Cara Memindahkan Aplikasi yang Tidak Bisa Dipindah ke SD Card di Android

0

Perkembangan teknologi semakin pesat, banyak cara dilakukan untuk menarik minta para pengguna, utamanya untuk kecanggihan fitur dan layanan smartphone. 

Untuk fitur dalam smartphone pun beragam, contohnya fitur pengontrol smartphone jarak jauh, fingerprint, juga kamera. Dalam fitur layanan kamera vendor smartphone berlomba-lomba menawarkan resolusi dari kamera depan belakang, kamera selfie, sampai 4kamera dengan ketajaman yang menakjubkan. 

baca juga : 5 cara Menyimpan Hasil Unduhan di Memory External

Sedangkan di bagian perangkat smartphone sendiri ada berbagai fasilitas mulai dari layar, ROM, hingga daya baterai, desain smartphone, juga kapasitas memori dengan chipset RAM yang makin lama makin canggih. Ditambah lagi  layanan lainnya yang terus ditingkatkan setiap rilis tipe smartphone terbaru.

Akan tetapi, tahukah kalian, meskipun teknologi smartphone makin cainggih, masih ada permasalahan yang sering dialami para pengguna smartphone Android yaitu kecilnya memori internal. Umumnya ini sering kalian temukan di smartphone dengan harga 1.5 jutaan ke bawah.

Dikarenakan memori internal smartphone yang terbilang kecil, kita jadinya terbatas dalam menginstall aplikasi dan game, juga menyimpan file di smartphone kita.

Baca juga : Aplikasi Edit Vlog di Smartphone Android

Meskipun dari Android sendiri telah menyediakan fitur bawaan untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal, tapi nyatanya tidak semua aplikasi bisa kalian pindahkan.

Buat kalian yang sedang mengalami masalah yang sama, tidak bisa memindahkan aplikasi ke memori eksternal, maka saya di sini akan membantu kalian membagikan cara untuk memindahkan aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke SD Card di Android kalian.

Sebelumny, saya ingin mengingatkan bahwa agar kalian bisa memindahkan aplikasi ke memori eksternal, smartphone Android kalian harus sudah di root. Untuk tutorial cara root, kamu bisa membacanya pada artikel lain di website ini. 

Cara Memindahkan Aplikasi yang Tidak Bisa Dipindahkan Ke SD Card

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah download Lucky Patcher APK disini dulu.

Selesai melakukan proses download, segera install dan jalankan Lucky Patcher. Kalian juga harus memberikan izin superuser agar Lucky Patcher bisa memodifikasi sistem.

Setelah itu, nanti di Lucky Patcher, kalian cari aplikasi yang ingin kalian pindahkan ke memori eksternal. Misalnya aplikasi Instagram.

Selanjutnya, kalian klik menu “Move to /sdcard”, lalu segera konfirmasi pilihan dengan menekan tombol “Yes”.

Kalian harus menunggu sampai proses pemindahan selesai. Kalau berhasil, nantinya tulisan “Move to /sdcard” akan berubah jadi “Mode to internal memory”. Ini berarti aplikasi kalian sudah berhasil dipindahkan ke memori eksternal ya, Gaes.

Setelah semua proses kalian jalankan langkahnya tanpa hambatan, kemudian kalin juga harus memastikan apakah aplikasi yang kalian pilih benar-benar sudah dipindahkan ke memori eksternal atau belum.

Kalian bisa melakukan pengecekan di manager aplikasi bawaan Android. Nanti akan tampil opsi tombol “Pindah ke penyimpanan perangkat”, yang berarti aplikasi kalian memang sudah dipindahkan ke memori eksternal.

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk kalian yang memori internal smartphonenya tidak begitu besar, tapi ingin mempunyai data atau aplikasi yang banyak di smartphone.

baca juga : Hapus 7 Aplikasi ini agar Android Aman

Yang menyenangkan, setelah memindahkan aplikasi ke SD Card, maka smartphone kalian tidak akan lemot atau lama memproses setiap aplikasi yang berjalan.

Demikianlah, Gaes, cara memindahkan aplikasi yang tidak bisa dipindah ke SD Card sudah saya berikan untuk kalian. Semoga bisa memberikan manfaat dan tambahan info yang berguna.

Selamat mencoba. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.