Cara Memperbaiki Headset Putus Sebelah

0

Mungkin ada sebagian dari kalian yang sering membeli hedaset dengan harga miring untuk menghemat biaya hidup. Meski kualitasnya juga tergantung dari harga, setidaknya itu lebih baik daripada tanpa headset dan membuat acara kalian mendengarkan lagu atau menonton video feel-nya jadi menurun.

Nah, yang sering jadi masalah pada headset, dan biasanya terjadi pada headset murah adalah kabelnya lebih sering putus. Ditambah lagi pada bagian kabel dan sambungan konektor ke headset karena biasanya solderan, jika tertekan maka akan mudah terlepas.

Jika kabel headset sampai putus, tentu suaranya tidak akan terdengar. Entah itu di kedua bagian, ataupun di salah satunya saja. Lebih sering terjadi rusak sebelah saja.

Baca Juga : Cara Mengatasi Headset Atau Headphone Tidak Terdeteksi di Windows 10

Sebagai salah satu peminat headset murah ini, saya juga sering mengalami masalah ini. Meskipun begitu, masalah ini sejatinya bukan hanya beresiko terjadi di headset murah saja. Karena, di headset mahal sekalipun sangat mungkin mengalami masalah putus kabel ini. Begitu pun pada headset bawaan smartphone itu sendiri.

 

Akan tetapi yang pasti, semakin bagus headset yang kalian pakai, maka semakin minim pula resiko mengalami masalah ini. Contohnya di smartphone kelas high-end atau flagship yang pasti punya kualitas lebih terjamin.

Memperbaiki Headset Putus Sebelah 

Kalian jika memiliki headset putus sebelah tidak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diperbaiki.

Masalah headset putus ini biasanya karena kabel putus, atau sambungan kabel ke konektornya yang putus.

Agar bisa mengatasinya, kalian bisa menyambung kembali kabel yang putus tersebut, agar headset bisa berfungsi dengan normal kembali.

Cara Memperbaiki Kabel Headset

Kalian ingin memperbaiki kabel headset yang putus sebelah tapi tidak tahu caranya? Tenang, di sini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki headset yang rusak, putus, dan tidak bersuara. Semoga saja, dengan cara ini, headset kalian bisa berfungsi seperti sedia kala.

Bahan-bahan yang harus kalian siapkan sebelumnya adalah solder, timah, selotip kabel yang karet warna hitam, selotip bening untuk bungkus pemisah kabel, korek api, dan juga gunting.

Cara Memperbaiki Headset yang Kabelnya Putus

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan, silakan sambungkan headset rusak yang akan diperbaiki ke smartphone kalian. Pakailah untuk mendengar musik dengan volume yang lumayan keras.

Kemudian, cek sumber kabel yang rusak dengan cara menekuk-nekuk kabelnya, dari ujung konektor sampai ujung kepala headset, sembari dengar suaranya. Cek terus sampai suaranya keluar kembali.

Baca Juga : Tips Membeli Headsset Untuk Gaming Skill Meningkat

Jika sudah ketemu, gunting bagian kabel yang rusak, lalu pisahkan kabel tersebut. Langsung kupas kulit kabel bagian luar, sampai kalian mendapati bagian dalam dari kabel tersebut. Di headset, biasanya ada 4, 3, atau 2 kabel. Tapi di sini saya pakai headset smartphone, jadi hanya ada 2 kabel saja.

 

Selanjutnya, kedua kabel ini biasanya ada penanda warnanya. Kadang salah satunya berwarna merah, dan salah satu lainnya berwarna kuning emas biasa, atau bisa juga berwarna hijau.

Langkah berikutnya, sebab pada kabel tersebut ada pelindung yang biasanya dari bahan kain, kalian bisa memakai korek api untuk membakar pelindung kabel tersebut.

Setelah itu, kalian sambungkan kabel yang sudah dibakar tadi sesuai warna. Misalnya, merah dengan merah, kuning dengan kuning.

Jika sudah selesai, sambungkan kembali headset ke smartphone, kemudian tes suaranya. Jika belum benar, coba cabut sambungan yang tadi terpasang, bakar kembali kabel tersebut, lalu sambungkan kembali. Ulangi sampai suaranya sudah keluar sebagaimana mestinya.

Baca Juga ; WF 1000XM3 Headset Nirkabel Terbaur dari Sonny

Apabila sudah normal, kalian bisa menyolder hasil sambungan tadi supaya tidak mudah putus kabelnya.

Jangan lupa beri solatip bening untuk memisahkan 1 kabel dengan kabel yang lain. Yang terakhir, lapisi dengan solatip hitam. Selesai.

Cara Memperbaiki Headset yang Lepas dari Konektornya

Untuk memperbaiki headset yang lepas dari konektornya kalian bisa melakukan dua cara. Pertama, jika konektornya putus, kalian bisa menggantinya dengan beli konektor jack 3.5mm lain. Beli di toko listrik, harganya sekitar 3 ribuan.

Kedua, jika  kabel ke konektor kepala headset-nya putus, kalian tinggal memperbaikinya kembali dengan cara disolder ulang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di Windows

Ingin cara yang lebih gampang? Maka siapkan headset lain yang juga sudah rusak, tapi konektor atau salah satu kepala headset-nya masih normal. Pakailah headset tersebut untuk dipasang ke headset yang akan diperbaiki. Kalian tinggal sambung-sambung kabel saja, sama seperti tutorial sebelumnya.

Itu tadi penjelasan singkat tentang cara memperbaiki headset putus sebelah, atau rusak sebelah. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.