Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di Windows

0

Manfaat mempunyai perangkat android salah satunya adalah bahwa kalian bisa mentransfer file dari PC ke smartphone atau sebaliknya, tanpa batasan. Kalian bisa mentransfer berbagai file mulai dari gambar, foto, lagu, video, data word, pdf dan file lainnya dengan mudah. Memang banyak kegiatan kalian yang jadi terbantu dan lebih mudah dengan adanya smartphone. 

Akan tetapi, apa jadinya saat tiba-tiba perangkat android kalian tidak bisa tersambung ke PC?  Hal ini pastinya akan mengganggu bukan? Ditambah lagi kalau file yang ingin kalian pindahklan adalah file yang penting bagi kalian.

Baca Juga ; Cara Mengatasi Unfortunatelly APP Stopped di Android

Pasti masalah ini membuat kalian menjadi jengkel karena mengalami hal tersebut. Mungkin dari kalian pernah mengalami situasi ini dan kalian kebingungan untuk memperbaikinya?

Pada dasarnya ini bisa diatasi dengan mudah, akan tetapi juga tergantung dari penyebabnya. Setiap masalah tentu saja berbeda cara mengatasi antara penyebab satu dengan yang lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki android yang tidak terdeteksi di Windows. Berikut ini saya sudah merangkumnya. Kalian tinggal menyimak dan mempraktekkannya nanti.

Pastikan Kabel Data USB Tidak Rusak

Peneyaban smartphone kalian tidak terdeteksi sebab bisa jadi kabel USB rusak. Saat pertama kali kalian membeli smartphone pasti sudah disediakan kabel USB bawaan yang bisa dipakai untuk menghubungkan smartphone android ke komputer.

Baca Juga : Cara Mengatasi kartu SIM Tidak Terbaca Atau Error

Apabila ternyata benar bahwa kabel USB kalian memang rusak atau kalian ingin mengecek kabel USB kalian, maka cobalah menyambungkan smartphone ke PC atau laptop memakai kabel USB yang lain.

Colokkan Kabel Data ke Port USB yang Berbeda

READ  Tips Menghapus Iklan di Youtube Android

Disebabkan seringnya penggunaan, biasanya Port USB di bagian depan lebih cepat rusak daripada Port USB bagian belakang pada komputer kalian.

Karena itulah, ini bisa saja penyebab kenapa smartphone kalian tidak terdeteksi adalah karena Port USB nya tidak berfungsi. Oleh sebab itu cobalah pindah kabel data ke port USB bagian belakang PC kalian. Dan karena port USB belakang terhubung langsung ke motherboard, tidak ada salahnya kalau kalian memakai port USB bagian belakang untuk aktifitas transfer file.

Baca Juga ; Cara Mengatasi Headset Atau Headphone Tidak Terdeteksi di Windows 10

Menginstall Update Driver USB Android

Meskipun pada bawaan windows ada driver generik USB , tetapi belum tentu semua perangkat android bisa kompatible dengan driver bawaan tersebut. Karena itu kalian harus selalu menginstal driver USB yang disediakan oleh produsen smartphone kalian di PC yang ingin kalian hubungkan.

Instal Ulang Driver USB Android

Apabila sebelumnya kalian sudah menginstal drivers USB android namun tetap saja smartphone kalian tidak terdeteksi, cobalah untuk menginstal ulang driver tersebut.

Cara uninstall driver smartphone adalah masuk ke Device Manager pada windows lalu kalian cari telepon kalian. Kemudian kalian klik kanan dan uninstal. Sesudah driver USB yang dihapus, putuskan sambungan samartphone dan segera restart PC kalian.

Baca Juga : Mencari Sebab Dan Solusi Kartu SIM Tidak Terintall.

Ketika PC kalian menyala setelah di restart, langsung hubungkan perangkat android dengan PC dan windows update harus secara otomatis mencari driver untuk smartphone dan menginstalnya.

Kalau update Windows tidak bisa menemukan dan menginstal driver untuk perangkat Android kalian, Kkalian bisa men-download driver smartphone kalian.

Pastikan Android Memakai Mode MTP

READ  Cara Mengatasi Nomor Smartfren Tidak Bisa Telepon dan SMS

Masalah ini memang kadang terlupakan oleh pengguna android dimana perangkat kalian terhubung sebagai PTP bukan MTP. Untuk mengubahnya cukup mudah kok caranya.

Pertamanya, kalian masuk ke menu Pengaturan, lalu klik Storage atau Penyimpanan. 

Kemudian, tap atau klik icon  yang ada di pojok kanan atas dan pilih USB Computer Connection.

Baca Juga : Menyembunyikan Tanda Pesan Sudah Terbaca Whatsapp

Setelah itu klik opsi Media Device (MTP). Lalu aktifkan USB Debugging. Dan apabila kalian memakai alat-alat lain seperti ODIN, ADB untuk menyambungkan android kalian dengan PC, penting sekali untuk kalian mengaktifkan USB Debugging agar bisa terhubung. Kalau android kalian memakai Versi 4.2 ke bawah maka untuk mengaktifkanya cukup mudah.

Terakhir, jika kalian sudah mencoba cara yang lain tapi android tetap tidak bisa terdeteksi kemungkinan besar hardware USB Port kalian sudah rusak. Satu-satunya cara adalah membawa ke tempat service smartphone resmi terdekat.

Semoga beberapa cara di atas bisa bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.