Cara Mengatasi Google Keyboard Error di Xiaomi

0

Google Keyboard yang sering disingkat dengan Gboard adalah aplikasi keyboard besutan Google. Software ini bisa dipakai oleh pengguna martphone Xiaomi. Sayangnya, aplikasi keyboard ini masih sering error. Karena itu, di artikel ini saya akan jelaskan cara mengatasi Google Keyboard Error di Xiaomi.

Sebelumnya, saya akan merangkum manfaat dari aplikasi ini. 

Manfaat Gboard (Google Keyboard)

Aplikasi Gboard membuat android kalian terlihat lebih canggih. Karena aplikasi Google Keyboard ini didesain dengan elegan dan kontemporer. Di bawah ini adalah manfaat-manfaat yang lainnya.

Bisa Mengubah Suara Menjadi Text

Manfaat yang pertama adalah bisa mengubah suara menjadi text. Artinya app akan mengetik otomatis kalau kalian memperdengarkan suara ke sana.

Baca Juga : Cara Ganti Keyboard di Xiaomi Dengan Mudah .

Syarat untuk bisa menerapkan sistem ini ialah kalian harus melakukan pengaturan bahasa terlebih dahulu. Fiturnya sudah tersedia di dalam aplikasi Gboard.

Bisa Menjadi Penterjemah Otomatis

Apabila chatting via Gboard kalian bisa melakukannya dengan orang di seluruh dunia. Sekalipun bahasa negara mereka tidak kalian pahami.

Kalian cukup mengetik bahasa Indonesia sistem akan mengubahnya menjadi bahasa lawan bicara. Sedangkan jawaban dari mereka akan diubah software menjadi bahasa Indonesia. Cukup mudah bukan.

Bisa Digunakan Sebagai Pencari Informasi

Di dalam aplikasi Gboard disediakan fitur yang serupa dengan kolom search pada Google. Kalian tinggal klik Ikon G lalu ketikkan KW di sana.

Baca Juga : Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab .

Berikutnya akan muncul informasi yang ingin kalian cari. Jadi kalian bisa membaca artikel informasi tanpa harus keluar dari aplikasi.

Cara Mengatasi GBoard Error atau Terus Berhenti Di Smartphone Xiaomi

Dengan banyaknya manfaat di atas tentu Gboard tidak boleh mengalami error. Sebab jika Gboard terus berhenti (error), tentunya tidak bisa mengetik huruf di smartphone Android kalian. 

Tetapi kalian tidak usah khawatir, berikut saya jelaskan cara mengatasi Google Keyboard Error/Berhenti di Hp Xiaomi.

Update Aplikasi Gboard

Umumnya, error terjadi karena versi aplikasi tidak kompatible dan tidak cocok, atau versi yang diinstall saat ini mempunyai bug. Karena itulah, cara yang pertama yaitu kalian bisa melakukan update aplikasi Gboard.

Pertama-tama, kalian buka aplikasi Play Store kemudian cari menu Aplikasi dan Game Saya. Lalu klik menu Terinstal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Android  Hilang .

Silakan cari aplikasi “Gboard – Google Keyboard”. Kemudian tap opsi “Update” dan tunggu sampai instalasi selesai.

Kalau Gboard sudah di-update, silakan restart smartphone Xiaomi kalian.

Apabila aplikasi Gboard kalian sudah memakai versi terbaru tetapi masih mengalami error, coba liat cara lainnya berikut ini.

Alihkan ke Mode Gboard

Kadang-kadang Gboard error sebab sesungguhnya mode smartphone sedang keluar dari aplikasi. Terutama untuk martphone yang punya aplikasi keyboard lain. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengembalikan smartphone ke mode Gboard. 

Hal yang bisa kalian lakukan adalah membuka Gmail lewat android. Klik di tempat pengetikan Gmail, kemudian lihat bagian keyboard ponsel. Kalian bisa langsung tekan atau tap yang lama pada ikon Globe.

Apabila sudah muncul Ikon Gboard klik di sana. Kalau caranya benar, mode keyboard akan berubah ke Gboard.

Masukkan Gboard ke Daftar Keyboard

Cara mengatasi Gboard Eror di martphone Xiaomi yang ketiga adalah memasukkan kembali Gboard ke daftar keyboard martphone. Ini dilakukan kalau ikon Google Keyboard hilang karena sedang error. 

Pertamanya, kalian buka smartphone Xiaomi. Kemudian masuk ke menu “Setting/Pengaturan”, dan pilih menu “Setelan Tambahan”. Selanjutnya klik “Bahasa dan Masukan”.

Setelah itu, pilih “Keyboard Virtual” dan klik opsi “Mengelola Keyboard”. Llau aktifkan Gboard.

Baca Juga : Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10.

Selesai, ikon Google Keyboard akan muncul kembali karena error sudah teratasi. Sekarang kalian bisa memanfaatkannya  kembali tanpa hambatan-hambatan yang berarti.

Kalau membaca penjelasan di atas, tentu cara mengatasi Google Keyboard error di Xiaomi tidaklah sulit. Setelah membaca dan menerapkan panduan ini, semoga keyboard yang error di smartphone Xiaomi kalian bisa kembali normal.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.