Cara Membuka Toko di Tokopedia 2020

0

Ingin jualan online tapi bingung caranya seperti apa? Jangan khawatir. Di sini saya sudah menyiapkan artikel untuk kalian tahu cara membuka toko di Tokopedia melalui smartphone

Kemajuan teknologi memang memberi dampak yang signifikan, khususnya dalam bidang usaha. Di sana kalian anda tidak perlu repot memikirkan biaya toko untuk berjualan, karena di digital ini kalian bisa jualan secara online dengan mudah dan gratis.

Sudah hadir berbagai marketplace terpercaya yang menyambungkan traksaksi jual-beli secara online. Hal ini mempemudah orang-orang untuk membeli kebutuhan apa saja dengan mudah. Dengan demikian, apa saja bisa kalian jual secara online untuk memenuhi kebutuhan para pembeli.

Baca Juga : Cara Mengecek Saldo E Toll .

Salah satu contoh marketplace yang bisa kalian pakai yaitu Tokopedia. Dengan mempunyai sistem pembayaran yang aman dan terpercaya, tokopedia cocok sebagai tempat bisnis jualan online, termasuk bagi kalian yang pemula sekalipun.

Untuk membuat toko di tokopedia juga mudah. Kalian hanya membuat akun dan menyiapkan foto produk unggulan yang akan kalian  jual.

Baca Juga : Cara Perpanjang Masa Aktif Indosat Tanpa Beli Pulsa. 

Bisakah daftar lewat smartphone? Bisa kok. Simak terus artikelnya sampai selesai ya, Gaes.

Tips Buka Toko di Tokopedia

Sebelum kalian membuat toko di tokopedia, ada hal-hal penting yang perlu kalian ketahui. Hal ini berhubungan dengan kesuksesan toko kalian di masa datang.

Kalau kalian sudah yakin ingin membuat toko di tokopedia, pastikan kalian sudah menyiapkan hal-hal berikut ini.

Baca Juga : Cara Aman Pakai Zoom Agar Data Tak Dicuri .

Hal pertama, miliki akun gmail atau facebook untuk daftar dan login di tokopedia. Hal penting lainnya adalah kalian ahrus punya foto produk atau barang yang ingin dijual. Kalau daftar lewat aplikasi tokopedia di smartphone android, kalan bisa pindahkan semua foto produk ke penyimpanan smartphone.

Apabila kalian sudah menentukan nama toko dan domain toko yang akan dipakai, pastikan lagi ya buat kalian sudah yakin karena nama toko tidak bisa diubah kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android yang Restart Setiap Membuka Aplikasi.

Akan lebih baik kalau kalian memilih nama toko yang sesuai produk kalian. Karena nama toko akan menjadi branding produk atau barang yang kalian jual.

Di samping itu, nama toko tidak bisa diganti lagi sejak kalian membuatnya. Karenanya sebelum membuat toko, pastikan kalian benar-benar memikirkan nama apa yang cocok untuk toko jualan kalian.

Cara Buka Toko di Tokopedia Lewat Smartphone

Kalau kalian sudah yakin dan sudah menyiapkan semua kebutuhan pembuatan toko, maka ini saatnya untuk mengetahui cara membuat toko di tokopedia lewat android.

Untuk membuka toko di tokopedia, kalian harus menginstall aplikasi tokopedia yang tersedia di google play store.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Line.

Langkah pertama, membuat akun tokopedia. Untuk membuat toko, kalian harus punya akun tokopedia terlebih dahulu. Kalau kalian sudah punya akun, lewati step pertama dan langsung menuju step pembuatan toko di tokopedia.

Ada 2 cara untuk membuat akun tokopedia, yaitu lewat akun google dan facebook. Di cara ini, saya akan memakai akun google (gmail) untuk daftar akun tokopedia. Selain mudah, semua orang hampir punya akun google.

Baca JUga :  Cara Membuka Iphone Yang Terkunci.

Pada halaman tokopedia, silahkan klik menu Akun di bagian pojok kanan atas. Disini kalian akan daftar sekaligus login tokopedia memakai akun google. Caranya, klik tombol Akun Media Sosial. Nanti akan muncul pilihan akun untuk masuk. Tap pada menu Akun Google.

Kalau kalian punya banyak email di smartphone, silahkan pilih salah satu email yang ingin kalian pakai untuk daftar akun tokopedia. Sampai disini kalian sudah selesai membuat akun tokopedia dan otomatis sudah login di aplikasi tokopedia. Wow!

Hal penting yangn harus kalian ketahui adalah melengkapi profil kalian yang terdiri dari data dirialamat dan keamanan akun tokopedia dahulu. Hal ini untuk mempermudah pendaftaran toko supaya lebih cepat. Kalau tidak, kalian pasti akan diminta untuk mengisi beberapa data diri seperti nomor telepon dan alamat rumah pada saat pembuatan toko. Karena itu lebih baik dengkapi terlebih dahulu data profil kalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Facebook Diblokir Tidak Bisa Like dan Komentar Status .

