Cara Mengatasi Iphone Tidak Bisa Dicharger

0

Bermasalah dengan proses charging iphone yang tidak berfungsi? Bisa jadi ada masalah pada charger kalian. Ingin tahu cara mengatasinya? Jawabannya ada di sini.

Proses pengisian daya sebuah smartphone merupakan hal yang penting kalian perhatikan. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa setiap kalian pengguna iPhone akan kebingungan kalau terjadi masalah pada baterai iPhone tersebut.

Tetapi hal ini tidak bisa dilepaskan, bahkan saat harus melakukan proses charging. Misalnya, masalah yang terjadi pada proses charging Iphone yang tidak berfungsi atau tidak dapat dicharger dan menyebabkan baterai terus berkurang.

Baca Juga : Tips Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Dicharger

Kalau hal ini terjadi, tentunya aktivitas dan kegiatan yang berkenaan dengan iPhone tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Bahkan ada orang-orang yang enggan menjalankannya aktivitasnya tanpa iPhone milik mereka, sehingga merelakan waktunya sesaat untuk mengatasi masalah charging iPhone yang tidak berfungsi.

Tetapi sebelum terlalu jauh, menarik untuk mengetahui apakah penyebab dari masalah ini.

Pada dasarnya masalah Iphone yang tidak bisa dicharger, mempunyai masalah yang sama dengan handphone-handhphone lain. Seperti pada penjelasan berikut.

Penyebab Iphone Tidak dapat Mengisi dengan Maksimal

  • Sering Membiarkan Smartphone Mati

Ketika kalian mempunya smartphone, kalian harus benar-benar memperhatikan dan merawatnya. Terutama untuk tidak membiarkan martphone mati dalam waktu yang lama. Sedini mungkin segera kalian charge kembali smartphone yang sudah mati dengan sumber listrik terdekat.

Baca Juga : Charger Smartphone Aman dan Benar Hanya Setengah Jam

Perlakuan ini bisa merawat smartphone agar lebih awet dan bisa dipakai dalam waktu panjang.

  • Pengisian Daya yang Terlalu Lama

Smartphone yang baik dan mempunyai baterai terbaik adalah dicharge dengan waktu yang tepat. Artinya, kalian harus mencharge smartphone dalam waktu 2-3 jam dan tidak berlebihan.

Pemakaian yang berlebihan bisa mengakibatkan masalah untuk smartphone, utamanya baterai akan mengalami kebocoran dan sulit terkontrol penggunaannya.

  • Penggunaan Nirkabel yang Terlalu Sering
READ  Cara Menghilangkan Notifikasi Shareit

Di samping dua hal tersebut, ada masalah lain yang menyebabkan masalah pada smartphone sehubungan dengan charger.

Masalah yang dimaksud adalah pemakaian nirkabel yang terlalu sering. Nirkabel memang sangat membantu saat kalian kehabisan baterai di perjalanan. tetapi kalian harus usahakan untuk tidak terlalu sering mengisinya dengan nirkabel dan charge martphone di arus listrik.

  • Penggunaan Charger Palsu

Inilah alasan mengapa kampanye pemakaian charger asli harus selalu dilakukan. Sebab kesalahan pada penggunaan charger bisa berimbas pada smartphone saat dicharger.

Baca Juga : Penyebab Charger Laptop Atau Adapter Rusak

Salah satunya berpengaruh pada saat smartphone dicharger dan tidak membuat baterai tidak penuh-penuh, meskipun sudah lama dilakukan charging.

  • Usia Baterai

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah baterai yang kalian pakai sudah cukup tua. Hal ini sering terjadi selama 2 tahun pemakaian. Oleh sebab itu setelah dua tahun pemakaian, saya sarankan kalian untuk membeli baterai baru di outlet resmi.

Sebab pembelian produk palsu bisa mengalami masalah yang lebih buruk pada smartphone.

Cara Mengatasi Iphone Tidak Bisa Dicharger

Iphone Dicharge namun Berkurang

Ini biasa terjadi saat kalian tidak memakai charger resmi. Cara mengatasinya kalian harus membeli charger secara resmi.

Baca Juga : Tips Mengatasi Laptop Tidak Nyala tapi Lampu Power Hidup

Di samping memakai aksesoris resmi, ada satu hal lain yang bisa dijadikan solusi masalah ini, yaitu bersihkan port USB. Pakailah vacuum cleaner atau kain yang lembut. Kalau sudah, coba kembali sambungkan USB yang kalian punya. Cara ini akan membantu untuk menghilangkan debu yang jadi penyebab smartphone tidak charging.

Iphone di Charge Tidak Bisa Penuh

Tanda-tandanya, kondisi dimana perangkat tidak mampu dan selalu berhenti mengisi daya hingga 80%. Solusinya, iOS mengeluarkan fitur yang dikeluarkan saat baterai terlau panas. Perangkat akan membatasi pengisian tersebut pada daya 80%.

Jika iPhone dan temperaturnya sudah menurun, daya akan kembali bisa dipakai, setelah memindahkan pengisian daya ke lokasi yang lebih dingin.

Kalau tidak berhasil, cobalah membawa iPhone ke customer service terdekat dan selesaikan masalah.

Itu tadi beberapa cara mengatasi iPhone tidak bisa dicharger. Semoga bermanfaat, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.