Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop dan PC

0

Gaes, Windows 10 merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang saat ini banyak diminati pengguna laptop atau pun PC. Kalau kalian sudah meperbaharuinya, pasti sudah merasakan kuliatas performa sistem opeasi seutan Microsoft ini.

Kita bisa update versi terbaru, tetapi mungkin kalian pernah mengalami perangkat malah jadi lemot. Kalau iya, mungkin kalian sama seperti saya.

Di samping karena faktor spesifikasi, masih banyak faktor yang membua Windows 10 jadi lebih lemot. Bisa dari ketidak cocokan hardware, bugs, malware atau virus yang dapat merusak hardware.

Menurut saya, dalam permasalahan keamanan yang ada di beberapa versi, Windows 10 lah yang mempunyai antivirus terbaru yang canggih karena dapat menangkal virus atau malware.

Berikut ini ada beberapa cara agar performa PC Windows 10 bisa berjalan lebih cepat dan performanya jadi lebih baik.

Matikan Program yang Tidak Perlu

Adanya banyak program yang berjalan di latar belakang membuat PC Windows jadi lemot. Biasanya program0program ini tidak pernah kalian pakai atau jarang dipakai. Karena itu, matikan program tersebut dengan memakai Task Manager.

Caranya pilih tombol Ctlrl + Shift + Esc atau kalian klik pojok kanan bawah layar dan klik Task Manager. Pilih More Details untuk akses Task Manager lebih detal. Kemudian klik tab Startup.

Klik kanan lalu klik lagi Disable pada program yang kiranya tidak penting.

Percepat Processor

Windows mempunyai tiga pengaturan standar untuk pengaturan daya processor ya, Gaes. Di antaranya Balanced, High Performance, dan Power Saver. Kalau kalian memakai sistem operasi Windows 10, hal ini bisa membuat PC lemot. Kalian bisa mengubah dari Power Saver ke High Performance atau Balanced agar Windows jadi lebih cepat.

Cara mengubahnya mudah. Cukup buka menu Control Panel. Klik hardware and sound, kemudian pilih Power Option. Nantinya akan keluar dua pilihan, yaitu Balanced (recommended) dan Power Saver. 

Agar bisa melihat setting High Performance, pilih tanda panah Show Additional Plans. Selesai.

Matikan Search Index

Biasanya Windows ada fitur pencarian atau kita sebut dengan search index. Adanya fitur ini membuat kalian bisa mengakses aplikasi, file, dan lain-lainnya secara cepat tanpa harus melihat sumber folder. 

Walaupun cukup membantu buat kalian yang suka lupa menaruh file atau folder, tetapi fitur ini malah membuat proses loading PC kalian jadi lemot. 

Lebih baik, kalian matikan saja search index-nya ya, Gaes, agar performa Windows kalian lebih maksimal.

Caranya bisa kalian coba sekarang kok. Cukup menuju Start Menu, kemudian kalian ketik ‘service.msc’ dan kemudian jendela Service akan tampil. Cari Indexing Service atau Windows Search di daftar layanan. Klik sebanyak dua kali, lalu pilih Stop dan Reboot.

Nonaktifkan Penggunaan Shadow, Animasi, dan Efek Khusus

Windows 10 mempunyai tampilan lebih bagus daripada versi sebelumnya. Akan tetapi, pemakaian visual efek yang banyak juga bisa membuat kinerja sistem, utamanya kalian yang masih memakai PC lama dengan spesifikasi biasa saja. 

Untuk meminimalisir pemakaiannya, ketik ‘sysdm.cpl’ di kotak pencarian Windows lalu tekan Enter.

Setelahnya keluar tampilan kotak dialog System Properties. Pilih tab Advanced dan pilih opsi Setting di bagian Performance untuk membawa kalian ke bermacam daftar shadow, aminasi, dan efek khusu. 

Agar bisa menonaktifkan semua visual efek, pilih Adjust For teh Best Performance di bagian atas layar dan tekan OK. Nantinya Windows 10 akan mematikan shadow, animasi, juga efek khusus agar PC tidak lagi lemot.

Hilangkan Bloatware

Gaes, bisa jadi PC kalian lemot bukan windows 10, tetapi bloatware atau adware yang kalian install di PC atau laptop.

Di samping menjadikan performa PC atau laptop lemot, harddisk kalian jadi penuh dengan aplikasi yang tidak kalian mau.

Kalian bisa uninstall program secara manual dengan cara pilih mneu start, lalu klik kanan, klik Control Panel. Dan pilih Program dan tekan tombol Uninstall a Program.

Ada cara lain sih, Gaes. Kalian dapat membersihakn bloatware dengan memakai tool seperti Norton Security atau McAfee Live Safe, atau aplikasi anti-malware bawaan Windows 10 yang sudah terbukti mampu menghilangkan atau menghapus bloatware

Biasanya, software tadi akan otomatis menampilkan aplikasi yang mengganggu, dan kalian bisa pilih sendiri mana yang mau di uninstall.

Upgrade Drive

Kalian bisa mempercepat windows 10 dengan cara upgrade drive kalau komputer kalian sudah tua. Saat ini drive yang sering dipakai untuk mempercepat kinerja windows 10 adalah dengan Solid-State Drive atau biasa kalian sebut dengan SSD.

SSD ini mempunyai teknologi dengan kecepatan akses data sangat tinggi. Ia dilengkapi baterai internal dan sistem penyimpanan data cadangan. Untuk harganya memang lebih tinggi dari harga harddisk lainnya.

Nah, itu tadi, Gaes, beberapa cara mempercepat Windows 10 di laptop atau PC. Semoga bermafaat buat kalian.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.