Cara Mengatasi Hotspots Windows 10 Tidak Bisa Aktif

0

Mobile hotspot windows 10 kalian tidak bisa connect, on, diaktifkan ataupun terhubung sehingga muncul we can’t set up? Kalian ingin tahu cara mengatasinya? Berarti kalian ada di artikel yang tepat, Gaes. Di sini saya akan membagikan beberapa cara untuk mengatasi mobile hotspot tidak bisa aktif.

Seperti yang kalian ketahui bahwa windows 10 ada fitur yang dapat mengaktifkan sebuah hotspot wifi. Hal ini bermanfaat kalau kalian memakai LAN pada laptop dan ingin smartphone juga tersambung ke koneksi maka bisa mengaktifkan mobile hotspot.

Baca Juga : Cara Menggunakan VPN pada PC dan Android

Pemakaian mobile hotspot pada windows 10 pun tidak perlu lagi memakai aplikasi pihak ketiga. Sebab fitur mobile hotspot ini sudah ada dari bawaan pabrik.

Walaupun fitur ini benar-benar sudah ada sejak pertama kali kalian beli, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi masalah. Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada mobile hotspot windows 10 ini. Di antaranya, ‘We can’t set up mobile hotspot. Turn on Wi-Fi’. Kemudian ada juga ‘We can’t set up mobile hotspot because your PC doesn’t have an Ethernet, Wi-Fi, or cellular data connection’. Atau juga ‘We can’t share this internet connection because we can’t connect to the cellular network’.

Apabila kalian mengalami hal yang sama, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi masalah pada mobile hotspot di windows 10.

Cara Mengatasi Mobile Hotspot Windows 10 yang Tidak Bisa Aktif

Sharing Jaringan

Yang menjadi masalah yang pertama yaitu mungkin kalian masih lupa untuk melakukan sharing jaringan ke mobile hotspot di windows 10. Kalau benar, maka dapat mengikuti langkah berikut agar hotspot wifi dapat diaktifkan.

Langkah pertama silahkan kalian menuju ke Settings, kemudian klik Network & Internet, dan tap opsi Mobile Hotspot.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Skin PUBG Mobile Gratis

Kemudian lihat pada bagian Related Settings (bagian kanan), silahkankalian klik tombol Network and Sharing Center. Selanjutnya klik pada bagian Connections: Ethernet (sesuaikan dengan koneksi kalian sekarang).

Pada jendela Wi-FI Status, silahkan kalian klik Properties untuk menlanjutkan pengaturan lainnya.

Nanti akan ada dua tab, Networking dan Sharing. Silahkan tap opsi Sharing. Silahkan kalian Centang pada bagian Allow other network users to connect through this computer’s internet connection. Setelah itu pilih jenis koneksi pada Home network connection yang sesuai. Klik OK.

Langkah berikutnya, silahkan kalian coba aktifkan kembali mobile hotspot windows 10 di laptop atau pc kalian, kalau masih belum berhasil bisa mengikuti cara berikutnya.

Lakukan Troubleshooter Jaringan

Apabila mobile hotspot masih belum bisa ON maka silahkan kalian coba untuk melakukan Troubleshooter jaringan windows 10. Hal ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada adapter network milik kalian.

Pertama, kalian bisa pergi ke Control Panel. Nanti pada kolom pencarian ketikkan saja “Network Reset” ataupun “Network Troubleshooter”.

Selanjutnya kalian pilih Network Adapter mana yang mengalami masalah, lalu tekan tombol Run Troubleshooter.

Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian masalah itu selesai. Pada saat itu juga sistem bisa langsung memperbaiki-nya.

Update Driver Jaringan

Apabila driver network pada windows 10 yang kalian punya sudah dalam keadaan usang bisa menyebabkan masalah. Hal inilah yang kemungkinan mobile hotspot pada windows 10 bermasalah sehingga tidak bisa dihidupkan.

Untuk melakukan update pada driver network windows 10, kalian buka terlebih dahulu Device Manager, kemudian klik opsi Network Adapter.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Window Photo Viewer di Windows 10

Selanjutnya kalian cari adapter jaringan WLAN atau LAN yang terinstall di laptop atau pc kalian, lalu klik kanan. Tap opsi Update Driver.

Kalau proses update sudah selesai, lakukan restart pada laptop atau pc kalian. Kemudian coba untuk aktifkan kembali mobile hotspot.

Periksa Registry Windows 10

Kalian harus memastikan sudah melakukan cek pada bagian Registry windows 10 yang kalian punya. Sebab ini juga bisa menyebabkan mobile hotspot kalian bermasalah.

Kemungkinan ada sebuah folder HostedNetworkSetting yang bermasalah. Untuk menghapusnya silahkan kalian tekan tombol Windows + R kemudian tuliskan Regedit.

Selanjutnya klik kanan dan pilih Run As Administrator ketika membukanya.

Baca Juga : Cara Restart Laptop Windows 10

Berikutnya, kalian bisa masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\WlanSvc\Parameters\HostedNetworkSettings\

Setelah itu kalian klik kanan pada HostedNetworkSettings dan pilih Delete.

Maka dengan menghapusnya, mobile hotspot akan bisa dipakai kembali.

Gunakan Aplikasi Hotspot Tambahan

Apabila mobile hotspot di windows 10 masih tidak bisa diaktifkan maka kalian bisa mencoba memakai sebuah software atau aplikasi hotspot tambahan.

Untuk cara kerja aplikasi hotspot tambahan ini hampir sama dengan sistem windows 10, hanya dengan fitur-fitur tambahan yang lebih banyak. Dengan ini, bsia jadi masalah yang terjadi pada mobile hotspot yang kalian alami saat ini bisa hilang.

Ada beberapa rekomendasi aplikasi hotspot tambahan yang bisa kalian install di windows 10, yaitu Connectify, Hosted Network Starter, Virtual Router, MyPublicWifi, dan Baidu Wifi Hotspot.

Mungkin masih banyak aplikasi lainnya. Kalian hanya perlu mencoba aplikasi mana yang sekiranya cocok untuk kalian pakai.

Cek Service Connection Sharing

Bagian yang penting lainnya yaitu pada pengaturan Connection Sharing. Kalau pada service connection sharing ini tidak berjalan atau running maka mobile hotspot tidak bisa diaktifkan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Driver Belum Terinstall di Windows 10

Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan “services.msc” tanpa petik. Lalu scroll ke bawah lalu buka menu Internet Connection Sharing (Klik Kanan lalu pilih Properties). Selanjutnya, atur pengaturan dari Manual ke Automatic.

Cek Driver WiFi

Hal yang perlu kalian perhatikan yaitu apakah driver wifi yang kalian pakai sudah support dukungan untuk melakukan hotspot atau belum.

Untuk melakukan pemeriksaan tersebut kalian bisa membuka terlebih dahulu Command Prompt atau CMD atau tekan tombol Windows + R lalu ketikkan CMD kemudian Enter.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 10

Selanjutnya, di bagian CMD ketikkan “NETSH WLAN show drivers” lalu klik Enter. Kalau hasil yang ditampilkan ada Hosted Network Supported: Yes, maka driver yang kalian pakai support untuk mobile hotspot.

Itu tadi cara untuk mengatasi mobile hotspot yang bermasalah dan menyebabkan smartphone tidak bsia connect, terhubung, ataupun tidak bisa diaktifkan.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.