Cara Membuka File RAR di Android

0

File RAR dan ZIP biasanya sering kalian temui saat mendownload file yang berukuran besar. Masalahnya, RAR dan ZIP adalah file kompresi yang sangat populer saat ini. Tapi, apakah kalian mengetahui cara membuka file RAR dan ZIP di smartphone Android?

Berkat RAR dan ZIP, file yang berukuran besar dan mempunyai banyak file di dalamnya akan lebih rapi. Ini karena semua file yang ada akan digabung menjadi satu file yaitu RAR atau ZIP.

Di samping itu, dengan memasukkan file ke RAR atau ZIP akan membuat ukuran menjadi lebih kecil dari aslinya. Hal ini tentu bermanfaat jika kalian ingin berbagi file melalui layanan upload atau mengirim file lewat email.

Cara Membuka File RAR dan ZIP di Android

Untuk membuka dan mengekstrak file ZIP ataupun RAR di PC windows, kalian wajib menginstal aplikasi WinRAR. Kemudian tap pada file RAR atau ZIP yang kalian inginkan untuk dibuka dan diekstrak.

Untuk membuka file RAR di smartphone Android ternyata juga sangat mudah. Ada beberapa pilihan metode yang bisa kalian pakai, mulai dari tanpa aplikasi sampai dengan aplikasi.

Buka RAR Tanpa Aplikasi

Aplikasi file manager di smartphone Android saat ini sudah menyediakan untuk membuka ZIP dan RAR. Karena itu, kalian bisa ekstrak file RAR dan ZIP tanpa memakai bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Salah satunya yaitu file manager yang ada di smartphone Android Xiaomi.

Cara membuka file RAR di smartphone Xiaomi, pertamanya kalian buka File Manager di smartphone Xiaomi.

Selanjutnya cari file RAR atau ZIP yang ingin dibuka. Kalau sudah ketemu klik file RAR atau ZIP tersebut.

Selanjutnya, pilih opsi Ekstrak di sini atau Mengekstrak berkas ke. Tunggu beberapa saat sampai proses ekstrak file selesai.

Sekarang kalian sudah bisa melihat file RAR dan ZIP di Android.

Ekstrak di sini adalah mengeluarkan semua file yang ada di dalam file RAR atau ZIP ke folder yang sama.

Mengekstrak berkas ke adalah mengekstrak semua file yang ada di dalam file RAR atau ZIP ke folder yang bisa kalian tentukan dengan bebas.

RAR by RARLAB

Rarlab merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh RARLAB yang ditujukan untuk membuka, mengekstrak, dan membuat file RAR dan ZIP di smartphone Android dengan mudah.

Cara memakainya yang pertama adalah instal aplikasi RAR melalui playstore. Kalau sudah terpasang maka buka aplikasi.

Selanjutnya, cari file RAR atau ZIP kalian. Langsung berikan centang di kotak pada file tersebut. Kemudian klik ikon ekstrak di bagian atas.

Langkah berikutnya, tentukan lokasi file akan diekstrak. Klik OK lalu tunggu proses ekstrak sampai selesai.

Aplikasi ini sudah dipasang lebih dari 100 juta kali oleh pengguna Android. Di samping itu, aplikasi ini pun mendukung file RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, dan ARJ juga membuka file yang memiliki password.

Ekstrak RAR & Pembuka File ZIP

Aplikasi bisa untuk membuka file RAR dan ZIP dengan mudah. Ia juga menawarkan fitur file manager yang bisa dipakai untuk mengolah file di smartphone Android kalian.

Cara membuka file RAR atau ZIP di smartphone android yang pertama yaitu dengan memasang aplikasi Ekstrak RAR & Pembuka File ZIP.

Selanjutnya buka aplikasinya. Langsung cari file RAR atau ZIP yang akan dibuka.Kemudian klik file tersebut dan ekstrak.

Selanjutnyakalian tap lokasi untuk mengekstrak berkas. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Aplikasi ini juga bisa membuka file RAR atau ZIP yang mempunyai password di dalamnya. Caranya, klik tombol Set Password lalu masukkan password yang sesuai.

Simple Unrar

Aplikasi ini memberikan tampilan yang sederhana dan hanya mempunyai ukuran 3 MB saja. Walau begitu, aplikasi ini cukup ampuh untuk membuka file RAR dan ZIP di HP Android.

Cara ekstrak file RAR di smartphone Android yaitu dengan menjalankan aplikasi Simple Unrar di smartphone kalian.

Selanjutnya, cari file RAR dan ZIP kalian. Kemudian klik opsi ekstrak, lalu pilih lokasi pengekstrakan sesuai keinginan.

Berikutnya, ekstrak berkas akan dimulai. Tunggu sampai selesai.

Lama tidaknya proses ekstrak file RAR atau ZIP di smartphone Android tergantung ukuran file tersebut. Semakin besar ukuran RAR atau ZIP, maka semakin lama prosesnya.

Demikianlah beberapa cara membuka file RAR di android. Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba!

READ  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android

Leave A Reply

Your email address will not be published.