Cara Mempercepat Kinerja Mac OS yang Lambat

0

Steve Jobs pernah menekankan bahwa CPU pada komputer Macintosh awalnya mengalami desain ulang yang besar dan kuat karena tidak “terlihat benar”.

Perhatian yang obsesif terhadap detail ini terus berlanjut, dan hasilnya adalah serangkaian mesin yang kuat. Yang mengatakan, Apple Mac kadang-kadang berjalan lambat dan mungkin perlu beberapa tweak untuk mencapai kecepatan penuh.

Baca Juga : Alasan dan Solusi Laptop Lemot Saat Work Home .

Dalam tips ini, kalian akan menemukan sepuluh kiat terbaik cara mempercepat kinerja mac OS 10.13 High Sierra, yang saat ini merupakan sistem operasi terbaru yang dijalankan kebanyakan Mac.

Kami telah membahas langkah-langkah yang lebih radikal seperti menginstal chip RAM baru dan hard drive  serta menunjukkan kepada kalian bagaimana memakai macOS ‘built in tools untuk membersihkan kekacauan dan memperbaiki kesalahan di hard drive.

 

Cara Mempercepat Kinerja MAC OS Terbaru

Update

Apple terus-menerus merilis pembaruan untuk mac OS yang dirancang untuk memaksimalkan efisiensi, memperbaiki bug yang bisa mengganggu kelancaran sistem kalian. Kalian bisa memeriksa apakah Mac kalian sudah diperbarui dengan mengklik ikon Apple dan memilih ‘About this Mac‘. Klik tombol ‘Software Update‘ untuk melanjutkan.

Baca Juga : ACOS Sistem Keamanannya Lebih Rendah Dari Windows Ancaman Malwarenya Meningkat Drastis.

Apabila versi baru dari mac OS tersedia maka akan muncul di homepage App Store. Pastikan untuk menjalankan pencadangan Time Machine penuh sebelum melanjutkan. Ini adalah salah satu cara termudah untuk mempercepat mac OS 10.13.

Restart Mac 

Walaupun ini mungkin terdengar jelas, Mac kalian bisa dengan mudah menjadi lamban karena banyaknya aplikasi yang berjalan, jadi me restart Mac kalian bisa membantu mempercepat mac OS 10.13. Pengaturan Energy Saver Apple juga bisa berarti bahwa ketika layar kalian mati, mesin kalian masih berjalan sehingga kemungkinan aplikasi akan crash atau mengkonsumsi terlalu banyak sumber daya.

Klik ikon Apple, lalu ‘Shut Down‘, di mac OS 10.13 setelah selesai memakainya. Mac kalian mungkin juga perlu dihidupkan ulang untuk menerapkan pembaruan.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Performa Laptop Atau PC.

Apabila Mac kalian masih berjalan lambat, klik ikon ‘Spotlight‘ dan luncurkan ‘Activity Monitor‘. Pilih tab ‘Memori‘ untuk melihat program mana yang memakai RAM paling banyak.

Kosongkan cache

Sistem operasi mac OS 10.13 memakai ‘cache‘ sementara untuk menyimpan data yang diperlukan dengan menjalankan program. Kalau program mengembangkan kesalahan, ini bisa diisi dengan data sampah sehingga lebih sulit bagi aplikasi lain untuk mengakses data yang sah dengan cepat. Seiring waktu ini dapat memperlambat Mac kalian secara dramatis.

Untuk memulai kalian bersihkan dan percepat mac OS 10.13, simpan dulu dan tutup semua file yang terbuka. Selanjutnya buka Finder dan klik opsi menu ‘Go‘. Klik ‘Go to Folder‘ lalu masukkan ‘~ / library / caches /‘. Tekan ‘Enter‘ untuk dibawa ke folder. Selanjutnya, buka menu ‘Edit‘ dan klik ‘Select All‘. Pilih file dan ‘Move to Trash‘.

Baca Juga  : Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot.

