Cara Mengaktifkan eSim di iPhone, Sangat Mudah!

0

Semenjak hadirnya iPhone XR dan iPhone XS, Apple kini telah memberikan fitur dual sim untuk iPhone. Kebijakan Apple tersebut disambut dengan apresiasi oleh pengguna iPhone, karena walaupun fitur ini termasuk ketinggalan zaman dari smartphone lainnya, namun pengguna iPhone selalu setia menunggu Apple merilis fitur dual sim dan telah dikabulkan semenjak kelahiran iPhone XR dan iPhone XS. Dual Sim fisik sendiri hanya dapat dirasakan oleh pengguna iPhone flagship seperti iPhone XS dan iPhone 11 Pro. Lalu bagaimana dengan iPhone XR dan iPhone 11? Yup, iPhone flagship versi “murah” iPhone ini dapat merasakan fitur dual sim namun dengan eSim. Apa itu eSim? Bagaimana cara mengaktifkannya? Yuk disimak penjelasannya di bawah ini!

 

Cara Mengaktifkan eSim di iPhone, Sangat Mudah!

 

Apa itu eSim?

eSim berasal dari singkatan embedded-sim atau artinya adalah sim yang tertanam langsung pada smartphone. eSim sendiri memiliki fungsi yang sama seperti sim fisik pada umumnya, yang membedakan adalah kita tidak perlu lagi memasukkan sim ke dalam sim tray iPhone karena mengaktifkan eSim hanya perlu dengan memasukkan QR Code. Karena eSim sudah tertanam di dalam iPhone, maka mengganti provider tidak perlu lagi dengan cara menukarkan sim fisik atau mencopot dan memasukkannya kembali, cukup dengan program yang ada di dalam iPhone kalia bisa mengganti provider.

Baca Juga: Tips Membeli iPhone Bekas, Pastikan Berkualitas!

Di Indonesia sendiri, Smartfren adalah provider pertama yang meluncurkan eSim di wilayah Indonesia. Hal ini tentu saja menjadi gerakan yang baik karena akan menjadi contoh bagi provider Indonesia lainnya untuk membuat eSim.

Cara Mengaktifkan eSim di iPhone

eSim mungkin masih terdengar asing di kalangan masyarakat, cara pengaktifannya pun secara otomatis masih belum diketahui oleh orang-orang pada umumnya. Berikut adalah cara mengaktifkan eSim pada iPhone

Pertama, pastikan iPhone yang kalian gunakanlah iPhone yang support untuk eSim. iPhone yang saat ini support untuk eSim hanya iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, dan iPhone 11Pro.

Baca Juga: Smartphone Gaming ini Kalahkan Rekor Xiaomi 10 Pro

Kedua, pastikan iPhone kalian terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Internet bisa kalia dapatkan dari sim yang sudah terpasang di iPhone atau WiFi.

Ketiga, buka Settings, pilih Cellular lalu klik Add Cellular

Keempat, setelah klik Add Cellular maka akan muncul permintaan untuk meng-scan atau memindai kode QR yang terdapat di eSim. Ambil eSim kalian lalu arahkan kode QR yang ada pada eSim ke kamera iPhone untuk melakukan scanning.

Baca Juga: LINE Makin Maju, Dukung Panggilan Grup Sampai 200 Orang

Tunggu beberapa saat sampai proses menghubungkan eSim dengan iPhone kalian berhasil. Jika berhasil akan muncul pemberitahuan seperti “A Cellular Plan from Smartfren is ready to be added to iPhone” kemudan klik tombol “add celullar plan”

Jika sudah, tunggu hingga jaringan eSim Smartfren kalian terhubung dan segera registrasi nomor eSim kalian sesuai dengan data diri ke 4444.

eSim siap digunakan!

Baca Juga: Robot Pintar Masak 150 Burger dalam 1 Jam

Berdasarkan penjelasan diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian ya. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.