Cara Membuka File ENC di Android

0

Pernahkah kalian kesulitan  membuka file ENC di smartphone android? Ya, file ENC memang tidak bisa dibuka secara langsung lewat smartphone android. Tetapi, masih ada jalan lain untuk membukanya.

Gaes, ENC adalah singkatan dari encryption atau enkripsi yang bisa menerjemahkan data jadi kode rahasia. Pekerjaanya adalah memberi pengamanan data supaya bisa dibuka oleh seseorang yang mempunyai akses saja.

Biasanya saat kita sedang mengirimkan file lewat whatsapp, file tadi berubah menjadi file enc. File dengan format enc ini memang file enkripsi bawaan dari whatsapp dan aplikasi chatting pada umumnya.

Kalau kalian adalah satu dari sekian orang yang menerima file enc dan bingung bagaimana caranya membuka file tersebut lewat smartphone android, maka saya di sini membawa jawaban atas kebingungan kalian.

Cara Membuka ENC di Smartphone Android

Kenyataan sebenarnya adalah file ENC ini sangat mudah dibuka, bahkan bisa lewat smartphone android saja. Meskipun file enkripsi pada umumnya sangat rumit dan sulit untuk dipecahkan kodenya, tetapi itu tidak berlaku untuk enc.

File enc figanti menjadi kode dalam format uncoded bertujuan untuk memberi pengamanan data. Tetapi, kalian dapat membuka file end di komputer, laptop, dan smartphone android sekalipun.

Di bawah ini ada beberapa cara membuka file ENC di smartphone android yang bisa kalian praktekkan dengan mudah, cepat dan gratis.

Membuka file ENC dengan Zarchiver

Zarchiver dikenal sebagai aplikasi android yang dipakai sebagai pengekstrak file rar dan zip. Di samping itu aplikasi ini ternyata juga dapat membuka file enc di smartphone android.

Zarchiver ini gratis dan bisa kalian instal di playstore. Dengan aplikasi ini, kalian bisa membuka file enc dengan cepat dan tanpa hambatan.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah instal aplikasi Zarchiver dahulu, kemudian buka setelah selesai dipasang.

Selanjutnya, kalian cari file enc yang ingin kalian buka. Klik file enc tersebut dan klik opsi ekstrak. Terakhir, file enc akan diproses untuk membuka file yang ada di dalamnya.

Ketika proses ekstrak selesai, maka semua file yang ada di file enc tersebut akan dikeluarkan dan sudah bisat diakses seperti biasa.

Membuka file ENC dengan File Manager X-Plore

Cara kedua yang bisa kalian lakukan yaitu memakai file manager. Ingat, Gaes. File manager ini bukan file manager biasa, aplikasi file manager ini dinamakan X-plore.

X-plore bisa kalian manfaatkan untuk membuka file enc di smartphone android. Ia juga bisa di dipakai secara gratis dan bisa kalian cari di google playstore.

Cara memakai aplikasi ini yang pertama adalah instal aplikasinya disini. Selanjutnya buka aplikasi dan cari folder tempat file enc berada.

Klik tahan file enc lalu klik opsi Ganti nama. Kemudian klik opsi OK untuk menyimpannya. Dengan begitu, file enc berubah menjadi file yang sesuai.

Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Cara yang terakhir adalah lewat layanan converter online. Dengan demikian, kalian tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Pakai saja aplikasi web browser di smartphone android dan pastikan kalian sudah tersambung di jaringan internet.

Caranya bagaimana? Pertama, buka aplikasi web browser kalian. Kemudian kunjungi situs web extract.me/id/

Selanjutnya pilih file dan klik file enc yang ingin dibuka. Setelah itu, file enc kalian akan diproses di web tersebut. File enc kalian akan berubah menjadi file zip. Terakhir, download file zip tersebut untuk membuka file enc.

Bagaimana? Mudah kan? Cukup beberapa langkah dan kalian berhasil membuka file enc yang ada di smartphone android tanpa memerlukan aplikasi tambahan yang perlu diinstal.

 

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.