Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak

0

Para pengguna smartphone pasti  sudah tidak asing lagi dengan memory card atau micro sd. Micro SD sendiri punya peran penting bagi smartphone. Sebesar apapun kapasitas penyimpanan pada suatu smartphone, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan diharuskan reset ulang, bisa dipastikan semua data di dalamnya akan terhapus.

Tetapi berkat adanya memory card atau micro sd ini, kalian bisa back up file-file penting yang ada di smartphone kalian. Oleh karena itu, keadaan micro sd juga harus kalian perhatikan agar tidak sampai rusak. 

Memory card yang rusak ada berbagai jenis. Bisa jadi memorynya tidak terdetec atau terbaca, memory eror, dan memory minta diformat saat dimasukkan.

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan saat memory card smartphone kalian mengalami kerusakan seperti tidak terbaca, eror, atau minta diformat.

Pertama, bersihkan kartu memori. Ini adalah cara paling mudah. Kalian tinggal ambil memory card di smartphone saat smartphone kalian sudah dimatikan. Kemudian bersihkan lempengan tembaga pada kartu memori yang mempunyai warna kuning keemasan memakai penghapus pensil atau bahan lain yang lembut. Membersihkannya harus searah agar kotoran tidak kembali ke lempengan tersebut. Kemudan kalian bisa masukkan lagi ke samartphone dan cek apakah bisa berfungi dan terbaca kembali atau tidak.

Kedua, lakukan format. Kalian harus masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih opsi storage atau penyimpanan. Scroll ke bawah dan pilih erase SD Card. Selanjutnya kalian bisa menunggu sampai proses selesai. Kalau sudah, coba akses kembali memory card ke smartphone. Jika folder penyimpanan sudah kosong, format kartu kalian berhasil.

Ketiga, format lewat PC atau laptop. Kalian bisa memasukkan memory card ke card reader atau menghubungkan smartphone memakai kabel USB ke laptop atau PC. Lalu buatlah folder di Local Disk (D) untuk backup semua file di kartu memory. Selanjutnya pindahkan semua file yang ada di kartu memori ke folder tadi. Setelah itu format kartu memory. Jika sudah kosong, selanjutnya kembalikan file yang tadi dibackup ke Loacal Disk (D). Lakukan Eject dan cabut kartu memory atau lepas kartu USB kalian. Terakhir, cek apakah memory sudah terbaca atau belum.

Keempat, format dengan CMD. Jika kalian sudah memakai cara di atas tapi belum berhasil, kalian bisa memakai cara ini. Pertama klik start, lalu ketik CMD di kolom Searh programs and files, klik enter. Setelah muncul perintah CMD, kalian ketik format, e:/FS:FAT. E adalah keterangan letak kartu memori, jadi sesuaikan letak kartu memori kalian. Kemudian tekan enter dan tunggu sampai proses selesai.

Kelima, format dengan software PC Mini Tool Partition Wizard. Kalian download sofware ini dulu lalu instal. Masukkan kartu memori ke komputer dengan card reader atau kabel data USB yang terhubung ke smartphone dan buka softwarenya. Setelah itu pastikan kartu memori tredeteksi. Kalian cari kartu memory, klik kanan, lalu delete file di kartu memori. Tunggu sampai selesai.

Itu tadi beberapa cara untuk memperbaiki Memory Card yang rusak, tidak terbaca, dan minta diformat. 

Semoga bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah memory card yang rusak. Sampaikan di kolom komentar jika kalian ada tambahan cara mengatasi memory card yang rusak ya, Gaes.

Semoga bermafaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.