Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Ukuran File

IDM atau Internet Download Manager merupakan salah satu software yang digunakan untuk membantu aktivitas download file yang ada di internet. Software ini bisa mempermudah kalian dalam meningkatkan kecepatan download dan juga membantu mendeteksi file yang ingin kalian download.

0

IDM sangat terkenal sampai saat ini. Banyak kelebihan yang ditawarkan IDM ini. Salah satunya yaitu saat file download selesai dapat menyalakan ringtone dan itupun dapat sesuka hati ketika kalian mengganti ringtone tersebut.

Ingin memasang IDM tapi ukuran file tidak muncul? Bagaimana cara mengatasinya? Ini terjadi pada banyak pengguna laptop atau PC, bukan hanya kalian saja kok. Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

IDM atau Internet Download Manager merupakan salah satu software yang digunakan untuk membantu aktivitas download file yang ada di internet.

Software ini bisa mempermudah kalian dalam meningkatkan kecepatan download dan juga membantu mendeteksi file yang ingin kalian download.

IDM sangat terkenal sampai saat ini. Banyak kelebihan yang ditawarkan IDM ini. Salah satunya yaitu saat file download selesai dapat menyalakan ringtone dan itupun dapat sesuka hati ketika kalian mengganti ringtone tersebut.

Tidak jarang saat kalian sedang mendownload file di website tertentu, ukuran file yang ingin kalian download dari IDM tidak terdeksi atau tidak muncul.

Sedangkan hal ini sangat dibutuhkan sebab tiap kalian ingin mendownload harus diketahui dahulu ukuran filenya. Apalagi kalai internet yang kalian gunakan memakai sistem kuota.

Lalu mengapa IDM tidak muncul ukuran filenya? Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat ukuran file tidak terlihat di IDM. Dan supaya bisa mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

Beberapa cara berikut bisa kalian coba untuk mengatasi IDM yang tidak keluar ukuran filenya.

Memakai IDM Trial 30 hari

Penyebab pertama IDM tidak ada ukuran filenya yaitu karena IDM kalian memakai trial 30 hari, bukan premium atau beli.

Umumnya hal ini terjadi saat kalian ingin download video di youtube.  Cara terbaik mengatasi hal ini adalah membeli lisensi IDM nya, Gaes.

Atau untuk cara sementara bisa memakai website  id.savefrom.net untuk bsisa download video di youtube.

Terjadi kesalahan integrasi browser

Sebab lainnya mungkin terjadi karena ada kesalahan integrasi antara browser dengan add-ons atau ekstension IDM

Terjadi kesalahan pengaturan IDM

Penyebab berikutnya yang membuat ukuran file tidak terdeteksi di IDM yaitu kesalahan pengaturan dalam software IDM itu sendiri.

Untuk mengatasinya, kalian bisa buka dulu software IDMnya. Setelah itu silahkan masuk ke Options.

Di bagaian “capture downloads from the following browser” silahkan kalian hilangkan tanda centang pada browser yang kalian pakai.

Kalau  browser yang kalian pakai google chrome maka hilangkan centang di browser google chrome.

Berikutnya kalian bisa download file, nantinya file akan didownload dari browser.

Sesudah itu masuk ke menu download, dan copy link pada file yang tadi kalian download dari browser.

Setelahnya, buka kembali software IDM nya, dan klik menu “add url”.

Akibat dari cara ini adalah file yang akan kalian download dari internet tidak akan terdownload lewat IDM, tetapi dari browser itu sendiri.

Untuk dapat mengunduh lewat IDM lakukan cara manual seperti yang sudah dituliskan caranya di atas dengan download file dari browser, lalu masuk ke menu download, lalu copy link di file yang tadi kalian download di browser. Kemudian buka software IDM dan klik menu add url.

Tapi kalau memang tidak ingin seperti ini maka centang kembali browser yang digunakan.

Diblokir firewall windows

Umumnya ini yang terjadi, tanpa sadar firewall sudah memblokir web-web tertentu yang dianggap bisa merusak komputer atau laptop pribadi.

Kalau kalian mendownload file dari web yang dicurigai bisa merusak komputer ataulaptop pribadi maka nantinya IDM tidak muncul ukuran file nya.

Baca Juga :

Solusnya kalian cukup menonaktifkan firewall dengan klik start logo Windows, lalu ketik kata Firewall di pencarian. Lalu klik windows firewall di control panel. Setelah itu di bagian kiri tap ikon turn windows firewall on or off. Pilih Turun off. Selesai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.