Cara Memindahkan Kontak dari Kartu SIM

0

Kontak/nomor ponsel seseorang merupakan hal yang sangat penting bagi kita untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak yang jaraknya tidak dapat dijangkau. Ketika mengenal seseorang dan memutuskan untuk melakukan pertemuan kembali, menyimpan kontak adalah hal yang kita lakukan pertama kali. Oleh karena itu tempat penyimpanan bagi nomor sangatlah dibutuhkan.

Kartu SIM (Subcriber Identity Module) adalah sebuah kartu yang berukuran kecil dan dapat dimasukan ke dalam ponsel sebagai tempat untuk menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Kartu ini memuat beragam informasi penting seperti Integrated Circuit Card ID (ICCD), International Mobile Subscriber Identity (IMSI), Authentication Key, Local Area Identity (LAI), dan nomor panggilan darurat telepon. Kartu SIM ini juga merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk memindahkan berbagai macam data, termasuk kontak.

Tentunya ketika memiliki ponsel baru, kita tetap membutuhkan kontak yang berada di ponsel lama, agar tetap dapat menghubungi berbagai pihak yang kita butuhkan. Nah bagaimana ya cara memindahkan data kontak tersebut saat kita beralih ke ponsel yang baru? Segera disimak ya dibawah ini!

  1. Memindahkan Kontak dari Telepon ke Kartu SIM

(Pada artikel ini, contoh yang digunakan adalah merek Samsung)

  1. Buka Menu Export yang ada di aplikasi Contacts (kamu dapat menemukannya di menu Lainnya, ikon titik tiga atau hamburger/ pada menu settings)
  2. Pada ponsel Samsung kamu dapat menemukannya Opsi Export dengan mengetuk opsi Lainnya (ikon titik toga) di pojok kanan atas, lalu memilih Manage Contacts
  3. Pilih Import/Export Contacts
  4. Untuk memindahkan datanya, tekan tombol Export > Opsi SIM
  5. Pilih kontak yang akan di ekspor dan tekan Done jika sudah selesai
  6. Tekan tombol Export sekali lagi

Metode ini hanya bisa digunakan pada perangkat berbasis sistem operasi android. Untuk sistem iOS, apple tidak disediakan opsi penyimpanan ke kartu SIM, oleh karena itu kamu dapat memanfaatkan layanan cloud

   2.   Memindahkan Kontak dari Kartu SIM ke Telepon Berbasis Android

  1. Masuk ke menu Import untuk memindahkan data dari kartu SIM ke telepon android (biasanya berdekatan dengan menu Export seperti yang dijelaskan sebelumnya)
  2. Pada Samsung, menu ini menjadi bagian dari halaman Imprt/Export Contacts
  3. Klik tombol Impoer > SIM pada FROM, lalu pilih kontak yang akan dipindahkan
  4. Klik lingkaran di pojok kiri atas untuk memilih semuanya, tekan tombol Done > Import

 

3.    Memindahkan Kontak dari Kartu SIM ke Telepon Berbasis iOS (iPhone)

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Lalu masuk ke menu contacts
  3. Lalu dari halaman tersebut, klik Import SIM Contacts

Apakah kamu berhasil mencobanya? Semoga berhasil ya! Selamat menikmati ponsel baru kamu juga!

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat. Salam teknologi 😊

Leave A Reply

Your email address will not be published.