READ  Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Setelah file-file ini dikirim ke Trash, jangan coba mengosongkannya dulu. Sebagai gantinya, kembali ke Finder dan ikuti langkah yang sama di atas untuk menghapus file di dalam ‘/ Library / Caches‘. Restart Mac kalian, lalu kosongkan Recycle Bin.

Hapus Item-item Login

Program tertentu yang kalian instal lewat Mac App Store

 bisa dikonfigurasi untuk diluncurkan secara otomatis setelah login.

Kalau kalian sudah punya Mac untuk sementara waktu, ini bisa memperlambat mac OS 10.13 karena beberapa program akan mencoba diluncurkan pada saat yang bersamaan.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop dan PC .

Untuk memeriksa program mana yang akan dimulai saat kalian masuk, klik ‘Apple> System Preferences‘. Pilih ‘Users & Groups‘ dan pilih nama pengguna kalian dari panel sebelah kiri. Kemudian, pilih tab ‘Login items’. Pilih program yang ingin kalian hapus dan klik ‘-‘ untuk masing-masing. Ini tidak akan menghapus program itu sendiri.

Hapus junkware dan adware

Apabila kalian sudah mengikuti langkah sebelumnya untuk menghapus item masuk tetapi masih melihat program yang tidak diinginkan saat kalian masuk ke mac OS 10.13, kalian mungkin secara tidak sengaja menginstal malware.

Untuk memperbaiki ini, restart Mac kalian sambil menekan tombol Shift kiri pada keyboard. Bilah pemuatan abu-abu akan muncul. Mac kalian kemudian akan menampilkan layar login dengan kata-kata ‘Safe Boot‘ yang ditulis di sudut. Ini adalah mode start-up khusus untuk mesin kalian yang hanya meluncurkan program default.

Baca Juga :  Cara Uninstal Aplikasi di Laptop atau PC sampai Tuntas.

Masuk seperti biasa, lalu buka Finder. Klik opsi menu ‘Go‘, pilih ‘Go to Folder‘ kemudian masukkan ‘~ / Library / LaunchAgents‘. Hapus file yang berisi nama-nama program yang tidak kalian kenali. Ini tidak akan menghapus aplikasi yang terkait tetapi hanya memastikan tidak terbuka saat masuk. Ulangi langkah-langkah di atas di lokasi berikut:

‘/ Library / LaunchAgents’

READ  Layanan #IndonesiaTetapBelajar Zenius Bisa Diakses di Aplikasi Gojek

‘/ Library / LaunchDaemons’

‘/ Library / StartupItems’

 

Tingkatkan RAM

Kecepatan keseluruhan komputer kalian sebagian besar ditentukan oleh jumlah memori virtual (RAM) yang tersedia. Versi terbaru dari macOS (High Sierra) membutuhkan setidaknya 2GB RAM untuk berjalan dengan lancar.

Salah satu cara termudah untuk mempercepat Mac kalian adalah menginstal lebih banyak RAM. Mesin kalian punya sejumlah ‘slot’ RAM di mana chip dapat dimasukkan. Untuk memeriksa penggunaan kalian saat ini, klik ‘Apple> About this Mac‘ lalu pilih tab ‘Memory‘. Dari sini kalian dapat melihat grafik dari jumlah slot saat ini dan jenis chip RAM yang digunakan oleh Mac kalian.

Baca Juga ; Cara Perpanjangan Masa Aktif Indosat Tanpa Beli Pulsa .

Klik pada ‘Memory Upgrade Instructions’. Ini akan memuat Laman Dukungan Apple, yang merinci langkah-langkah tentang cara memasang RAM untuk model khusus mac kalian. Jika memesan chip RAM secara online, pastikan mereka mencocokkan kecepatan dan jenis yang tepat yang digunakan oleh Mac kalian misalnya 1600MHz DDR3.

Beberapa model Mac seperti Mac Mini terbaru tidak bisa ditingkatkan karena chip RAM sulit dihubungkan ke mainboard.

