kita memilih hosting, kita boleh mengangap template premium WordPress kita sebagai salah satu cara investasi untuk bisnis yang kita jalankan. 

Template premium ini tidak hanya berbayar karena premium, tetapi juga memberikan fitur-fitur premium yang menarik. Seperti responsivitas sampai optimasi. Mungkin ini faktor yang perlu kalian fikirkan saat memilih template ya, Gaes.

Selain nantinya mendapat pilihan terbaik dengan template yang fungsional, kalian juga akan mendapat layanan teknis, pembaruan rutin, pemilihan customization yang luas, juga keamanan website. 

Di samping itu, template premium WordPress ini tentunya juga lebih unik daripada template WordPress lainnya. Beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat memilih template premium WordPress:

Standards-compliant

Kalian sudah harus memastikan bahwa template tersebut sudah diperbarui ke versi terbaru WordPress, PHP, CSS, dan HTML.

Responsive

Website WordPress kalian harus memakai template yang responsif. Ini karena Google juga menghitung mobile-responseveness atau seberapa responsif lay out kalian di smartphone, sebagai salah satu faktor perangkat di laman hasil pencarian.

Kompatibel untuk semua browser

Patikan website kalian dapat diakses lewat berbagai jenis browser berbeda agar membuat mudah para pengunjung mengakses website kalian.

Bebas Bersyarat

Maksudnya apa? Kalian bebas untuk berkarya, tapi dengan syarat harus sesuai dengan template yang kalian mau. Karena itulah kalian perlu untuk melakukan cek ricek apa template tersebut bisa kalian buat penyesuaian.

Bekerja baik dengan plugin lain

Di samping memiliki script yang telah diperbarui, responsif, kompatibel di semua browser, dan bisa disesuaikan, kalian juga harus memastikan template yang akan kalian pakai. Apakah template dapat bekerja maksimal jika dikombinasikan dengan plugin lain yang ingin kalian pasang di template website kalian, Gaes.

Pilihan Framework Template WordPress

Gaes, ada beberapa tema WordPress yang dibuat dengan memakai framework atau kerangka kerja, dan yang lainnya dibangun dari nol. Secara umum, framework ini paling tepat diilustrasikan sebagai fondasi untuk template WordPress. Umumnya, framework akan berisi kode inti, berisi fitur dasar dan elemen desain.

Bagian kerangka ini lalu dipakai sebagai titik awal saat tema baru dibuat. Fitur dan elemen desain baru dimasukkan ke dalam kerangka untuk membuat produk jadi. Framework tema WordPress sendiri terbagi menjadi dua kategori utama.

Kategori pertama, kalian mempunyai kerangka kerja internal yang sudah dibangun untuk dipakai oleh tema tertentu. Kemudian ada framework yang bisa dipakai siappaun sebagai pondasi proyek mereka. Beberapa framework dalam kategori ini bebas untuk diinstall.

Kalian juga bisa mendapatkan tema gratis atau komersial yang dibangun di atas framework. Kalian bisa membeli frameworknya dan memakai child theme gratus atau komersial yang sudah dibuat dengan framework ini oleh orang lain.

Child theme sendiri merupakan tema WordPress yang mewarisi fungsi dari tema induknya dahulu. Child theme juga bisa diutak-atik sesuai keinginan.  Ia bisa dopakai saat kalian ingin menyesuaikan tema WordPress yang ada tanpa kehilangan kemampuan untuk memperbarui temanya.

Kesulitan jaman dulu, tidak ada cara yang paling mudah untuk memperbarui tema WordPress tanpa kehilangan semua style dan penyesuaian yang sudah kalian lakukan. Sedangka di child theme, kalian dapat mengubah tanpa kehilangan fungsi yang sudah disesuaikan karena fungsinya memang berasal dari tema induknya. Dengan ini, kalian bisa membantu memudahkan proses transisi kalau ingin mengubah tampilan website.

Nah, itu tadi cara memuat template WordPress buat kalian yang sedang ingin berkerasi atau mengembangkan kemampuan diri membuat website. Terserah mau gratis atau premium alias berbayar. 

Pastinya, kalian harus konsisten menulis dan update setiap hari agar pembaca tidak meninggalkan website kalian nantinya.

Selamat berkreasi. Salam teknologi! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.