Cara Mengakifkan Macro di Excel

0

Microsoft excel adalah aplikasi yang dibuat oleh microsoft untuk keperluan perkantoran. Umumnya ms excel dipakai untuk keperluan pendataan, baik itu berbentuk angka, text dan lainnya.

Biasanya orang lebih memilih memakai ms excel dibandingkan dengan aplikasi pengolah data lainnya. Alasannya karena fitur dan tampilannya yang mudah dipakai.

Ada banyak fitur di ms excel yang akan memudahkan pekerjaan kalian, seperti fitur formula, fitur macro dan lainnya. Fitur macro termasuk fitur yang jarang sekali dipakai tetapi sangat bermanfaat sekali. Sebelum memakainya, kalian harus mengaktifkan macro di excel tersebut.

Baca Juga : Tips Sebelum Menggunakan Microsoft Teams Agar Dapat Kuliah Online

Fitur macro adalah serangkaian perintah yang sengaja dibuat untuk melakukan perintah secara berulang dan mempermudah para pengguna tanpa harus menulis atau melakukan perintah tersebut secara manual.

Untuk memanfaatkan macro tersebut kalian hanya cukup menekan tombol yang sudah disesuaikan saat membuat macro tersebut. 

Kalian bisa simak pembahasan tentang cara mengaktifkan macro di excel berikut.

Cara Mengaktifkan Macro di Excel

Untuk memakai fitur macro di excel, maka kalian harus mengaktifkanya terlebih dahulu. Pengaktifan macro dapat dilakukan langsung lewat menu options dengan mengaktifkan pada bagian Enable all macros.

Apabila kalian tertarik memakai fitur macro di Microsoft excel, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Yang pertama, kalian harus membuka sebuah dokumen baru Microsoft excel. Kemudian tekan tab file pada bagian atas atau bisa dengan menekan tombol Alt+F. Setelah itu klik opsi Options pada bagian kiri bawah

Baca Juga : Tips Mengaktifkan Kamera Laptop

Nantinya akan terbuka jendela baru yaitu Excel Options, lanjut dengan klik menu Trust Center yang berada di bagian kiri bawah

Selanjutnya tekan menu Trust Center Settings yang terletak pada bagian Microsoft excel trust center. Lalu klik menu Macro Settings pada bagian sidebar kiri

Pada bagian kiri ada beberapa opsi yang harus kalian centang, yaitu Enable all macros dan Trust acces to the VBA project object model

READ  Situs Baca Komik atau Manga Sub Indo Terbaik Tahun 2020

Apabila keduanya sudah dicentang, lanjut lagi dengan menekan opsi Trusted Locations pada bagian atas. Kalian bisa klik tombol Add New Locations pada bagian bawah

Nantinya akan terbuka sebuah jendela baru yaitu microsoft office trusted location, disini kalian harus menentukan tempat macro tersebut disimpan saat dijalankan.

Berikutnya, centang pada bagian subfolders of this location are also trusted, lalu tekan tombol Browse  dan tentukan folder yang kalian pakai untuk macro tersebut, lalu klik OK.

Baca Juga : Keren fungsi Airplane Mode Yang Kalian Harus Tahu

Pada jendela microsoft office trusted location, silahkan simpan dan lanjut dengan klik tombol OK. Selamat, sekarang macro tersebut sudah kalian aktifkan dan sudah bisa dipakai.

Silahkan pakai macro tersebut sesuai dengan kebutuhan. Berbagai cara di atas bisa kalian pakai di semua versi Microsoft excel. Mulai dari Microsoft excel 2007, 2010, 2013 dan lainnya. Kalau ada menu yang berbeda tinggal disesuaikan saja.

Solusi Macro di Excel Tidak Bisa Digunakan

Apabila sudah melakukan cara di atas, tetapi saat macro tersebut tidak bekerja, maka saat pertama sekali membuka dokumen atau kalau kalian melihat peringatan warna kuning pada bagian atas dokumen, silahkan klik tombol Aktifkan Konten.

Baca Juga : Cara MengaktifkanAkun Administrasi di Windows

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan macro di excel. Dengan memakai fitur macro di excel, maka akan memudahkan kalian untuk melakukan perintah secara berulan hanya dengan memakai shortcut yang sudah ditentukan sebelumnya.

Meskipun jarang dipakai, fitur macro di excel ini ternyata sangat beramnfaat dalam pemakaian formula atau rumus yang dilakukan berulang.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.