Cara mengatasi Android lag & lemot saat Main Game

0

Di zaman modern saat ini, siapa yang tidak suka bermain game? Hampir semua orang suka bermain game. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, cowok ataupun cewek, dari game offline sampai online, mereka rela menghabiskan banyak kuota demi memperoleh sensasi serunya bermain game terutama di platform Android.

Momen paling seru saat bermain game pastinya saat kalian menang. Tetapi bagaimana saat kalian akan menang, tapi Android justru nge-lag, error, atau nge-hang? Tentu sangat menyebalkan sekali. Oleh sebab itu kalian harus mencari cara agar tetap nyaman bermain game kapan dan di mana saja kalian berada.

Ini dikarenakan smartphone Android seringkali masih kewalahan dengan beberapa masalah keterlambatan, masalah menguras baterai, masalah stabilitas. Karena itu, kalian harus mencari trik khusus agar kinerja game di Android tetap lancar jaya.

Di bawah ini adalah beberapa cara agar smartphone kalian tidak lemot dan lag lagi, Gaes.

Aktifkan opsi pengembang 

Supaya meningkatkan kinerja Android saat kalian bermain game, kalian harus mengaktifkan pengaturan pengembang smartphone Android.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Android .

Caranya buka pengaturan perangkat Android, lalu pilih tentang telepon. Di sini kalian akan melihat nomor Build, ketuk 7 kali di atasnya. Lalu scroll ke bawah, cari opsi Force 4x MSAA. Aktifkan opsi tersebut. Terakhir reboot ponsel kalian.

Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Kalian harus bisa memilih aplikasi yang benar-benar ingin kalian apakai gunakan. Hapus aplikasi yang tidak penting dengan meng-uninstallnya. Karena, setiap aplikasi yang terpasang di telepon membutuhkan ruang dan sebagian besar aplikasi berjalan di latar belakang. Seluruh proses membuat kecepatan smarpthone lambat.

Matikan layanan latar belakang

Layanan latar belakang punya peran utama untuk memperlambat kecepatan ponsel Android. Aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, Gmail, dan lainnya. Membuat sebagian besar pengolah sibuk saat berjalan di latar belakang.

Baca Juga : Penyebab Smartphone Android Lemot dan Lag .

Aplikasi ini mengonsumsi ruang RAM dan juga menguras baterai. Walaupun saat ini sebagian besar smartphone menyediakan jumlah RAM yang lebih tinggi yang membantu dalam meningkatkan kinerja smartphone Android. Kalian juga bisa menonaktifkan layanan latar belakang secara manual dari aplikasi tertentu.

Perbarui sistem Android

Selalu pastikan kalian selalu ingat untuk memperbarui pembaruan perangkat lunak terbaru di Android. Periksa apakah ada pembaruan sistem untuk smarthone Android kalian yang perlu diperbarui.

Baca Juga : Cara Menghapus background di Word.

 Ini karena, setiap pembaruan sistem disertai dengan beberapa perbaikan bug yang memberikan stabilitas, kinerja tinggi, fitur-fitur baru untuk Android. Kalian bisa memeriksa versi Pembaruan Sistem di bawah opsi About Phone pada perangkat Android.

Gunakan aplikasi peningkatan kinerja game

Saat ini banyak aplikasi tersedia di Google Play Store. Kalian bisa menginstal aplikasi-aplikasi itu ke telepon untuk meningkatkan kualitas grafis dan kinerja perangkat. 

Sebagian besar aplikasi game boost hadir dengan pengaturan fitur khusus yang hanya berguna saat bermain game atau dapat mengubah pengaturan secara manual. Kalian bisa mencoba aplikasi seperti DU Speed Booster, Swift Gamer, Game Booster, Systweak Android Cleaner, ataupun aplikasi lainnya.

Matikan Animasi

Matikan semua hal animasi pada layar Android kalian untuk meningkatkan kinerja ponsel. Caranya buka opsi pengembang telepon. Lalu scroll ke bawah dan cari skala animasi jendela. Kemudian pilih skala animasi 10x. 

Baca Juga : 7 Tips bermain Game Online atau Offline Bagi Pemula.

Kalau kalian memilih pilihan ‘Animasi Mati’, maka layar smartphone kalian akan muncul tanpa animasi.

Perbarui game

Secara umum, pengembang merilis tambahan untuk memperbaiki masalah pengoptimalan dan menghapus bug yang bisa menyebabkan keterlambatan. Memperbarui game adalah cara terbaik untuk memastikan smartphone kalian aaa build terbaru dari pengembang dan kalian tidak akan menghadapi masalah optimasi.

Matikan mode hemat daya

Mode hemat daya di sebagian besar smartphone bisa membatasi kerja CPU dan umumnya mengurangi daya pemrosesan untuk menyediakan baterai yang lebih tahan lama.

Baca Juga : Cara Setting Access Pont Paling Mudah .

Tetapi, ini bisa menjadi masalah ketika kalian akan bermain video game yang membutuhkan banyak kekuatan pemrosesan. Mematikan mode hemat daya akan memastikan perangkat bisa berjalan pada frekuensi optimal. Cara ini juga bisa memindahkan semua sumber daya ke game, daripada bertujuan untuk menghemat masa pakai baterai.

Bersihkan penyimpana

Penyimpanan yang hampir habis dijamin bisa membawa smartphone lemot. Kalian bisa mengetahui apa yang bisa kalian hapus dengan membuka menu “Pengaturan” dan mengetuk “Penyimpanan”.

Baca juga :  Cara Mengatasi Unsend Chat di Whatsapp Lebih dari 7 Menit.

Di sini kalian akan melihat pilihan data dalam cache, Gambar dan Video, Audio, Aplikasi dan data aplikasi. Data yang di-cache berguna untuk mempercepat penggunaan umum dengan menyimpan bit data yang sering diakses sehingga tidak perlu diunduh berulang kali.

Instal aplikasi versi lite

Kalian yang tidak ingin unistall aplikasi favorit, bisa memakai aplikasi versi lite. Sudah banyak aplikasi yang menyediakan lite, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Messenger, maupun Google. Aplikasi versi ini membutuhkan ruang lebih kecil dibandingkan dengan versi aslinya.

Itu tadi, Gaes. Cara agar kalian bisa mengatasi lemot atau lag dalam smartphone andorid.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.