Cara Membuka Password RAR

0

Kalian mendapat kiriman RAR tapi tidak bisa membukanya karena dilindungi password? Tenang, saya akan membantu kalian memecahkan masalah kunci password di artikel ini.

Seperti kita tahu, file dalam bentuk RAR dikenal lebih aman dari serangan virus sehingga jadi pilihan para programmer mengingat resikonya lebih kecil.

Tetapi apabila file RAR tersebut diproteksi dengan sebuah password, tentu kalian harus tahu passwordnya dulu kan? 

Sebenarnya akar masalah ini adalah seringnya orang tidak bertanggung jawam melakukan tindakan hack. Atau dengan kata lain membobol crack pada WinRar.

RAR memang menjadi salah satu file yang banyak dipilih para programmer sebagai alternatif, tentunya file berbentuk RAR ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.

Di samping itu, karena file RAR adalah salah satu aplikasi dari WinRar yang sangat penting, maka di setiap PC atau laptop pun harus terinstal file tersebut.

Apa saja kelebihan dan kekurangan file RAR? Kita bahas dulu yuk sebelum cari tahu cara membuka RAR yang ada passwordnya.

Kelebihan dan Kekurangan File RAR

Kelebihan RAR

Ada beberapa kelebihan RAR yang akhirnya dipilih banyak programmer. Di antaranya, bisa dimanfaatkan untuk mengkompres file ataupun folder menjadi 2 format sekaligus, yakni .RAR dan .ZIP.

Di samping itu, kelebihan dari file RAR juga terletak pada daya kompresnya yang mampu membuat ukurannya lebih kecil.

Kemudian, kemampuannya dalam menata file dan menyusunnya secara lebih rapi juga jadi salah satu kelebihan file RAR.

Kelebihan dari file RAR lainnya yaitu bisa melindungi file dari virus yang berbahaya sekalipun. Sebab, aplikasi ini akan dengan responsif menolak setiap virus yang akan masuk ke dalam file tersebut.

Biasanya, file yang dilindungi oleh Winrar adalah File yang sedang ditargetkan oleh Virus autorun.inf. Kebanyakan virus ini muncul di Flashdisk. 

Kekurangan File RAR

Kekurangan file RAR salah satunya dalah saat file dikompres sering terjadi kerusakan. Biasanya, kerusakan ini terjadi sebab sebelumnya file sudah terinfeksi virus atau bisa jadi file yang dikompres belum selesai 100%.

Kekurangan file RAR berikutnya adalah jika RAR terkunci, akan sulit dikembalikan. Maksudnya, jika diproteksi dengan password maka cara untuk membukanya cukup sulit dan harus dilakukan dengan tahapan yang cukup rumit.

Kekurangan file RAR yang terakhir adalah terletak pada kinerjanya di mana sangat tergantung pada aplikasi dari WinRAR itu sendiri. Sebab, jika sebuah laptop atau PC tidak mempunyai aplikasi ini, maka setiap file berbentuk RAR tidak bisa dibuka.

Melihat beberapa kelebihan dan kekurangan file RAR yang telah Begawei sebutkan di atas, tentu saja akan semakin mudah bagi kalian dalam mempertimbangkan jenis aplikasi ini.

Dari keunggulan maupun kelemahan file RAR di atas, kalian bisa lebih berhati-hati dalam memakai file RAR ini. Karena, meski aman dan sangat efektif dalam merapikan atau menyusun file namun jenis aplikasi atau file RAR ini tetap mempunyai kekurangan yang jika sudah jadi masalah akan sulit mengatasinya. 

Cara Membuka Password RAR

Setelah kita tahu bagaimana kelebihan maupun kekurangannya kini waktunya kita lihat 2 cara membuka Password RAR.

Membuka Password RAR dengan RAR Password Cracker

Pertamanya, yaitu kalian download aplikasi RAR Password Cracker.rar. Kalian bisa mencari dan mendownload file tersebut di Google. Kemudian, catat segera lokasi beserta nama file.

Langkah berikutnya, buka aplikasinya dan masukan nama file dan full patch (folder file tersimpan) lalu klik enter. Tunggu beberapa menit sampai proses selesai. Cepat lambat proses ini tergantung dari jumlah karakter yang digunakan pada password

Jika proses berhasil maka nanti akan muncul sebuah password pada Cracker Password yang terletak di baris nomor 3

Membuka Password RAR dengan Advanced Archive Password Recovery

Cara kedua yaitu membuka password RAR dengan aplikasi Advanced Archive Password Recovery yang bisa kalian cari di Google. Unduh dan instal aplikasinya di PC ataupun laptop.

Kemudian buka programnya dan klik open, lalu pilih file berbentuk ZIP yang terkunci/terpassword

Kalian bisa memilih dulu Alpha (lower) (a-z) untuk menebak karakter lowercase karena jarang sekali password yang memakai password uppercase.

Langkah berikutnya, pada me Type of Attack, pilih Brute-Force. Klik saja tombol star untuk memulainya. Tunggu sampai proses selesai.

Terakhir, buka file RAR tadi dengan memasukkan password tadi. Jika passwordnya benar maka file tersebut akan berhasil terekstrak. 

Gaes, kedua langkah-langkah di atas bisa dilakukan dan disesuaikan menurut kebutuhan. Kedua cara membuka password RAR di atas juga bisa kalian pilih sesuai dengan kemampuan komputer kalian.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.