Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Semua Merk

Ada saatnya mengetuk keyboard kalian berharap melihat teks di layar, tetapi hanya melihat beberapa karakter? Atau lebih buruk, tidak satupun yang muncul?Kalian bingung kenapa terjadi seperti itu?

0

Tanpa keyboard yang berfungsi, komputer kalian tidak berguna. Untuk komputer laptop, ini adalah masalah besar sebab kalian tidak dapat begitu saja menukar keyboard seperti yang kalian dapat lakukan dengan PC desktop.

Ada saatnya mengetuk keyboard kalian berharap melihat teks di layar, tetapi hanya melihat beberapa karakter? Atau lebih buruk, tidak satupun yang muncul?Kalian bingung kenapa terjadi seperti itu?

Tanpa keyboard yang berfungsi, komputer kalian tidak berguna. Untuk komputer laptop, ini adalah masalah besar sebab kalian tidak dapat begitu saja menukar keyboard seperti yang kalian dapat lakukan dengan PC desktop.

Perawatan komputer harus menjadi kebiasaan. Penting untuk kalian melakukan perawatan secara rutin. Kalau keyboard laptop kalian sudah berhenti berfungsi, inilah yang perlu kalian ketahui, dan cara memperbaiki keyboard laptop kalian sendiri.

 

4 Penyebab Keyboard Laptop Berhenti Berfungsi

Biasanya, ada empat penyebab mengapa keyboard laptop kalian berhenti bekerja. Setiap alasan mempunyai cara untuk memperbaikinya sendiri.

Sebelum melihat penyebab keyboard laptop, ada baiknya kalian menyiapkan tool untuk membantu tombol keyboard yang mana saja yang mendapatkan masalah dengan  software keytest ini, cukup download dan instal selesai

Untuk Driver hardwarenya ada yang error, maka kalian bisa memperbaikinya dengan cara diinstal ulang atau diperbarui.

Jika ada Kotoran dan debu maka kalian cukup membersihkan keyboard laptop kalian karena  ini sangat membantu.

Untuk koneksi buruk dalam beberapa kasus, laptop kalian bisa dibuka dan keyboard tersambung kembali. Sedangkan jika Hardware rusak maka ada kemungkinan keyboard rusak, jadi penggantinya harus original.

Seperti yang mungkin kalian tahu, dua masalah ini mudah diselesaikan, sedangkan dua lainnya membutuhkan cara dan tenaga lebih banyak. Untuk mempersulit masalah lebih lanjut, tindakan perbaikan apa pun yang mengharuskan kalian membuka laptop kalian akan berbeda tergantung pada pabrikannya. Bahkan mungkin berbeda di antara model dari produsen yang sama.

 

READ  Cara Setting Grafik Free Fire Supaya Tampilan Makin Keren

Perbarui atau Kembalikan Laptop Driver Keyboard Anda

Cara termudah untuk berurusan dengan keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah memperbarui driver.

Lakukan ini dengan menekan tombol Start dan masuk ke device manager . Ikon Device Manager akan muncul di hasil, jadi klik ini. Jelajahi daftar perangkat sampai kalian melihat Keyboard, kemudian rentangkan daftar. Klik kanan perangkat keyboard (biasanya Keyboard PS / 2 Standar ) dan klik opsi Properties, kemudian tap opsi Driver.

Di sini, klik Update Driver dan tunggu sementara Windows mencari driver baru dan menginstalnya. Uji keyboard dengan pengolah kata, atau mungkin aplikasi Windows Notepad  dengan sedikit keberuntungan, sekarang seharusnya berfungsi.

Masih bermasalah dengan keyboardnya?

Kali ini, kalian bisa pilih Uninstall Device dan tunggu sampai driver dihapus. Sesudah selesai, kalian harus me-reboot Windows, dan menunggu saat driver diinstal ulang. Tetapi, kalian juga bisa memakai Action kemduian klik Scan for hardware changes untuk meminta Windows menginstal driver.

