Cara Mencegah Toko Online Melakukan Penipuan

0

Semakin berkembangnya teknologi saat ini memang membuat banyak kemudahan bagi setiap orang. Kita tidak perlu lagi pergi ke kantor pos untuk mengirim surat, mengirim uang, atau bahkan barang. Kita tinggal membuka aplikasi smartphone kita. Masuk ke situs toko online, pilih barang yang kita mau, lakukan pembayaran via transfer, dan duduk manis di rumah, maka barang pun akan diantar dengan cepat.

Akan tetapi, dengan kemudahan dan benefit banyak yang kita dapat saat belanja online, maka kemudian makin banyak pula muncul oknum-oknum yang menyalahgunakan kemudahan ini untuk melakukan penipuan, salah satunya penipuan toko online yang pastinya sangat merugikan kita semua.

Memang baik kita berbelanja online atau langsung tetap ada resiko ditipu, akan tetapi untuk belanja online tentunya lebih punya [eluang besar karena kita tidak bertemu langsung dengan penjual, kita tidak bisa melihat barangnya secara real, dan tidak bisa menjamin bahwa barang yang kita beli asli atau tidak walau sudah ada jaminan dari toko online terebut yang bisa saja menipu kita sebagai konsumen mereka.

Sadar atau tidak, kita semua berpeluang menjadi korban penipuan toko online, Gaes. Dan seberapa kecil pun uang yang sudah hilang itu karena tertipu, pastinya membuat hati kesal dan kadang memberi stigma negatif toko online banyak menipu, padahal tidak semuanya.

Kalau kalian mungkin pernah tertipu belanja di toko online, saya ingin memberikan beberapa cara agar kalian tidak tertipu lagi saat belanja di toko online. 

Cara Mencegah Toko Online Melakukan Penipuan

Berikut ini saya rangkum beberapa caranya untuk kalian, Gaes. Cekidot.

Mengenali Toko Online

 

Sebelum kita melakukan transaksi jual beli, ada baiknya kita mengenali dulu toko online tersebut. Lihat kredibilitas toko online itu apakah bisa dipercaya dan seberapa terkenalnya di masyarakat. Utamanya untuk toko online yang bukan di marketplace online terkenal.

Kita bisa melihat informasi mendetail yang dapat kita percaya, dari kontak nomor telepon yang bisa dihubungi sampai alamatnya yang jelas dan bukan fiktif.

Melihat Alamat Situs Toko Online

Kalian juga wajib melihat juga alamat situs toko online tersebut. Betulkah alamat situs yang dimaksud. Sebab, selalu ada penipu yang memakai alamat palsu seperti alamat toko online asli.

Lihat juga apakah alamat situs menggunakan https yang aman, bukan http saja. Ataukah ada ada ikon gembok di alamat situsnya atau tidak.

Jangan Terlalu Tertarik dengan Harga Murah

Pastinya harga murah di toko online membuat kita tertarik. tetapi jangan buru-buru, cek lagi dengan cermat. 

Biasanya untuk menarik perhatian calon korbna, para pelaku penipuan ini akan memajang harga barang murah. Bisa jadi selisihnya memungkinkan lebih dari 50 persen dari harga resmi yang seharusnya.

Dan kita biasanya lihat harga murah langsung buru-buru mengirim uang dengan transfer berharap mendapat barang asli, ternyata bukan.

Perhatikan Deskripsi Produk

Ini juga penting, Gaes. Kalian harus membaca dan memperhatikan baik-baik deskripsi produk yang ingin kalian beli. Apakah sudah sesuai dengan apa yang kita mau dan tidak ada yang mencurigakan di sana.

Jangan salah, mereka bahkan sering memajang foto yang kadang kurang sesuai, tapi memberikan keterangan di deskripsi produknya.

Perhatikan Foto Produk

Cermati dengan benar dan baik-baik foto produk yang dipajang di situs toko online yang ingin kalian beli. Kalau kalian tidak percaya, kalian boleh kok meminta foto produk aslinya.

Tidak hanya memastikan adanya barang, tetapi juga kita harus tahu kondisi asli produk yang ingin kita beli.

Jangan Terpesona dengan Testimoni

Mungkin kalian berfikir dengan banyaknya testimoni maka toko online tersebut memang bagus. Kalian jadi terpesona dan tertarik, padahal mungkin saja mereka sengaja membuat testimoni fiktif untuk menarik pembeli.

Beruntung karena saat ini, marketplace online sekarang memberi tanda khusus untuk testimoni pembeli asli.

Menyimpan Bukti Transfer atau Transaksi Jual Beli

Untuk sebagian orang mungkin merasa tidak penting, padahal bukti transfer atau transaksi jual beli ini wajib kita simpan. Bisa dengan cara via SMS atau print out, atau juga melakukan screenshoot proses jual beli kita tadi.

Jangan pernah menhapus atau membuang bukti transaksi tersebut sampai kalian memastikan barang datang dan sesuai dengan yang dijanjikan di situs toko online tersebut ya, Gaes.

Kalau toko online mereka asli, mereka juga biasanya meminta bukti transfer atau transaksi kita. Jadinya, kita bisa menggunakan itu sebagai barang bukti suatu saat nanti jika ternyata mereka melakukan penipuan toko online, Gaes.

Mintalah Resi Pengiriman

Ini bukan hal tabu kok. Kita boleh meminta resi atau bukti pengiriman barang dari toko online. Nomor resi umumnya akan diberikan ekspedisi pengirim barang kepada penjual yang mengirimkan barang tersebut.

Nomor resi ini juga bisa kita pakai untuk melacak barang yang kita beli, Gaes. Benarkah barang sudah dikirimkan ke alamat yang benar, juga untuk mengetahui sudah sampai dimanakah barang tersebut, dan perkiraan kapan barang sampai ke alamat kita.

Rekomendasi Teman

Tidak ada salahnya untuk meminta rekomendasi teman ya, Gaes. Karena mereka tentunya tidak ingin kita tertipu dan memberikan rekmendasi toko online mana yang terpercaya kalau mereka juga sering belanja di sana.

Umumnya, rekomendasi orang yang kita kenal sebelumnya bisa membuat kita lebih percaya daripada testimoni dari toko online. 

Jangan lupa juga untuk bertanya bagaimana proses transaksinya. Mungkinkah lancar, bagaimana pelayanannya kepada pembeli, sampai kondisi barang sesuai atau tidak dengan yang dipajang di situs toko online.

COD Lebih Baik

Cash on Delivery atau COD adalah solusi paling gampang untuk mengetahui toko online tersebut penipu atau tidak. Kalian bisa bertemu langsung dan memegang barangnya, baru setelah itu kalian bisa membayarnya.

Memang COD ini cara paling aman, Gaes. tetapi, tidak menutup kemungkinan ada ketidak cocokan dengan beberapa produk yang diperjual belikan. 

Nah, itu tadi beberapa cara untuk kalian mencegah toko online melakukan penipuan ya, Gaes. 

Ingat, cermati sebelum membeli. Dan jangan sampai kita tertipu saat belanja online karena bisa rugi ya, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.