Cara Mengatasi Bootloop di Android

0

guys!Hello 

Bootlop adalah mimpi buruk bagi para pengguna Android. Smartphone akan berputar – putar di boot screen ketika mengalami bootloop ini, tidak bisa masuk ke dalam sistem. Hal tersebut menyebabkan ponselmu tidak akan bisa digunakan. Ada beberapa cara dalam mengatasi bootloop ini. Namun, cara mengatasinya cukup sulit karena setiap ponsel memiliki cara yang berbeda. Bootloop biasanya juga menyebabkan data yang ada dalam perangkat Android tersebut akan terhapus. 

Bootloop bisa terjadi dengan tiba – tiba. Tak ada angin dan tak ada hujan sebelumnya. Biasanya terjadi karena kita sedang melakukan hal – hal yang berkaitan dengan sistem Android. Beberapa penyebab terjadinya bootloop adalah sebagai berikut:

 

  • Setelah menginstall Mod

 

Bootloop bisa terjadi setelah kita menginstall mod untuk sistem Android. Masalah ini terjadi karena mod yang diinstall tidak kompatibel dengan ROM pada Androidmu. Tak hanya itu, mod yang tidak disusun dengan baik juga dapat mengakibatkan terjadinya bootloop. 

 

  • Kesalahan dalam mengatur permission

 

Kesalahan mengatur permission sebuah file juga dapat menyebabkan terjadinya bootloop. Hal ini terjadi karena sistem operasi Android sangat bergantung pada permission sistem yang benar. Oleh karena itu, perlu berhati – hati saat memberikan permission pada suatu file atau aplikasi. 

 

  • Restore sistem backup

 

Bootloop juga dapat terjadi ketika melakukan restore file yang berkaitan dengan sistem. Masalah ini juga dapat timbul oleh dalvik-cache lama yang tidak terhapus secara sempurna.

Nah, itulah beberapa penyebab terjadinya bootloop. Kali ini kita akan bahas cara mengatasi bootloop di perangkat Android. Yuk simak ulasan berikut!

 

  • Selalu bersihkan dalvik cache sampai tuntas

 

Dalvik cache yang lama perlu dihapus, supaya sistem menggantinya dengan yang baru. Pertama, matika dulu perangkat Androidmu dengan cara melepas baterainya. Setelah itu, diamkan selama 2 sampai 3 menit. Jika baterai Androidmu termasuk baterai tanam dan tidak bisa dilepas, tekan tombol power sampai perangkat mati total. 

Setelah itu, nyalakan perangkat dan masuk ke dalam recovery (CWM, TWRP, dan sejenisnya). Caranya berbeda di tiap perangkat, bisa dengan menekan tombol volume down atau tombol home. Setelah masuk ke dalam recovery, pilih menu advanced. Setelah itu pilih opsi wipe dalvik-cache. Kemudian, buka menu Mounts & storage. Selanjutnya, pilih opsi wipe/cache. Lalu lakukan reboot. 

 

  • Hapus beberapa data

 

Jika bootloop tidak teratasi dengan menghapus dalvik cache. Kamu perlu mencoba mengatasinya dengan menghapus data. Pastikan kamu sudah mencadangkan data yang ada di perangkat Androidmu terlebih dahulu. Cara menghapus data tersebut adalah dengan masuk ke recovery. Setelah itu, pilih menu backup & restore. Lalu, pilih backup, buka menu mounts & storage. Kemudian, pilih wipe/data, pilih wipe/cache. Lalu lakukan reboot. 

 

  • Menggunakan flash ROM yang baru

 

Jika kedua cara diatas masih belum efektif. Kamu harus mengganti flash ROM Androidmu. Kemungkinan, custom ROM yang digunakan sudah rusak atau tidak kompatibel dengan perangkat Androidmu. Kamu bisa mengunduh dan menginstall custom ROM yang baru. Caranya adalah dengan masuk ke recovey. Pilih install zip. Cari custom baru yang baru didownload, lalu install. Kemudian lakukan reboot. 

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi bootloop secara umum. Selamat mencoba ya!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.