Perlu diingat jug, aaat mengganti nama pada data diri akun tokopedia, pastikan kalian mengisi dengan hati-hati. Sebab hanya bisa diisi satu kali saja dan setelah itu tidak bisa diubah lagi.

Cara melengkapi data profil akun tokopedia bisa kalian lakukan dengan tap pada tombol menu Akun di pojok kanan bawah. Kemudian klik pengaturan yang berada di di bagian atas. Setelah itu langsung masuk ke menu Akun, dan lengkapi semua profil termasuk data diridaftar alamatakun bank dan kata sandi akun tokopedia kalian.

Apabila kalian sudah melengkapi semua data profil, kemudian  masuk ke langkah-langkah cara membuat toko di tokopedia berikut.

Langkah kedua, cara buka toko di Tokopedia. Di langkah kedua ini, sekali lagi, kalian harus sudah menentukan nama toko dan domain toko untuk melanjutkan langkah-langkah pembuatan toko di tokopedia. Pastikan nama dan domain toko unikmudah diingat, punya  branding produk dan tentu masih tersedia.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Indihome.

Di halaman aplikasi tokopedia, tap opsi menu Akun. Untuk membuka toko, tap menu Akun Toko yang berada di pojok atas.

Kalau kalian belum mengisi nomor telepon di data profil, maka akan diminta untuk mengisi nomor telepon untuk melanjutkan pembuatan toko. Silahkan isi dan verifikasi nomor smartphone dan pastikan nomor kalian aktif.

Berikutnya kalian akan diminta mengisi nama toko dan domain toko. Pastikan kalian mengisi dengan hati-hati. Kalau sudah selesai dan yakin, klik tombol Lanjut.

Baca Juga : Tips Membuka Youtube Yang diblokir.

Sesudah itu kalian akan diminta untuk mengisi survei pengalaman berjualan sebelumnya. Langsung isi dan centang sesuai selera kalian, lalu tap Lanjut. Ingat, kalau kalian tidak mengisi alamat rumah pada data profil, maka kalian akan diminta untuk mengisinya.

Selamat. Toko kalian sudah jadi!

Sampai disini toko kalian sudah jadi. Tetapi belum aktif sampai kalian menambahkan produk pertama kalian.

Langkah ketiga, Upload KTP. Di sini kalian akan menerima notifikasi untuk menambah atau mengupload kartu tanda penduduk (KTP). Hal ini untuk verifikasi toko dan meningkatkan kepercayaan calon pembeli produk kalian.

Di menu Akun Toko, silahkan tap Upload Sekarang. Tips agar verifikasi ktp kalian berhasil, scan atau foto ktp asli, bukan foto copy ktp. Pastikan juga foto kto tidak terpotong dan berbeda di dalam bingkai. Terakhir, pastikan juga foto ktp dalam kondisi terang dan jelas.

Langkah keempat, mengisi gambar Profil, Slogan dan Deskripsi Toko. Sebelumnya, kalian hari ingat ya, Gaes. Gambaratau foto profil wajib diisi untuk menjaga kepercayaan calon pembeli. Slogan dan Deskripsi toko, boleh diisi atau tidak. Tetapi saya sarankan mengisinya saja agar pembeli mengenal toko kalian dan produk apa saja yang kalian jual.

Ada beberapa cara untuk menambah gambar, slogan dan deksripsi toko. Nanti di menu Akun toko, kalian klik gambar profil atau nama toko. Lalu tap menu Pengaturan di pojok kanan atas, dan klik ubah profil toko.

Nanti di bagian informasi dasar, klik Ubah. Terakhir, tap menu Browse File untuk menambahkan gambar toko. Isi slogan dan deskripsi toko. Kalau sudah, tekan tombol Simpan.

Langkah kelima, cara menambah produk pertama. Gaes, di langkah ini kalian bisa menambahkan produk pertama kalian. Hal ini untuk mengaktifkan toko yang kalian buat. Kalau tidak menambahkan produk dalam waktu 90 hari, maka toko kalian akan dinonaktifkan.

Tetapi kalian tenang saja. Kalian masih bisa aktifkan kembali toko dengan nama dan domain toko selama masih tersedia.

Kalian sering belanja di tokopedia? Ayo pakai cashback tokopedia untuk memperoleh keuntungan sampai 1 juta rupiah.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk membuka toko di tokopedia lewat smartphone.

Kalian harus pastikan menambah produk pertama untuk memulai bisnis jualan online lewat tokopedia.

 

Semoag bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.