Cara Memperbaiki RAM Rusak di Komputer atau Laptop

Apakah ada cara memperbaikinya tanpa harus pergi ke tukang service? Ada. Kalian tenang saja. Bahkan kalian juga tidak perlu membeli yang baru, Ada beberapa cara yang manjur untuk membuat RAM kembali berjalan dengan baik. Hanya saja beberpa cara tersebut dapat kalian lakukan dengan catatan RAM yang akan kalian perbaiki tidak dalam keadaan pecah, kena air dan konsleting, patah, retak atau cacat fisik lainnya.

0

Apabila RAM masih dalam keadaan utuh tapi tidak berfungsi, kalian bisa memperbaikinya dengan beberapa cara. Untuk cara pertama, tahap memperbaikinya., kalian dapat melepas memori RAM terlebih dahulu dari motherboad PC kalian.

Para pengguna laptop atau komputer pasti sudah tidak asing dengan istilah RAM. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan di laptop atau PC. Tentunya banyak file penting disana. Yang kadang membuat panik, adalah ketika kalian sedang dikejar deadline atau ingin mengirim file, tiba-tiba RAM laptop atau komputer kalian rusak.

Apakah ada cara memperbaikinya tanpa harus pergi ke tukang service? Ada. Kalian tenang saja. Bahkan kalian juga tidak perlu membeli yang baru, Gaes.

Ada beberapa cara yang manjur untuk membuat RAM kembali berjalan dengan baik. Hanya saja beberpa cara tersebut dapat kalian lakukan dengan catatan RAM yang akan kalian perbaiki tidak dalam keadaan pecah, kena air dan konsleting, patah, retak atau cacat fisik lainnya.

Apabila RAM masih dalam keadaan utuh tapi tidak berfungsi, kalian bisa memperbaikinya dengan beberapa cara.

Untuk cara pertama, tahap memperbaikinya., kalian dapat melepas memori RAM terlebih dahulu dari motherboad PC kalian.

Setelah itu? Ikuti cara-caranya berikut ini, Gaes!

Pakailah Penghapus atau Kain Lembut

Cara pertama adalah kalian cari penghapus atau kain yang lembut, Gaes.

Bersihkan pin tembaga pada RAM dengan memakai penghapus untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Lakukan dengan cara lembut supaya tidak merusak pin tembaga RAM. Setelah itu pasang dan kalian bisa uji coba dulu.

Memakai Alkohol atau Tiner

Cara kedua adalah dengan melepas RAM dan membersihkannya memakai alkohol atau bisa juga kalian gunakan tiner.

Bersihkan dengan cotton bud utamanya pada bagian kaki-kaki IC.

Kemudian kalian bisa keringkan dahulu sampai benar-benar kering dan kalian dapat langsung memasangnya kembali untuk dicoba.

Kalau belum berhasil, maka pakailah cara yang ketiga berikut.

Memakai arus listrik menggunakan multimeter

Cara ketiga, kalian dapat menempelkan jarum kabel warna hitam pada pada pin tembaga kaki RAM dan kabel yang lainnya dengan ke kaki-kaki IC memory.

Kalau sudah, kalian dapat memasangnya kembali. Biasanya cara ini sangat efektif untuk memperbaiki RAM yang rusak.

Apabila ketiga cara di atas masih belum dapat memperbaiki RAM yang rusak, kalain dapat memakai cara yang keempat yang merupakan cara ektrem. Hanya saja, saya tidak menyarankan karena bisa berakibat fatal jika hasilnya juga gagal.

Caranya yaitu dengan mencucinya memakai detergen. Rendam RAM di air detergen dan sikatlah secara perlahan.

Cara ini tidak mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi sehingga risiko kalian harus tanggung sendiri.

Itu tadi, Gaes, beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki RAM komputer atau laptop yang rusak.

Apabila kalian merasa insecure atau kahwatir karena masih pemula dalam hal service, akan lebih baik untuk kalian langsung membawanya ke service center jika masih ada garansi. Atau pergi ke tukang service yang lebih ahli.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaikin RAM komputer kalian sendiri dirumah. Kalian dapat melakukannya sendiri bila kerusakannya tidak terlalu parah ya. Bila kerusakan terlalu parah lebih baik diperbaiki pada orang yang lebih ahli agar kerusakan tidak lebih parah.

READ  Cara Simpel Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas

Leave A Reply

Your email address will not be published.