Cara Mengatasi Baterai Boros karena WhatsApp

0

Aplikasi WhatsApp seperti nafas untuk kehidupan setiap orang sekarang. Banyak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Baik komunikasi, berkirim data, gambar, foto, video, ataupun link ke sebuah situs.

WhatsApp memberi kemudahan komunikasi dengan fasilitas video call, tak lagi sekedar SMS atau telepon tanpa tahu bagaimana keadaan orang yang kita hubungi.

Nah, entah orangtua, remaja, dan bahkan anak-anak pasti memakai aplikasi Whatsapp bukan? Salah satu media sosial yang mempunyai banyak fitur unik dengan kemudahan berinteraksi yang membuat penggunanya betah.

Tetapi, WhatsApp ini ternyata mampu menguras baterai, Gaes! Apakah kalian salah satunya yang merasakan WhatsApp buat smartphone jadi boros?

Kalau iya, maka kali ini saya akan bagikan tips buat kalian, penyebab dan cara mengatasi baterai boros karena aplikasi WhatsApp.

Cara Mengatasi Baterai Boros karena WhatsApp

WhatsApp atau yang disingkat WA adalah sebuah aplikasi pengirim pesan yang dimanfaatkan secara online di smartphone segala macam merk dan tipe.

WA pertama kali dirilis pada 2009 lalu dan bisa diunduh secara gratis untuk Android dan iOS, selain digunakan dalam aplikasi, WA juga tersedia dalam bentuk web.

Pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya secara gratis. Kalian hanya membutuhkan smartphone dan internet untuk dapat menikmati layanan WA.

WhatsApp terus berkembang dan mempunyai pengguna yng sangat banyak. Dikutip dari Bussiness of Apps, WA memiliki kurang lebih 1,5 miliar pengguna dan terus berkembang sampai sekarang.

Banyaknya pengguna WA juga mendorong para pengembang pihak ketiga untuk melakukan ‘MOD untuk aplikasi WA’ supaya kegunaannya lebih beragam.

Contoh MOD WhatsApp diantaranya adalah GB WhatsApp, YO WhatsApp, OG Whatsapp, dan banyak lagi. Meskipun mempunyai fitur yang lebih beragam, aplikasi ini sebetulnya ilegal.

Nah, jika kalian adalah salah satu pengguna WA. Apakah kalian merasakan WA terlalu menguras baterai kalian?

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Kuy, simak penyebab dan solusinya berikut ini:

WhatsApp Web

Penyebab WA bikin baterai smartphone boros adalah menghubungkannya dengan WhatsApp Web. Fitur ini adalah versi WA yang bisa kalian pakai lewat browser atau software di PC.

Meskipun terbilang bermanfaat, tapi fitur ini adalah penyedot baterai terbesar yang ada di aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Web harus terhubung dengan WhatsApp di smartphone kalian. Dengan begitu setiap ada update baru pada WA maka akan terkoneksi juga dengan WhatsApp Web.

Hal inilah yang membuat WA memakan banyak baterai pada smartphone kalian. Belum diketahui metode apa yang digunakan oleh WA sehingga dapat menguras baterai.

Untuk menghindari hal ini, kalian cukup menghapus atau Log Out akun yang tersambung dengan WA di smartphone kalian. Berikut adalah cara untuk menghapus atau Log Out WhatsApp Web.

Langkah pertama, buka WA di smartphone, lalu klik WhatsApp Web. WhatsApp Web bisa kalian akses lewat simbol titik tiga yang ada di pojok kanan atas halaman utama WA.

Selanjutnya, pilih Log out from all device. Selesai kalian log out dari WhatsApp Web, seharusnya WA kalian sekarang berhenti menyedot baterai secara berlebihan.

Apabila masih terasa boros, kalian bisa mematikan Background App WhatsApp pada smartphone kalian. 

Background Data

Background Data adalah data yang berasal dari aplikasi yang sedang tidak aktif digunakan. Background Data juga tetap beroperasi meskipun smartphone dalam keadaan terkunci.

Background Data ini bentuknya seperti notifikasi berita atau update terbaru. Nah, kalau cara di atas belum bisa menghindari baterai boros karena, WA, kalian bisa mematikan Background Data WA di smartphone. Tetapi, dengan mematikan fitur ini, kalian tidak akan mendapat notifikasi dalam bentuk apapun dari WA, Gaes. 

Pertama kali, buka App di Setting HP kamu, lalu pilih aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih Mobile data, dan matikan fitur background data

Smartphone kalian mungkin mempunyai menu yang berbeda. Tetapi, fitur background data ini bisa kalian matikan di dalam pengaturan aplikasi.

Dengan mematikan fitur ini, maka smartphone kalian seharusnya sudah aman dari aplikasi yang boros baterai.

Tidak hanya WhatsApp, ada juga beberapa aplikasi lainnya yang harus kalian waspadai karena memakan baterai dengan cepat. Aplikasi ini kecuali game, ya.

Karena bermain game apapun selama berjam-jam (apalagi kalau game-nya adalah game berat seperti PUBG) pasti akan menyebabkan smartphone menjadi boros baterai.

Gaes, WahatsApp memang bisa jadi aplikasi yang penting untuk kalian, entah dipakai untuk kerja atau berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi jangan sampai aplikasi ini menguras smartphone kalian.

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi baterai boros karena WhatsApp. Semoga bisa bermanfaat ya, Gaes!

 

READ  Cara Mengunci File atau Folder di Windows 10

Leave A Reply

Your email address will not be published.