Cara Menambahkan Nomor Kontak Luar Negeri di WhatsApp

0

WhatsApp sampai sekarang ini memang menjadi salah satu aplikasi yang paling populer. Ini karena WhatsApp bisa menyambungkan seorang individu dalam wilayah tertentu. Aplikasi WhatsApp juga bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan teman atau kerabat kalian yang berada di luar negeri.

Dengan makin terbukanya pergaulan dunia maya membuat kalian mungkin bisa lebih banyak berhubungan dengan teman dari negara lain. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Contohnya saja kalian bertemu seorang teman dari hobby atau interest yang sama seperti sepakbola, musik atau hal lainnya.

WhatsApp membuat kalian sebagai pengguna dari negara manapun bisa dengan bebas berkomunikasi tanpa adanya batasan. Hal ini pastinya menjadikan banyak kemudahan jika dibandingkan dengan layanan SMS atau telepon secara langsung sebab lebih mudah dan praktis dengan WhatsApp. Bahkan biaya yang kalian keluarkan juga akan jauh lebih murah hanya dengan mengetik pesan di WhatsApp yang tersedia gratis asalkan ada kokensi internetnya.

Baca Juga : Cara Menambahkan Teman di Whatsapp

WhatsApp seolah tahu betul globalisasi sudah membawa semua orang pada hubungan antar negara, entah dengan kerabat ataupun dengan teman yang baru dikenal.

Kemudian bagaimana cara menambahkan kontak WhatsApp yang merupakan nomor luar negeri? Apakah bisa? Bisa kok. Caranya mudah.

Cara Mudah Menambahkan Nomor Kontak Luar Negeri di WhatsApp

Layanan WhatsApp memang memakai nomor telepon sebagai tanda pengenal atau dengan kata lain sebagai username saat kalian melakukan proses pendaftaran. 

Oleh karena itu, ketika kalian ingin menghubungi seseorang tentu kalian harus mengetahui nomor yang dia pakai untuk registrasi pada WhatsApp.

Baca Juga : Cara Menambah Lokasi Baru di Instagram

Akan tetapi hal yang sering terjadi saat kalian sudah menyimpan nomor telepon seseorang ke kontak namun kontak tersebut tak muncul pada daftar teman yang ada di WhatsApp? Bagaimana solusinya?

Ternyata ini tidak hanya terjadi hanya pada nomor yang beda Negara, sebab bahkan untuk wilayah Indonesia pun kadang masalah ini juga terjadi.

Cara Add Whatsapp Nomor Internasional

Masalah dalam menambahkan kontak internasional ini merupakan hal sepele tapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengatasinya.

Tidak sedikit dari kalian pasti sudah mengetahui kalau setiap nomor telepon di berbagai negara mempunyai kode yang berbeda-beda.

Masalah ini juga berlaku untuk WhatsApp. Disebabkan untuk berkomunikasi berskala global maka ketika kalian ingin menghubungi seseorang yang berada di luar negri tentu harus menyertakan kode negara pada nomor telepon.

Salah satu contoh untuk kode WhatsApp Tiongkok maka kalian harus menambahkan +86 di depan nomor mereka walaupun WhatsApp pernah diblokir oleh pemerintah China.

Baca Juga : Cara menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Google Play Store

Sangat mudah bukan? Ini adalah contoh daftar kode negara di dunia. Untuk Indonesia (ID)  maka kode negaranya adalah +62. Negara Malaysia (MY) mempunyai kode negara +60, sedangkan Singapura (SG)  kode negaranya +65.

Negara Filipina (PH)  kode negaranya +63. Dan untuk Australia (AU) kode negaranya adalah +61. China (CN)  punya kode negara +86.

Untuk negara Thailand (TH) punya kode negara +66, Hong Kong (HK) kode negaranya +85. Di Arab Saudi (SA) sendiri kode negaranya adalah  +96. Sedangkan untuk Amerika (US) kodenya  +1.

Negara Inggris (GB) mempunyai kode negara berbeda yaotu +44. Untuk negera Turki (TR) kode negaranya +90. Dan untuk Rusia (RU) kode negaranya  +7.

Pengecualian Format Untuk Beberapa Negara

Apabila di atas tadi kalian sudah mengetahui beberapa kode telepon internasional yang bisa kalian pakai saat ingin berkomunikasi dengan orang dilaur negri maka ada juga beberapa format yang masuk pengecualian dimana susunan nomornya tak hanya dengan menambahkan kode Negara saja seperti contohnya di bawah ini.

Argentina

Argentina memiliki format nomor yang diawali dengan angka 15 dan kode negaranya adalah +54. Misalkan kalian memiliki teman yang bernomor WhatsApp 150987654328 maka untuk bisa menambahkannya ke daftar teman kalian harus menghilangkan awalan 15 dan menggantinya dengan 9 lalu menambahkan kode Negara +54 di depannya.

Maka format penulisan nomor WhatsApp tersebut menjadi +549987654328.

Baca Juga : Cara Login Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif

Inggris

Di Inggris nomor telepon diawali dengan angka 0, sementara untuk kode negeranya adalah +44. Tapi kalian tidak bisa hanya menambahkan kode Negara tersebut di depan nomor telepon dan kalian harus membuang angka 0 terlebih dulu.

Setelahnya melewatkan kode negara di depannya. Contoh nomornya adalah 077638847134 maka di WhatsApp kalian harus menyimpan nomor tersebut dengan +4477638847134.

Meksiko

Negara Meksiko memiliki kode Negara +52 dan untuk format penomoran WhatsApp internasional hampir sama dengan Argentina yaitu dengan menambahkan angka 1 kode negara lalu tulis nomor tujuan contohnya +52175987534629.

Pengetahuan tentang kode negara ini wajib kalian kenali jika kalian sering berhubungan dengan rekan atau saudara yang berada di luar negeri. Dengan begitu, komunikasi kalian akan menjadi lebih mudah dan murah.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.