Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

0

Kalian para pengguna laptop, pasti jadi sebuah momok menakutkan ketika bagian keyboard laptop kalian tidak berfungsi. Masalah ini bisa menghambat banyak pekerjaan yang bisa kalian lakukan dan membuat tugas tak bisa selesai sesuai jadwal dan deadline yang diberikan.

Karena bagaimana pun, keyboard menjadi salah satu hardware yang mempunyai peran sangat penting. Akan tetapi karena sering kalian gunakan, maka keyboard juga menjadi salah satu bagian yang paling berpotensi mengalami kerusakan. 

Dari berbagai sumber, saya dapat info kalau ada beberapa tombol keyboard di latop tidak bisa berfungsi dengan baik, bisa jadi ada masalah pada software atau hardware.

Di bawah ini beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, kurang respon, atau bahkan rusak.

 

Memastikan Kerusakan Keyboard

Ada dua maslaah yang bisa jadi membuat keyboard kalian tidak berfungsi. Mungkin karena hardware atau software-nya. 

Cara memastikan bagian mana yang ternyata eror atau rusak sangat penting karena bisa membuat kalian tahu apa yang harus kalian  lakukan.

Bagaimana cara melihatnya? Coba kalian akses BIOS lapotp kalian. Jika kalian bisa masuk dan memakai keyboard kalian, kemungkinan ada terjadi kerusakan di software keyboard kalian. 

 

Bersihkan Keyboard dari Debu

Beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada keyboard kalian ternyata tidak semua, hanya beberapa saja, maka bisa jadi keyboard kalian terhambat oleh debu yang menumpuk di keyboard.

Cara paling efektif agar debu hilang yang pertama kali adalah memiringkan laptop kalian pada sudut 75 derajat, kemudian goyang-goyangkan laptop kalian untuk membersihkan debunya.

Jangan lupa untuk mematikan laptop. Boleh juga kalian buat kemiringan laptop 90 derajat kalau memang diperlukan.

Kemudian, kalian bersihkan lagi bagian bawah juga atas keyboard dengan selotip. Setelahnya periksa semua tombol, apakah sudah bisa bekerja kembali atau tidak.

 

Restart Laptop

Kalau tiba-tiba keyboard kalian tidak ada respon semuanya, bisa jadi masalah ada di software/ driver. Cobalah untuk melakukan restart laptop. Mungkin dengan begini, cukup bagi kalain memperbaikinya.

Jika kalian tidak dapat merestart dari menu start, maka segera tahan tombol power selama 5 detik (maksimal 15 detik) dan kemudian laptop akan restart

 

Restore Windows

Saat keyboard kalian berhenti bekerja setelah instalasi setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah untuk restore Windows. Bisa jadi ini solusi untuk kalian. 

Cara memulihkan sistemnya pertama kali adalah dengan memilih tombol Start Menu, lalu pilih Control Panel.

Selanjutnya, pilih menu System and Security kemudian klik Back up your computer. Setelah itu, pilih Recover System Settings or Your Computer. Kalau sudah selesai, pilih Open System restore.  

Setelah langkah-langkah di atas selesai, ikuti wizard sederhana  untuk melaksanakan restore Windows kalian. Laptop sesaat kemudian akan reboot.

Terkait masalah sistem, maka dengan cara di atas seharusnya keyboard kalian sudah bisa difungsikan kembali, Gaes.

 

Perbaiki Driver Keyboard 

Selain masalah-masalah di atas, mungkin saja keyboard kalian tidak bisa digunakan karena driver keyboard tidak up to date atau ada aplikasi perusak dan membuat keyboard kurang responsif saat ditekan atau digunakan. 

Untuk mengetahui apakah driver keyboard kalian bekerja dengan baik atau tidak, kalian bisa membuka Start menu kemudian buka Control Panel.

Di dalam Control Panel, pilih System and Security dan klik Device Manager

Di sana nanti kalian akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada di laptop. Pilih tulisan keyboard dan kalian akan melihat plihan menu driver di bagian bawah.  

Kalau ada tanda segitiga kuning di atasnya dengan tanda seru di dalam segitiga tersebut, itu berarti keyboard kalian ada masalah.

Solusinya kalian update driver keyboard kalian dengan mengunduhnya di website resmi produsen laptop kalian. Lalu cari driver terbaru yang sesuai untuk perangkat kalian. Download lalu install.

 

Bawa ke Service Center Resmi

Membawa keyboard ke Service Center Resmi adalah cara terakhir kalau semua cara sudah kalian terapkan tetapi keyboard masih tidak berfungsi. Dengan catatan masih ada garansinya.

Kalau sudah tidak ada garansi, bisa kalian minta bantuan teknisi komputer yang kalian percaya. Masalah biasanya ada di kawat kecil, seperti kabel pita yang putus dan dapat dengan mudah diperbaiki.

Jika hasilnya nanti ternyata masalahnya besar dan perlu biaya mahal, kalian perlu berfikir ulang untuk tetap memperbaiki atau membeli perangkat baru saja.

 

Bonus: Cara Alternatif

Ini adalah cara sederhana yang mungkin bisa kalian terapkan saat keyboard rusak, sementara cara yang tadi saya berikan tidak bekerja, juga kalian belum sempat ke Service Center Resmi. Solusi mudahnya kalian bisa memakai keyboard USB Eksternal untuk melakukan pengetikan.

Di toko komputer ada berbagai macam desain keyboard eksternal. Cara lain bisa mungkin kalian lakukan dengan memakai keyboard virtual. 

Caranya mudah. Cukup pilih start menu, klik All Programs, pilih accessories, kemudian klik Ease of Access. Pilih tombol On Screen keyboard. Selesai.

Nah, kalian sekarang bisa memilih satu dari cara untuk memperbaiki keyboard kalian yang tidak berfungsi atau kurang responsif. Silakan dicoba ya, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.