Cara Mempercepat Windows 10, Anti Lemot!

0

Windows 10 adalah sistem operasi atau software yang dibuat oleh Microsoft, dan digunakan untuk laptop pada umumnya. Windows 10 banyak digunakan di seluruh penjuru dunia karena memiliki perbedaan kecepatan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Di setiap sistem operasi pasti memiliki kelemahannya masing-masing contohnya yang tidak asing adalah lemot. Pernahkah kalian merasakan laptop kalian lemot, cepat panas, dan respon yang kurang cepat? Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dan dapat ditangani tanpa harus pergi ke tempat service laptop atau menggantinya dengan yang baru.

Berikut adalah 6 cara agar windows 10 pada perangkat laptop kalian tidak lemot lagi yang mudah untuk dicoba!

 

Cara Mempercepat Windows 10, Anti Lemot!

 

1. Pastikan Spesifikasi Laptop yang Sesuai

Windows 10 tentu memiliki spesifikasi minimal yang cocok untuk laptop. Spesifikasi disesuaikan dengan kinerja yang dilakukan oleh Windows 10 dan di cocokkan kepada laptop yang memang sanggup untuk menjalankan sistem Windows 10. Laptop dengan spesifikasi yang tidak sesuai maka akan memperlambat kinerja Windows 10 saat dijalankan. Jadi terkadang bukan kesalahan WIndows 10 yang memiliki kinerja lambat, karena bisa jadi laptop kalian tidak kuat untuk menampung Windows 10 didalamnya.

Baca Juga: Mantan Petinggi Lenovo Masuk ke Xiaomi

2. Matikan Program yang Tidak Digunakan

WIndows 10 akan terasa lambat di laptop kalian jika terlalu banyak program yang dijalankan. Seringkali kita lupa untuk mematikan program yang berjalan di latarbelakang laptop dan terus menumpuk sehingga menurunkan performa Windows 10 pada laptop. Mematikan program yang tidak digunakan yaitu melalui Task Manager. Caranya adalah buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc) lalu klik more details lalu pilih statup dan akan terlihat program yang sedang dijalankan, klik kanan dan pilih disable untuk program yang kalian rasa tidak perlu.

Baca Juga: Mengaktifkan Dark Mode di Android dan iPhone

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang tidak digunakan hanya akan menumpuk data dan memperlambat kinerja dari Windows 10. Gunakanlah aplikasi-aplikasi yang memang sangat diperlukan, dan buang atau hapus aplikasi yang hanya dipakai beberapa kali atau sudah tidak lagi digunakan. Menghapus beberapa aplikasi yang tidak perlu akan menolong kalian untuk lebih menghemat memory dan memudahkan kinerja Windows 10.

4. Matikan Special Effects

Windows 10 memiliki tampilan yang jauh lebih unik jika dibandingkan dengan pendahulunya, namun hal ini justru memberatkan kinerja laptop-laptop yang memiliki spesifikasi standar atau biasa-biasa saja. Kalian dapat dengan mudah mematikan efek spesial yang ada pada windows 10 dengan cara mengetik “sysdm.cpl” pada kolom pencarian dan tekan Enter. Setelah menekan tombol Enter maka akan ditampilkan kotak Performance Options lalu klik pilihan Adjust For Best Perfomance”

Baca Juga: Cara Aktifkan Mode Facebook Gratis

5. Upgrade RAM

Mengganti RAM dengan ukuran yang lebih besar maka akan mempercepat kinerja baik laptop maupun Windows 10. RAM yang besar juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya lag atau hang pada laptop. Gunakanlah RAM besar namun yang sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari.

6. Gunakan Anti Virus

Virus adalah salah satu penghambat kinerja laptop dan software seperti Windows 10. Virus tidak hanya menghambat kinerja, namun juga menurunkan keamanan bagi laptop. Segera install aplikasi anti virus untuk menjaga laptop kalian dari virus yang membahayakan kinerja laptop dan Windows 10 kalian.

Baca Juga: Review Smartphone Redmi Terbaik dari Xiaomi 2020

Berdasarkan 6 tips diatas, semoga penjelasan kami dapat membantu kalian untuk tetap mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan Windows 10 di laptop. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.