Cara Mengatasi Foto dan Video Hilang dari Galeri Smartphone

0

Mungkin kalian satu dari sekian orang yang suka mengabadikan setiap momen dengan foto dan video. Suka menyimpan semua momen itu di galeri smartphone kalian. Tapi, kenapa tiba-tiba semua data gambar dan video itu menghilang dari galeri? Apa ada yang salah? Kan kita nggak hapus sama sekali?

Oke deh. Di sini saya mau kasih dulu buat kalian beberapa penyebab yang bisa membuat foto dan video tiba-tiba hilang di memori atau galeri smartphone kita.

Penyebab Foto dan Video Hilang dari Memori atau Galeri Smartphone

Gaes, ada beberapa penyebab keapa file di smartphone Android kita tiba-tiba hilang. Penyebabanya bisa jadi karena salah satu dari hal berikut ini.

Smartphone Terkena Virus

Perlu kalian tahu juga ya, Gaes. Smartphone pun meski berbasis Android, iPhone, dan lainnya tetap bisa terkena virus.

Penyebabnya karena kesalahan pemakaian kalian sebagai pemilik smartphone. Misalnya, instal game atau aplikasi yang tidak diketahui sumbernya atau bukan dari Google Play Store.

Di samping itu, virus juga masuk karena kalian membuka situs-situs atau blog yang mengandung malware. Semakin sering kalian membuka situ bervirus itulah yang mungkin membuat file di smartphone jadi hilang tiba-tiba sampai file corrupt.

Smartphone Tidak diupdate Lama

Untuk melindungi dari malware dan virus, sebaiknya kalian update smartphone secara berkala. Walau pun cukup membuat memori membengkak, tapi lebih baik daripada file-file penting kalian hilang terkena virus.

Tidak Membersihkan Cache atau File Sampah

Setiap smartphone sebenarnya sudah disediakan tools untuk membersihkan smartphone dari chache atau file sampah. Tapi kadang tools ini sering diabaikan, padahal ia bisa membantu melonggarkan kapasitas RAM dan memori smartphone.

Memori Penuh

Pastikan memori samartphone kalian cukup saat ingin merekam video dalam durasi yang lama. Kalau tidak, video kalian tidak akan tersimpan meski awalnya masuk ke galeri smartphone.

Menyimpan foto atau video hasil download media sosial

Kalian juga perlu hati-hati saat download gambar atau video dari media sosial. Biarpun kontennya bermanfaat tapi belum tentu encode videonya baik. Bisa saja disisipi kode yang mengandung virus atau malware. Terutama bagi kalian yang suka main WhatsApp, download file dari Facebook, Instagram, Line, Telegram, dan lainnya.

Cara Mengatasi Foto dan Video Hilang dari Galeri Smartphone

Setelah kalian tahu penyebab foto dan video di smartphone kalian tiba-tiba hilang, pasti sudah tahu kan apa yang harus kalian lakukan.

Nah, di bawah ini beberapa cara tambahan untuk mengatasi masalah tadi ya, Gaes.

Turn Off Smartphone

Pertamanya, kalian matikan atau turn off smartphone kalian. Kemudian lepaskan SIM Card dan kartu memori. Kalau baterai bisa dileps, maka lepaskan dahulu.

Beberapa menit kemudian pasang kembali perangkat yang tadi dilepas. Kemudian hidupkan smartphone kalian.

Instal ES File Explorer

Kalian bisa download aplikasi ES File Explorer di Google Play Store atau klik https://apkpure.com/id/es-file-explorer-file-manager/com.estrongs.android.pop

Kalau sudah selesai, buka folder yang berisi gambar, musik, video di smartphone kalian.

Perhatikan, apakah ada file bernama .nomedia kalau ada, hapus saja file tersebut.

Selanjutnya restart atau reboot smartphone kalian.

 

ROOT 

Pakai aplikasi Rescan Media (ROOT). Untuk menjalankan aplikasi ini, kalian harus memastika smartphone kalian sudah di ROOT sebelumnya.

Langkah pertama, download dan install aplikasi Rescan Media (ROOT) apk. atau klin link ini https://apkpure.com/id/rescan-media-root/com.addz.mediascannerroot

Jalankan aplikasinya. Llau tap pada tombol Re-enable Media Scanner. Tunggu sampai ada notifikasi Done

Kemudian kembalilah dulu, lalu buka galeri smartphone kalian dan tunggu beberapa saat. Nantinya file-file akan ditampilkan. Selesai.

Nah, demikian, Gaes, beberapa cara untuk mengatasi foto dan video yang hilang dari galeri smartphone kalian.

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.