Cara Mengatasi Kamera Depan Xiaomi Tidak Bisa Berfungsi

0

Perkembangan industri smartphone saat ini tentu membawa dampak baik bagi banyak orang. Makin banyak produsen memasarkan tipe baru smartphone mereka. Setiap orang punya pilihan untuk menentukan manakah yang sesuai budget dan kebutuhannya.

Salah satu produsen smartphone, Xiaomi ini  pun tak kalah gesit mengeluarkan tipe baru untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan dari atas sampai ke bawah. 

Baca Juga : .Reviewe Smartphone Redmi Terbaik Dari Xiaomi 2020

Xiaomi kini menjadi salah satu merek smartphone yang terkenal dengan harga murahnya. Produsen smartphone asal China ini juga selalu menghadirkan produk terbarunya dengan spesifikasi tinggi tapi tetap terjangkau bagi kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. 

Akan tetapi tahukah kalian? Setiap produk memang tidak ada yang sempurnya. Seperti halnya smartphone Xiaomi. 

Seringkali ada beberapa pengguna Xiaomi mengeluh karena mereka tidak bisa menjalankan kamera atau kameranya tidak berfungsi sama sekali.

Berikut saya sudah merangkumnya untuk kalian yang mungkin punya masalah yang sama. Beberapa penyebab dan solusi kamera Xiaomi tidak berjalan normal saya tulis lengkah di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mematikan Suara Kamera Oppo dan Xiaomi

Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi

Pada smartphone Xiaomi yang banyak mengalami masalah biasanya ada pada versi lama seperti Redmi Note 5ARedmi Note 4X, dan lebih lama lagi. Sedangkan untuk yang versi baru cukup jarang karena MIUI-nya pasti terbaru dan lebih stabil. Meskipun pasti ada beberapa pengguna yang juga mengalaminya.

Penyebab masalah ini berbeda-beda. Bisa jadi disebabkan oleh penumpukan file cache yang sangat banyak, aplikasi kamera yang bermasalah, atau disebabkan modul kamera sudah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Google Keyboard Error di Xiaomi

READ  Cara Mudah Mengembalikan Email yang Terhapus

Kerusakan pada modul kamera terjadi karena banyak hal, contohnya terjatuh, terkena air, atau karena proses charging dengan arus yang tidak sesuai atau tidak stabil.

Cara mengatasinya bisa kalian beberapa tips berikut.

Bersihkan Cache Smartphone

Kalian perlu untuk membersihkan cache pada aplikasi kamera dan sistem MIUI. Hal ini untuk membuat aplikasi kamera bersih dari sampah, history, cookies, dan lainnya.

Kalian juga bisa memakai aplikasi bawaan seperti keamanan Xiaomi untuk membersihkan file cache lainnya agar lebih optimal.

Kalian tinggal membuka menu Setelan, lalu klik Aplikasi Terinstal, dan pilih Kamera. Kemudian klik opsi Hapus Data. Dan tekan tombol Bersihkan Cache.

Hapus Data Aplikasi Kamera

Kalau cara pertama tidak membuahkan hasil, kalian bisa  coba dengan menghapus data aplikasi kamera.

Dengan begitu, kamera akan kembali pada posisi default atau baru. Data yang terhapus akan lebih maksimal seperti pengaturan pengguna, cachecookiesbasis data, dan lainnya.

Kalian cukup buka menu Settings, lalu klik Apliaksi Terinstal. Pilihlah aplikasi Kamera. Kemudian tap opsi Hapus Data dan tap opsi Hapus Semua Data. Selesai.

Update MIUI Xiaomi

Beberapa pengguna melakukan pembaruan MIUI agar lebih stabil dan semua bugs pada kamera hilang. Tetapi ada juga pengguna yang justru melakukan downgrade supaya kamera bisa dipakai kembali.

Baca Juga : Keren Xiaomi Berikan Service Antar Jemput Pembelian dan Perbaikan Smartphone home

Kalau kalian tertarik melakukak pembaruan, kalian bisa melakukan lewat opsi pengaturan Xiaomi. Caranya kalian langsung buka Pengaturan, kemudian klik Tentang Ponsel. Tap opsi Pembaruan Sistem, dan klik Perbarui. Lalu ikuti langkah berikutnya.

Flashing Ulang

Kalau sebelumnya kalian pernah mengutak-atik sistem seperti rooting atau Costum ROM, mungkin ini yang jadi sebab kamera depan bermasalah. Cara mengatasinya hanya dengan Flashing ulang dengan sistem default atau downgrade sistem ke versi sebelumnya.

Di sini kalian hanya membutuhkan tools tambahan seperti firmware atau ROM Global Xiaomisoftware flashing, fastboot mode, dan sebagainya. 

Kalian bisa coba searching di Google atau Youtube sehubungan penjelasan lengkap tentang cara flashing Xiaomi.

Bongkar Smartphone

Selanjutnya, hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah melakukan pembongkaran dan cek bagian modul kamera apakah masih bisa dipakai atau tidak. Karena itulah, kalian perlu menyerahkannya pada teknisi smartphone yang berpengalaman.

Resikonya sangat tinggi kalau kalian melakukannya sendiri tanpa tahu komponen-komponen penting dalam dunia smartphone. Pergilah ke konter service terdekat dan tanyakan hal-hal teknis sehubungan masalah pada kamera Xiaomi kalian.

Demikianlah beberapa tips atau solusi yang bisa kalian lakukan agar kamera bisa berjalan kembali. 

 

READ  Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suara

Semoga info ini bermanfaat untuk kalian ya, Gaes.

 

Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.