Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti di HP Android

0

Apa kalian pernah mengalami masalah terkait aplikasi Gboard dari Google? Ya. Sebagian pengguna ada yang  yang tidak bisa memakai Gboard untuk mengetik dan muncul pesan bertuliskan Gboard telah berhenti.

Adanya masalah ini pastinya membuat kalian sebagai pengguna merasa tidak maksimal dalam memakai smartphone. Karena Gboard sangat dibutuhkan untuk mengetik pesan, membuat status, melakukan pencarian, dan yang lainnya.

Yang paling menyulitkanitu, saat sebagian dari kalian memakai Gboard untuk input kata sandi layar, maka efeknya kalian tidak akan berhasil masuk ke menu utama sebab Gboard tidak muncul.

Baca Juga : Cara mengatasi Google Keyboaard Error di Xiaomi

Oleh sebab itu, di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi Gboard telah berhenti. Kalian bisa melihat caranya di bawah ini.

Restart Smartphone

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencoba untuk restart smartphone. Cara ini tidak menjamin apakah aplikasi bisa normal kembali, tapi hal ini tidak ada salahnya untuk kalian coba, siapa tahu Gboard bisa normal kembali.

Update Aplikasi

Cara lainnya, kalian bisa untuk melakukan update pada aplikasi Gboard. Dengan begitu, diharapkan semua bugs dan kerusakan pada Gboard terselesaikan dan aplikasi bisa kalian pakai kembali.

Untuk melakukan update, kalian bisa mengunjungi Google Play atau market store lain yang ada di smartphone Android kalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Kalian hanya cukup membuka Google Play, lalu klik Aplikasi & Game. Kemudian tap opsi Gboard. Setelah itu lakukan Update dan tunggu saja sampai proses selesai.

Hapus Data Aplikasi

Cara lainnya, kalian bisa coba menghentikan dan menghapus data aplikasi. Gboard bisa berjalan normal kembali setelah menghapus data aplikasi lewat manajemen aplikasi.

Yang perlu kalian lakukan hanya membuka menu Settings, lalu klik Pengaturan Tambarah. Tap opsi Manajemen Aplikasi. Klik Gboard. Dan tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Update Sistem Android

Apabila sudah melakukan hapus data aplikasi tetapi masih tidak membuat aplikasi normal kembali, kalian bisa mencoba untuk update pada sistem android kalian. Dengan melakukan hal ini, semoga saja stabilitas sistem dan fitur terasa lebih maksimal lagi.

Baca Juga : 5 Aplikasi Keyboard Android Terbaik 2020

Ingat ya, Gaes. Opsi ini hanya berlaku bagi pengguna yang memang ada notifikasi update sistem.

 

Kalian bisa membuka menu Pengaturan, kemudian klik Pembaruan Sitem. 

Setelah itu, kalian ikuti langkah-langkah update Sistem dari ColorOS OPPO. Kalian bisa menyesuaikan dengan tipe smartphone kalian jika memakai smartphone merk lainnya.

Pakai Aplikasi Keyboard Lainnya

Apabila Gboard masih tidak berjalan normal, ada baiknya jika kalian memakai aplikasi keyboard lain. Bisa jadi Gboard memang masih mengalami bugs pada sisi server-nya bukan dari smartphone yang kalian pakai.

Di Google Play sendiri, ada banyak aplikasi keyboard yang bisa kalian pakai secara gratis seperti Go Keyboard, Cheetah Keyboard, Keyboard Swiftkey, dan lainnya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi masalah pada Gboard android yang tidak muncul saat ingin kalian gunakan. 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop 2

Apabila kalian ada tips lain, kalian bisa menuliskanny di kolom komentar di bawah ini.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian ya, Gaes. Jangan lupa untuk update terus berita dan informasi terkini seputar dunia pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Ada banyak tips keren, review perangkat mobile, game dan lain-lainnya yang pastinya selalu up to date hanya untuk kalian.

Selamat mencoba beberapa tips di atas, dan sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.