Langkah Untuk memperbaiki Keyboard Laptop

0

Apa kalian pernah mengalami keyboard di laptop tidak bisa berfungsi sebagian huruf atau justru tidak berfungsi sama sekali? Pasti membuat panik sedang tugas menumpuk bukan? Tapi tenang, Gaes, karena ada cara memperbaiki keyboard laptop yang bsia kalian lakukan sendiri dengan mudah.

Biasanya ada dua jenis masalah keyboard laptop yang error dan tidak bekerja. Yang pertama yaitu keyboard laptop tidak berfungsi sebagian huruf, dan yang kedua yaitu ketika keyboard tidak bisa berfungsi sama sekali.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Untuk mengatasi keyboard laptop yang eror, kalian harus tahu dulu apakah masalah ini ada karena faktor dari hardware atau software.

Selanjutnya pastikan keyboard laptop kalian apakah tidak bisa berfungsi total atau hanya sebagian huruf saja. Kalau sudah mari duduk bareng. Saya akan berikan solusi dari masalah kalian dengan tulisan berikut.

Restart Laptop

Restart laptop merupakan salah satu solusi yang paling sederhana untuk memperbaiki keyboard error atau tidak dapat berfungsi.

Karena terkadang kalian tidak sadar sudah menonaktifkan keyboard jadinya tidak bisa dipakai. Atau mungkin, adanya error dari sebuah aplikasi dan membuat keyboard kalian tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cobalah untuk restart laptop kalian.

Update Driver Keyboard

Driver keyboard laptop yang terpasang tidak sesuai dengan versi yang cocok, akan membuat keyboard laptop error dan tidak berfungsi secara total.

Update driver keyboard caranya yang pertama adalah pergi ke menu Start Windows. Lalu masuk ke Control Panel, dan tap opsi Hardware and Sound, lalu klik Device Manager. Selanjutnya pilih opsi Keyboard.

selanjutnya klik kanan driver dari Keyboard laptop. Klik opsi Update Driver, dan tunggu proses update driver hingga selesai.

Proses selesai ditandai dengan munculnya perintah restart.

Kalian harus segera merestart laptop, kemudian tunggu sampai laptop kembali hidup. Kalau keyboard sudah bisa berfungsi kembali, maka masalahnya adalah dari driver yang sudah usang.

Nonaktifkan Numlock

Jika kalian masih mengalami keyboard laptop tidak berfungsi dengan kedua cara di atas, maka pastikan apakah tombol numlock di keyboard kalian aktif atau tidak.

Apabila aktif, maka mungkin saja tombol numlock yang membuat keyboard laptop kalian tidak bekerja. Langsung matikan tombol tersebut, dan cobalah untuk menguji apakah keyboard sudah kembali normal atau belum.

Lepas Baterai Laptop

Arus listrik yang konslet juga bisa jadi faktor keyboard laptop tidak berfungsi. Cara memperbaiki keyboard laptop pada kasus ini yaitu kalian harus melepas baterai pada laptop dahulu untuk beberapa menit.

Setelah itu, pasang lagi baterai laptop dan hidupkan laptop kalian. Kalau benar arus listrik adalah masalahnya, maka keyboard akan kembali berfungsi dengan normal sekarang.

Restore Windows

Keyboard laptop yang tidak berfungsi juga dapat disebabkan karena kita tidak sadar bahwa ada perubahan di pengaturan di laptop. Di windows, kalian dapat melakukan restore pengaturan sistem laptop dengan mudah.

Awalnya, tap opsi Start menu Windows kalian, lalu masuk ke menu Control Panel.

Selanjutnya masuk ke System and Security, dan klik Back up your computer. Berikutnya klik Recover system settings or your computer. Dan terakhir, tap opsi Open System Restore.

Perintah ini akan memulihkan pengaturan windows kalian untuk kembali ke pengaturan semula. Jika keyboard error disebabkan kesalahan di system settings, maka dengan cara ini keyboard bisa kembali berfungsi normal.

Bersihkan Kotoran dan Debu

Keyboard yang kotor dan penuh debu juga bisa membuat fungsi keyboard tidak bisa bekerja dengan semestinya. 

Untuk memperbaiki keyboard laptop error karena kotoran dan debu, maka kalian harus membersihkannya dengan melepas komponen keyboard yang tidak berfungsi. Atau supaya lebih maksimal, kalian bisa melepaskan semua komponen di keyboard laptop lalu membersihkannya.

Pergi ke Tukang Servis

Membawa laptop ke tukang servis laptop atau PC adalah solusi efektif jika kalian tidak mengetahui dasar cara memperbaiki keyboard laptop sama sekali.

Apalagi jika kalian masih memiliki garansi laptop yang berlaku. Kalian bisa membawanya ke service center resmi laptop, dan mereka akan memperbaiki keyboard laptop kalian dengan mudah.

Itu tadi cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi total maupun sebagian huruf. Semoga artikel ini bisa mengatasi keyboard laptop kalian yang error dan tidak bisa bekerja agar bisa kembali dengan normal.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.