Cara Mengatasi File Exe Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

1

Apabila kalian sudah biasa memakai komputer atau laptop, maka sudah tidak asing lagi dengan format file exe. Exe adalah file atau berkas yang bisa dieksekusi dan biasanya berbentuk aplikasi atau software.

Ada beberapa masalah yang sering timbul dari file exe tersebut, salah satunya adalah file exe tidak bisa dibuka di windows 10.

Baca Juga : Mengatasi Windows License Will Expire Soon

Hal ini dapat disebabkan banyak hal, baik dari file exe yang rusak atau corrupt, virus dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya, kalian bisa menyimak beberapa cara mengatasi file exe tidak bisa dibuka di windows 10 yang sudah saya rangkum berikut. 

Perbaiki Exefile Melalui Registry Editor

Apabila kalian mengalami masalah saat sedang membuka sebuah file dengan format .exe, maka kalian dapat memperbaikinya lewat registry editor atau regedit. Ada beberapa value yang harus kalian tambahkan pada exefile yang berada di regedit.

Langkah pertama, silahkan buka registry editor, caranya klik tombol keyboard windows + r, lalu ketik regedit dan klik enter. Setelahnya masuk ke file HKEY_CLASSES_ROOT > .exe

Kemudian, klik kanan pada bagian default, dan tap opsi modify. Nanti pada bagian value data, silahkan ubah menjadi exefile, lalu klik OK. Setelah itu buka folder HKEY_CLASSES_ROOT > exefile

Lalu pada bagian default, silahkan klik kanan lalu klik opsi modify. Pada bagian value data, silahkan ganti menjadi “%1” %*, lalu simpan dengan tap opsi OK.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Kemudian yang ketiga pada bagian folder HKEY_CLASSES_ROOT > exefile > shell > open

Klik kanan pada bagian defaul, pilih modify dan pada bagian value data ganti dengan “%1” %* dan klik OK.

Sesudah melakukan perubahan di atas, silahkan restart komputer atau laptop kalian.

Tambahkan Task Baru

File exe tidak bisa dibuka di windows 10, bisa saja disebabkan terjadinya error pada file yang berhubungan dengan .exe, oleh sebab itu kalian perlu memperbaikinya dengan menambahkan task baru lewat task manager.

Pertama-tama, kalian buka task manager dengan 3 cara seperti cara-cara di atas tadi. Kemudan setelah task manager terbuka, klik menu fle di bagian atas, kemudan klik Run New task.

Pada kolom yang tersedia, silahkan ketik cmd dan notepad. Jadi ada 2 program yang harus kalian buka dan lakukan langkah ke-2 secara berulang.

Di notepad yang terbuka, silahkan copy paste code di bawah ini.

Baca Juga : Cara menggabungkan file PDF dengan FOXIT Reader

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithList]

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithProgids]

“exefile”=hex(0):

Selanjutnya kalian tekan menu file di bagian atas, pilih save as, pada bagian save as type ubah menjadi All Files dan pada bagian encoding ubah menjadi Unicode

Pada bagian file name, silahkan kalian isi Exe.reg dan simpan ke C:\Users\profile_windows_anda

Kemudian buka kembali cmd yang kalian buka lewat run new task tadi, kemudian ketik c:\Users\profile_windows_anda\Exe.reg dan tekan enter

Untuk melihat perubahan, silahkan restart terlebih dahulu komputer atau laptop kalian.

Scan Antivirus

 

Apabila komputer atau laptop yang kalian punya terkena virus, maka akan banyak sekali masalah yang muncul, salah satunya file exe tidak bisa dibuka.

Baca Juga : Cara Mengunci folder

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian scan pc atau laptop kalian memakai antivirus terbaik atau bisa juga memakai antivirus bawaan windows 10, yaitu windows defender. Apabila ada virus yang terdeteksi, silahkan hapus.

Itu tadi cara untuk mengatasi file exe tidak bisa dibuka di windows 10. Semoga bisa bermanfaat.

salam teknologi!

1 Comment
  1. Deardo says

    Lah kok saya cba cara pertama malah semua aplikasi gk bisa di buka.. gimana cra benerinya tuh..

Leave A Reply

Your email address will not be published.