Terapkan pertolongan pertama

Sistem Operasi Mac punya rutinitas pengecekan kesalahan yang canggih, tetapi terkadang data dapat rusak yang kemudian menurunkan kinerja. Untungnya Apple menyediakan utilitas berguna untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan dengan file yang rusak dan izin disk, yang seharusnya membantu mempercepat mac OS 10.13.

Pertama, simpan dan buat cadangan data, kemudian restart Mac dengan perintah ‘Command + r‘. Klik tanda panah untuk melanjutkan, lalu pilih ‘Disk Utility‘. Setelah utilitas dimuat, pilih ‘Macintosh HD‘ dari kotak di sebelah kiri, lalu klik tombol ‘First Aid‘ di bagian atas. Kalau ada kesalahan terdeteksi, Disk Utility akan mencoba untuk memperbaikinya secara otomatis.

Optimalkan penyimpanan

Walaupun macOS 10.13 sangat efisien ketika memakai file, seiring waktu oleh data sementara dan aplikasi pihak ketiga dapat menurunkan kecepatan mac kalian.

Salah satu cara untuk merampingkan penggunaan file kalian adalah pergi ke ‘Apple> About this Mac‘. Selanjutnya, klik tab ‘Storage‘, lalu pilih tombol ‘Manage‘.

Baca Juga : 5 Tips Tingkatkan kecepatan Internet Saat Karantina Dirumahaja ,

READ  Cara Menambahkan dan Verifikasi Email di Facebook

Kalau kalian punya koneksi internet yang cepat dan andal, pilih tombol ‘Storage in iCloud‘. File yang terakhir digunakan di folder ‘Dokumen‘ dan ‘Desktop’ kalian akan dipindahkan ke iCloud.

Pilihan kedua ‘Optimize Storage’ berhubungan dengan file iTunes atau film yang sudah kalian simpan di Mac. Dari sini kalian bisa menghapus film apa pun yang sudah kalian tonton. Ini dapat selalu diunduh lagi pada tahap selanjutnya jika diperlukan.

Pakailah opsi ketiga ‘Empty Trash Automatically’ untuk menghapus file yang telah ada di ‘Trash‘ selama lebih dari 30 hari. Akhirnya, opsi ‘Reduce Clutter‘ mengidentifikasi semua file besar yang mungkin tidak lagi kalian pakai. Kalian bisa mengarahkan kursor ke ini untuk menghapus atau menampilkannya di Finder.

Instal ulang macOS 10.13

Apabila kalian sudah mengikuti langkah sebelumnya tetapi masih mengalami masalah dengan kecepatan sistem macOS 10.13, kalian bisa mengembalikan Mac ke pengaturan pabriknya. Simpan semua data pribadi dan buat cadangan lengkap, idealnya menggunakan Time Machine.

Kemudian, restart Mac Anda dengan perintah ‘Command + r’. Klik tanda panah untuk melanjutkan, lalu pada ‘Disk Utility‘. Setelah utilitas dimuat, pilih ‘Macintosh HD‘ dari kotak di sebelah kiri kemudian tombol ‘Erase‘.

Keluar dari Disk Utility dan klik ‘Reinstall macOS‘ dari menu utama. Mac akan mengunduh file sistem yang diperlukan untuk menginstal salinan baru macOS 10.13 di komputer kalian.

Baca Juga : Tips Jualan Online Bagi Pemula Bisa 100 Orderan / Hari .

Setelah ini selesai, Asisten Pengaturan akan menawarkan untuk memigrasi data yang ada. Lewati langkah ini sekarang, karena kalian dapat meluncurkan Asisten Migrasi nanti. Buat akun pengguna baru dan kata sandi untuk menguji kecepatan Mac kalian.

Jika masih berjalan lambat meskipun sudah melakukan sesuai cara mempercepat kinerja mac os diatas namun belum ada perubahan, Mac kalian mungkin punya hard drive yang rusak atau mainboard.

Kunjungi situs web Dukungan Apple untuk mengatur panggilan balik dari perwakilan Apple Care yang akan mengatur agar mesin kalian diperiksa di Apple Store terdekat atau pusat service di kota kalian.

Semoga bermanfaat, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.