Cara Membuka File RAR dan Zip di Android

0

Kalian pernah dikirim file RAR atau Zip teman kalian lewat smartphone? Kalian bingung bagaimana cara membukanya? Tenang. Di sini saya akan memberikan tips membuka file RAR dan Zip di smartphone kalian, Gaes.

Membuka file jenis RAR ataupun Zip di Android memang tidak semudah saat melakukanya melalui PC atau laptop. File RAR atau Zip adalah salah satu jenis file yang sering digunakan untuk mengirim tautan email. Seperti namanya, file jenis ini biasanya disimbolkan dengan ekstensi (.rar) dan (.zip) sehingga cukup mudah dibedakan dengan file lainnya.

Ditambah lagi, ikon yang menunjukkan file RAR dan Zip pun biasanya berbeda dengan file pada umumnya. karena mereka memakai tampilan buku bertumpuk. Yup, memakai jenis file ini memang memberi tawaran berbagai macam keuntungan, jadinya wajar banyak yang ingin tahu cara membuka file Zip dan RAR di Android.

File RAR dan Zip ini biasanya hasil kompresi dari berbagai macam file yang dijadikan dalam satu folder. Ini dilakukan agar file yang berjumlah banyak bisa dikirimkan dalam satu waktu sekaligus. Tidak hanya memudahkan dalam pengiriman file, RAR dan Zip juga membuat file bisa lebih tertata dan tidak tersebar sehingga tidak menyulitkan untuk mencari filenya.

Menariknya, file-file tersebut akan disimpan dengan ukuran yang lebih kecil di file RAR dan Zip sehingga memudahkan ketika diunduh. Lalu bagaimana cara membuka file RAR dan Zip di Android?

Gaes, sebab file yang mempunai ekstensi (.rar) dan (.zip) memang tak seperti file umumnya, maka dalam beberapa jenis perangkat, file ini tidak bisa dibuka dengan mudah seperti file-file yang lain, termasuk pada perangkat Android. 

Membuka file RAR dan Zip di Android pun wajib kalian diketahui terutama jika kalian menyimpan berbagai file RAR dan Zip penting pada perangkat Android kalian. File biasa akan bisa langsung terbuka dengan mengkliknya sebanyak dua kali atau dengan cara klik kanan kemudian pilih opsi Open.

Hanya saja, membuka file RAR atau Zip biasanya harus melewati proses extract terlebih dahulu kalau bukanya lewat PC. Meski[un membuka file Zip dan RAR di Android berbeda dengan PC, tetapi jika sudah terbiasa melakukannya dengan PC pasti tidak akan menemui kesulitan yang berarti saat menemui file tersebut.

Sejumlah file memang tidak mendukung untuk dibuka dengan perangkat berbasis Android secara langsung, salah satunya adalah RAR atau Zip. Karean itu, bila kalian memakai atau mengunduh file di perangkat Android, berikut ini ada beberapa cara membuka file RAR dan Zip di Android yang akan membantu kalian untuk mengetahui isi di dalamnya ada apa saja.

Kuy ceikdot.

Aplikasi Pembuka File Zip dan RAR di Android

AndroZip File Manager

Aplikasi inilah adalah aplikasi pembuka file RAR dan Zip di Android yang pertama kali dibuat. Di samping mendukung file RAR dan Zip, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk file berjenis TAR, dan GZ. AndroZip bisa digunakan untuk mengekstraksi file, berbagai file dengan email, serta pemakaian task killer.

ZArchiver

Aplikasi ini menjadi salah satu jenis aplikasi pembuka file RAR dan Zip di Android yang banyak digunakan serta memperoleh rating yang baik di Google Play. Selain mendukung RAR dan Zip, ia juga bisa digunakan untuk file lain, seperti TAR dan GZ.

Easy Unrar, Unzip, & Zip

Aplikasi ini merupakan salah satu yang mudah untuk dipakai. Di samping mengeksplorasi file RAR dan Zip, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan sejumlah file ke dalam file RAR dan Zip.

Di atas adalah contoh beberapa aplikasi yang bisa diunduh lewat Google Play, saat kalian mempunyai kesulitan untuk mengakses file berjenis RAR dan Zip pada perangkat Android.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi seperti itu, tetapi ketiganya menjadi yang paling banyak digunakan. Sekarang, kuy kita langsung ke cara membuka file Zip dan RAR di Android.

Cara Membuka file RAR dan Zip di Android

Ada beberapa langkah yang harus kalian ikuti untuk membuka file RAR dan Zip di Android dengan bantuan aplikasi pembuka file tersebut.

Pertamanya, sebelum kalian memulai cara membuka file RAR dan Zip di Android, pastikan dulu perangkat Android yang kalian pakai udah terkoneksi dengan internet. Lalu masuklah ke Google Play Store dan carilah salah satu aplikasi pembuka RAR dan Zip, misalnya saja dengan memilih AndroZip File Manager. Lalu unduh dan install aplikasi tersebut di perangkat Android. Kalau sudah selesai, buka dan jalankan aplikasi tersebut.

Langkah selanjutnya, kalian temukan file mana saja yang akan dibuka dengan aplikasi ini. Kemudian tekanlah file RAR dan Zip yang kalian mau. Biasanya setelah itu akan muncul opsi Extract file here, Extract to…, View Archive, dan Send

Apabila kalian ingin mengekstrak file di tempat tersebut, kalian tinggal pilih opsi ‘Extract file here’. Tetapi kalai ingin meletakknya ke tempat yang lai,n pilih opsi “Extract to …”.

Jika cara dengan memilih opsi “Extract file here” tidak berhasil, maka pilihlah “View Archive” sebagai langkah alternatif untuk membukanya.

Kalian bisa memilih sendiri file mana saja yang ingin diekstrak atau memilih “Check All” jika ingin mengekstraksi semuanya, kemudian selesaikan dengan klik pada opsi “Extract”. Selanjutnya, kalian tinggal menunggu proses ekstraksi sampai selesai, dan biasanya setelah itu file RAR da Zip akan terbuka sendiri.

Gaes, itu tadi beberepa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuka file Zip dan RAR di Android dengan memanfaatkan salah satu jenis aplikasi pembuka file RAR dan Zip bernama AndroZip File Manager.

Untuk aplikasi lainnya, kalian pun bisa memakai aplikasi yang lain yang ada di Google Play untuk melakukan proses ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.