Cara Membuka dan Mengekstrak File RAR di Smartphone

0

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan kata “RAR”, atau mungkin juga kamu sudah sering menggunakan fitur ini di Laptop/komputer dalam pekerjaan/tugas sehari-hari.

RAR adalah salah satu ekstensi file yang telah dikompresi dengan menggunakan software atau aplikasi WINRAR. Dibandingkan dengan ZIP, RAR menawarkan kemampuan kompresi yang lebih baik dikarenakan mampu untuk menghasilkan file kompresi yang lebih kecil walaupun ukuran file aslinya hampir sama dengan ZIP?

RAR dapat dengan mudah kamu buka di Laptop/Komputer menggunakan software WinRAR.  Namun ada pula sebagian orang yang menggunakan ponsel mereka untuk membuka file RAR ini, dikarenakan tidak sempat membuka Laptop atau karena lebih praktis dan cepat.

Tapi  ada pula yang belum mengetahui bagaimana cara untuk membuka dan mengekstrak file RAR ini di ponsel mereka. Nah, jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas mengenai trik untuk membuka dan mengekstrak file tipe ini di ponsel kamu. Check it out ya!

  1. Install Aplikasi RAR dari Google Play Store di ponsel kamu
  2. Setelah kamu selesai install aplikasi RAR, silahkan buka aplikasi tersebut
  3. Pada halaman utama, kamu akan melihat beragam folder dan dokumen
  4. Silahkan cari file RAR yang akan diekstrak
  5. Setelah memilih file, kamu dapat memilih menu Extract dengan logo buku ditambah tanda panah ke atas yang berada di bagian atas aplikasi
  6. Pilih tempat ekstrak file pada halaman Extraction Options
  7. Klik tombok OK
  8. Setelah selesai file hasil ekstraksi akan mncul di tempat yang kamu pilih sebelumnya

Aplikasi RAR ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan, karena telah terpercaya dan langsung dibuat oleh RARLAB, yang merupakan penerbit dari perusahaan win.rar GmbH sendiri. Tapi tidak hanya ektrak file saja, alikasi ini juga dapat menggabungkan beberapa file yang kamu inginkan menjadi satu file RAR lho! Sangat praktis bukan?

Pihak WinRAR menjelaskan, software ini mampu mengompresi file dengan 40% dibanding ukuran asilnya. Contohnya, jika file kamu berukuran 200 MB, maka pada saat kompresi dengan ekstensi RAR akan menjadi 140 MB. Aplikasi ini juga dapat mengekstrak file yang telah terkompresi selain ekstensi RAR, seperti 7z, ARZ, BZ2, ISO, XZ, dan Zip GZ, dan tentunya masih banyak lagi. Jadi kamu dapat install aplikasi RAR untuk mengekstrak file dengan beragam ekstensi.

Jadi, apakah kamu sudah berhasil mengekstrak file yang kamu inginkan di ponsel mu? Bagaimana? Praktis dan cepat bukan? sekarang kamu tidak perlu membuka laptop untuk membuka file yang kamu inginkan!

Terima kasih pula untuk kamu yang sudah membaca artikel ini sampai selesai ya! Selamat mengerjakan pekerjaan atau tugas rumah! Salam teknologi 😊

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.