Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

Masalah ini biasanya terjadi pada beberapa merek smartphone. Misalnya Xiaomi, Samsung, Vivo, dan OPPO. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga menimpa smartphone merk lainnya. Kebanyakan browser yang terbuka sendiri adalah Google Chrome, opera, uc browser maupun Mozilla firefox. Yang terpenting, ia adalah browser yang dijadikan sebagai bawaan android dan akan terbuka dengan sendirinya.

0

Masalah browser terbuka sendiri ini memang sering muncul dan waktunya pun tidak menentu. Kebanyakan browser yang terbuka sendiri adalah Google Chrome, opera, uc browser maupun Mozilla firefox. Yang terpenting, ia adalah browser yang dijadikan sebagai bawaan android dan akan terbuka dengan sendirinya.

Pernah mengalami saat sedang asyik berselancara di media sosial, tiba-tiba browser di smartphone kalian terbuka sendiri? Kalau iya, maka kalian bisa baca artikel ini sampai habis. Akan ada beberapa cara untuk kalian dapat mengatasi browser terbuka sendiri di smartphone android.

Masalah browser terbuka sendiri ini memang sering muncul dan waktunya pun tidak menentu.

Karena itu, aktivitas kalian pun jadi terganggu. Baik ketika sedang asyik main game, chatting, telepon, stalking di sosmed, dan lainnya.

Masalah ini biasanya terjadi pada beberapa merek smartphone. Misalnya Xiaomi, Samsung, Vivo, dan OPPO. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga menimpa smartphone merk lainnya.

Kebanyakan browser yang terbuka sendiri adalah Google Chrome, opera, uc browser maupun Mozilla firefox. Yang terpenting, ia adalah browser yang dijadikan sebagai bawaan android dan akan terbuka dengan sendirinya.

Apa sebab browser muncul sendiri di android? Sebabnya ada banyak, tapi baisanya yang paling sering kalian temui adalah karena virus.

Penyebab dan Cara Mengatasi Browser Muncul Sendiri

Install antivirus terbaru di playstore

Cara petama untuk menghentikan browser terbuka sendiri yaitu dengan install antivirus. Virus malware sekarang ini bisa membuat komponen serta sistem android rusak.

Akibatnya adalah aplikasi jadi keluar sendiri dan tiba-tiba tab browser terbuka sendirinya secara waktu yang tidak pasti.

Karena itu, silahkan install antivirus di playstore dan scan secara keseluruhan androidnya.

Berhentikan paksa dan hapus aplikasi mencurigakan

Masalah ini biasa terjadi pada smartphone Samsung. Umumnya akan ada aplikasi yang tidak disengaja kalian download.

Ciri-ciri dari aplikasi yang mencurigakan yaitu nama aplikasinya acak-acakan. Ketika sudah ketemu, jangan lupa untuk dihapus. 

Pertamanya, kalian masuk dahulu ke pengaturan, lalu klik apl (apps). Selanjutnya klik menu aplikasi yang sedang berjalan.

Setelah itu klik aplikasi yang mencurigakan. Misalnya,  aplikasinya bernama com.aq63d.HWvr18qZIp. Kemudian kalian bisa klik aplikasinya, dan terakhir klik Berhenti Paksa.

Masalah sistem

Bisa jadi sistem android kalian bermasalah. Kalau begitu, solusinya adalah memakai reset pabrik atau biasa disebut juga factory data reset.

Lakukan backup dulu karena semua data bisa terhapus. Kemudian kalian bisa masuk ke pengaturan android. Dan klik Application Manager (Aplikasi manager). Klik lagi Backup and restore. Dan terakhir klik Factory data reset

Apabila semua cara di atas sudah kalian coba dan masih tidak berhasil, kalian bisa buka ROM. 

Untuk kalian yang mempunyai ROM distribusi, maupun ROM yang download di internet, maka kemungkinan hal ini terjadi disebabkan ROM nya sudah disisipi hal yang mencurigakan.

Lebih baik jika kalian segera ganti ROM resmi versi terbaru.

Itu tadi  penyebab serta bagaimana cara mengatasi browser terbuka sendiri di smartphone android yang bisa kalian lakukan.

Kalau ada pertanyaan Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

 atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian tidak akan terganggu lagi saat bermain game ataupun sedang melakukan sesuatu yang penting. Kalian dapat melakukan cara ini pada semua jenis smartphone andorid.

Leave A Reply

Your email address will not be published.