Cara Mengaktifkan Windows Defender

0

Kalian sudah tidak asing dengan Windosw Defender bukan? Windows defender adalah sebuah fitur yang sudah disediakan oleh windows untuk menjaga laptop atau komputer kalian yang kalian pakai untuk terhindar dari serangan virus.

Windows defender atau yang sebelumnya lebih terkenal dengan nama Microsoft Spyware merupakan perangkat lunak atau software yang diciptakan oleh microsoft untuk melindungi windows atau sistem operasi yang ada di laptop kalian dari serangan virus atau malware.

Sebelum adanya windows 8, windows deffender hanya mempunyai fungsi untuk perangkat anti pengintaian. Windows defender juga mencakup sejumlah alat keamanan waktu nyata yang mengontrol beberapa area umum windows yang mungkin diserang oleh virus-virus atau malware.

Baca Juga : 5 Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install Windows 10

Di samping memakai windows defender sebagai pertahanan laptop kalian dari virus dan malware, kalian juga menginstall aplikasi dari pihak ketiga yang juga memberikan layanan seperti windows deffender seperti :avast, bitdeffender, avira, dan lain-lain.

Pada dasarnya kalian tanpa menginstall aplikasi pihak ketiga pun di dalam windows sebetulnya sudah ada anti virus sendiri yaitu windows defender. 

Di sini, saya akan memberikan tips untuk kalian bagaimana cara mengaktifkan windows defender di laptop windows 10, 8 dan 7.

Setting Windows

 

Cara pertama untuk mengaktifkan windows defender yang mati di laptop kalian yaitu dengan memakai setting windows. Ini menjadi cara yang bisa kalian ikuti.

Pertamanya, kalian perlu untuk membuka setting windows, kemudian tap icon yang berbentuk bulat seperti gambar gear pada windows kalian.

Kalian tunggu sampai halaman setting muncul dan klik pada Update & Security.

Baca Juga : Cara Mengganti Warna Folder di Windows

Kemudian tap pada menu atau tulisan windows defender lalu tunggu sampai muncul pop-up settingan windows defender.

Selanjutnya, sesudah muncul kalian perlu mengklik atau mencentang Real Time Protection yang pertama dari awal off anda klik. Sehingga menjadi on windows defender akan langsung hidup dan melindungi laptop kalian dari virus-virus dan malware.

Group Policy Editor

Cara kedua yang bisa kalian [akai untuk mengaktifkan windows defender adalah dengan memakai group policy editor. Ini adalah cara yang bisa kalian pakai apabila ingin mengaktifkan windows defender memakai cara ini.

Langkah pertama yang kalian perlukan adalah membuka Group Policy Editor. Kalian perlu membuka dengan memakai windows run yang bisa kalian lakukan dengan memencet tombol Windows + R kemudian enter.

Tunggulah sebentar sampai keluar pop-up kecil, lalu kalian ketikkan gpedit.msc dan tekan enter. Kemudian tunggu sampai muncul halaman baru.

Baca Juga : Cara Mengunci file atau folder di Windows 10

Jika halaman Local Group policy sudah muncul, langsung tap di Computer Configuration. Tekan tombol Administrative Templates.

Tap opsi Windows Components. Lalu tekan opsi Windows Deffender. Kemudian kalian klik Real-time Protection dan tap dua kali pada pilihan ini untuk membuka halaman turn off real-time protection.

Kemudian ketika halaman muncul, tap pada pilihan Not Configured untuk menghidupkan kembali Windows defender dan klik OK.

Windows deffender yang tadinya mati sudah hidup kembali dan melindungi laptop kalian dari virus dan malware.

Demikianlah dua cara yang bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan windows defender yang ada pada laptop atau komputer kalian.

Baca Juga : Cara Mengunci File dan folder di Windows 10 Dengan Windows Bitlocker

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.