Cara Mempercepat Performa Laptop atau PC

0

Hampir semua merk laptop mempunyai masalah pada performanya. Karena itu, supaya tidak lemot lagi, laptop dapat kalian maksimalkan agar performanya tidak lemot atau lag saat dijalankan untuk multitasking ataupun bermain game.

Merk-merk terkenal laptop seperti Asus, Lenovo, Acer, HP dan sebagainya biasanya akan terkena akibat yang sama. Utamanya pada bagian RAM laptop, kebetulan RAM laptop itu ukurannya berbeda-beda, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB dan seterusnya.

Oleh sebab itu, kemungkinan yang akan mengalami penurunan peforma laptop yaitu laptop yang memakai RAM 2GB.

Cara Mempercepat Performa Laptop atau PC

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar performa laptop atau PC kalian jadi normal dan lancar lagi.

Menghapus Program yang Tidak Digunakan

Menghapus aplikasi yang tidak digunakan tentunya jadi salah satu solusi yang perlu kalian terapkan sebagai pengguna laptop atau PC. Dengan banyaknya aplikasi yang terpasang dan cenderung tidak digunakan akan mengakibatkan PC atau laptop kalian lambat. 

Mematikan Startup Program di Komputer

Ini salah satu yang menjadi kendala lemotnya PC atau laptop yang berjalan. Karena jika startup semakin banyak berjalan maka PC atau laptop akan memakai memory yang banyak dan mengakibatkan PC lemot dan tidak stabil.

Startup program sendiri merupakan sebuah program yang dijalankan terlebih dahulu saat komputer hidup. Secara default ada banyak Program PC atau laptop saat kita melakukan instalasi, otomatis di startup akan eneble sendiri.  Karena itu kalian perlu mengaturnya sehingga tidak mengganggu kinerja komputer atau laptop.

Dalam program starup kalian bisa melakukan Cara Menambah, Mengetahui, dan Mematikan Aplikasi Startup di Windows.  Di menu tersebut kalian bisa mengatur untuk mempercepat langkah awal saat booting ke tampilan dekstop. Jadinya sistem melakukan kinerja dalam melakukan startup tidak berat dengan adanya program berjalan otomatis di setiap startup.

Menghapus File Sampah (Recycle Bin)

Secara default seluruh file yang di hapus kalian dengan cara delete biasa akan masuk ke tempat sampah yang disebut Recycle Bin. Kalau kalian melakukan banyak penghapusan data maka sampah kalian akan menumpuk dan hasilnya akan mengurangi performa PC atau laptop kalian.

Tips dari saya ketika ingin melakukan penghapusan data usahakan memakai tombol keyboard shift + delete, sehingga data kalian tidak akan lagi tersimpan di Recycle Bin. Berikutnya kalian sudah bisa meningkatkan performa laptop atau PC.

Meningkatkan Performa Laptop dengan Menata Hardisk

Defregment disk atau penataan disk perlu kalian lakukan untuk meningkatkan kinerja PC atau laptop. Sebab secara default kalau kalian menyimpan sebuah data di laptop penempatannya tidak akan diletakkan tertata. 

Karena itu kalian sebagai pengguna harus melakukan penataan hardisk dengan memakai software defregment disk yang sudah ada di sistem operasi kalian .

Letak program defregment disk biasanya ada di Start, tap opsi Windows, kemudian tekan opsi Administrative Tools, dan klik Defragment and Optimize Drives. Lakukan ini setidaknya 2 minggu sekali agar kalian bisa tahu cara memaksimalkan kinerja laptop atau PC.

Mengoptimalkan Hardisk dan RAM

Hardisk adalah hardware yang bertugas jadi ruang penyimpanan. Semakin ruangan hardisk kalian besar, maka semakin cepat pula komputer dalam menjalankan programnya.

Sebab itu file-file di hardisk yang kalian rasa tak penting dibuan atau dihapus saja.

Ram sendiri adalah penyimpanan yang bertugas sebagai penyimpanan sementara di PC atau laptop untuk meningkatkan performanya.

Ram dipakai saat program sedang dijalankan di komputer. Kalau program yang dijalankan di PC atau laptop menjadikan RAM full, pasti kinerja PC atau laptop juga akan semakin menurun dan bisa jadi hang.

Memakai Komputer Seperlunya

Apabila kalian terlalu sering menghidupkan, bahkan tidak di pakai juga di hidupkan maka kinerja PC atau laptop akan menurun. Karena itu gunakan komputer atau pc seperlunya saja. 

Mengupgrade Komponen Hardware

Jika kalian ingin menambah storage di laptop atau PC kalian menggunakan SSD, kalian cek terlebih dulu apakah ada slot DVD nya atau tidak.

Slot DVD tersebut akan dikorbankan untuk dimasukan penyimpanan SSD. Kalau tidak SSD dipasang pada slot HDD motherboard, kemudian HDD dipindahkan ke DVD nya dengan memakai Converter Caddy.

Harganya lumayan murah.  Kalian cukup membeli caddy  SSD kapasitas 120GB untuk penyimpanan OS Windows nya. Seperti halnya kalian menambah RAM. Tetapi sesudah pindah storage ke SSD kalian harus instal ulang windows.

Tenang, Gaes. File dari data HDD tidak akan hilang jika saat instalasi windows masih dalam tahap benar.

Nah, itu tadi beberapa cara mempercepat performa PC atau laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.