Perhatikan bahwa ada juga pilihan Rollback Driver. Ini akan berwarna abu-abu paling banyak, kecuali kalau driver baru sudah diinstal, mungkin sebagai bagian dari Pembaruan Windows.

Kalau opsi ini tersedia, dan keyboard kalian baru saja berhenti berfungsi, klik Rollback Driver dan tunggu driver baru.

 

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya 

Membersihkan keyboard standar tidak mudah, justru membersihkan keyboard laptop bahkan lebih sulit. Keyboard membutuhkan sejumlah interaksi fisik untuk melonggarkan kotoran, dan walaupun ini biasanya mudah dicapai dengan USB atau keyboard nirkabel, tetapi hal-hal berbeda pada laptop.

Sebenarnya, kalian tidak bisa dengan mudah mengguncang dan mengetuk bagian belakang laptop tanpa risiko kerusakan pada seluruh unit.

Tetapi, kalian bisa mengeluarkan debu dan serpihan dari keyboard laptop dengan lebih dahulu mematikan perangkat, lalu membalikkannya dan dengan lembut mengetuk dudukannya. Selanjutnya kalian harus menjalankan jari kalian di semua tombol saat perangkat terbalik, untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

Pastikan untuk membersihkan kotoran yang jatuh ke meja setelah kalian selesai.

Kalau ada kotoran yang tidak bisa kalian bersihkan, pompa karet udara bertekanan bisa kalian pakai pada titik ini, atau kalian mungkin mengandalkan dempul pembersih keyboard sebagai gantinya.

Perhatikan  jugabahwa pembersihan tidak bisa memperbaiki kesalahan apa pun yang dalam, tetapi akan membantu kalau kotoran menghalangi satu atau beberapa kunci bekerja dengan baik.

Kalau keyboard kalian tidak berfungsi setelah dibersihkan dan memeriksa driver, saatnya untuk mengambil alih urusan kalian sendiri.

Mengambil langkah-langkah berikut untuk memperbaiki keyboard laptop kalia? Semua yang kalian lakukan dari sini sepenuhnya menjadi risiko kalian sendiri.

 

READ  Cara Mudah Menggunakan Google Classroom Bagi Guru

Ganti Keyboard Laptop yang Rusak

Apabila keyboard rusak secara fisik atau terputus dari motherboard (mungkin karena kejutan), maka kalian perlu menyisihkan waktu untuk menghapus komponen dari laptop kalian dan memasang kembali koneksi atau mengganti keyboard sama sekali.

Pabrikan yang berbeda membuat laptop mereka dengan berbagai cara, yang artinya sulit untuk menentukan satu perbaikan.

Tetapi, membuka laptop yang berbeda dari produsen yang sama umumnya sama. Ini membuat menukar keyboard (atau hanya mengulangi koneksi kabel) jauh lebih mudah. Cara memperbaiki keyboard laptop sepertinya mudah tapi susah, tapi mulailah dengan benar.

Perhatikan bahwa keyboard laptop biasanya adalah unit yang disegel, jadi walaupun keyboard mungkin bisa dibersihkan dengan lebih baik saat dilepas dari laptop, kalian tidak akan bisa dengan mudah memeriksa.

Setelah keyboard dilepas, kalian bisa memeriksa nomor seri. Masukkan ini ke dalam kotak pencarian di lazada atau blibli atau marketplace yang familiar untuk melihat apakah tersedia untuk dibeli.

Apabila semua cara sudah kalian gunakan tapi belum berhasil, maka ada baiknya kalian pergi ke service center terdekat. Akan lebih baik juga jika masih ada garansi kalian pergi ke garansi resmi sesuai dengan merk laptop kalian.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Dengan begini kalian tidak perlu lagi khawatir bila Keyboard kalian rusak ataupun eror. Kalian hanya perlu melakukan cara ini pada keyboard kalian. Dengan begitu kalian tidak perlu lagi untuk pergi ke tempat service laptop.

Leave A Reply

Your email address will not be published.