Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Dibuka di PC atau Laptop

Software dari google ini memang paling diminati sebab mempunyai ukuran yang kecil dan lebih simpel saat kalian operasikan. Meskipun begitu ada juga masalah yang jadi hambatan ketika kalian ingin menjalankan browser ini.

0

Masalahnya seperti software yang sulit dibuka, bahkan pada beberapa kondisi software ini tidak bisa dibuka sama sekali. Tentunya ini membuat kalian tidak nyaman ketika hanya mempunyai satu browser dan sangat membutuhkannya untuk keperluan tugas atau yang lainnya.

Apakah kalian pernah mengerjakan tugas dan mencari informasi di Chrome tapi kesal tidak bisa dibuka di laptop kalian? Cari tahu bareng yuk penyebabnya apa.

Sampai saat ini memang banyak software yang bisa kalian gunakan untuk menjelajah internet. Yang paling populer di Indonesia sendiri adalah Google Chrome.

Software dari google ini memang paling diminati sebab mempunyai ukuran yang kecil dan lebih simpel saat kalian operasikan.

Meskipun begitu ada juga masalah yang jadi hambatan ketika kalian ingin menjalankan browser ini.

Masalahnya seperti software yang sulit dibuka, bahkan pada beberapa kondisi software ini tidak bisa dibuka sama sekali. Tentunya ini membuat kalian tidak nyaman ketika hanya mempunyai satu browser dan sangat membutuhkannya untuk keperluan tugas atau yang lainnya.

Kinerja Hard Disk yang Menurun

Salah satu sebab browser tidak bisa dibuka adalah karena adanya kerusakan pada penyimpanan kalian.

Data atau file sistem yang rusak umumnya disebabkan performa atau kesehatan hard disk yang menurun, bahkan untuk membaca data pun akan kesulitan.

Dalam situasi seperti ini kalian bisa saja menyia-nyiakan waktu membuka browser yang error.

Untuk mengecek performa hard disk, pakailan bantuan software seperti Hard Disk Sentinel. Disana kesehatan serta performa hardisk akan ditampilkan dalam bentuk persentase 0-100%.

Jika kesehatan hard disk sudah menurun sampai 0% maka solusinya adalah menggantinya.

Adanya Virus yang Menyerang Laptop  atau PC 

Virus atau Malware yang ada di penyimpanan data juga bisa mempengaruhi performa komputer dan menyebabkan lemot.

Penyebabnya seperti download file dari website yang tidak terpercaya bisa menjadi pintu masuk bagi virus ke perangkat.

Karena itu, selalu siap siaga instal antivirus resmi yang bisa membantu Anda untuk mencegah maupun membasmi virus.

Untuk menyingkirkan virus atau malware, kalian buka software antivirus yang sudah kalian install sebelumnya. Lalu kalian scan secara menyeluruh dan tunggu sampai selesai.

Apabila scanner menampilkan adanya virus, bersihkan dengan sekali klik. Jika sudah, lakukan install ulang pada chrome.

Kerusakan Pada Browser

Tanda-tanda terjadinya kerusakan pada google chrome adalah program yang tiba-tiba keluar saat kalian gunakan atau sering sekali tidak merespon (lemot).

Untuk mengatasinya, kalian uninstall lalu menginstall ulang kembali.

Cara untuk mencopot software dengan aman adalah pertamanya, Masuklah ke start menu, kemudian ketik “programs” . Selesai program yang dimaksud muncul jalankan dengan mengekliknya.

Di sini ada banyak software yang sudah kalian install, cari Google Chrome lalu klik dua kali dan ikuti instruksinya.

Sesudah browser tadi menghilang kalian bisa restart komputer atau laptop. Ketika menyala kembali kalian dapat  instal ulang maupun mendownloadnya lagi supaya memperoleh versi yang lebih baru .

Temporary File yang Menumpuk

File temporary contohnya riwayat browser, riwayat unduhan, password dan lain sebagainya. Kalau menghapusnya secara manual tidak memungkinkan maka pakai saja software pembersih file sampah untuk PC.

Kalau ingin yang berbayar kalian bisa memakai Ccleaner.

Google Chrome Sedang Melakukan Pembaruan

Ini bisa jadi penyebab chrome kalian tidak terbuka. Untuk mengatasinya, kalian bisa memakai windows task manager.

Ada sua cara untuk memasuki task manager, yang pertama mencarinya di start menu. Dan kedua, dengan mengkombinasikan tombol keyboard dan menekannya bersamaan, dengan kombinasi CTRL + ALT + DEL

Sesudah kalian menekannya, kalian akan diarahkan ke lock screen, dan task manager biasanya ada pada pilihan paling bawah. Tap opsi task manager, sesudah masuk kalian akan melihat beberapa program yang sedang berjalan

Di antara program-program itu klik google chrome, lalu tekan end process.

Ketika program terhenti cobalah untuk membukanya kembali, kemudian Restart komputer kalau browser masih tidak bisa dibuka setelah melakukan prosedur tadi.

Baca Juga :

Selamat mencoba! Nah, dengan begini kalian tau apa yang harus dilakukan ketika Google Chrome tidak bisa dibuka pada laptop ataupun PC kalian. Kalian juga jadi tau penyebab – penyebab terjadinya tidak bisa terbukannya Google Chrome pada PC atau Laptop kalian.

READ  Cara Paling Mudah Masuk FYP TikTok, Patut Dicoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.