Cara Mengatasi Kamera lainnya Rusak Tidak Bisa Berpindah di HP VIVO

0

Perkembangan industru smartphone sampai saat ini terus berkembang pesat. Banyak produsen ikut bersaing dan berkompetisi untuk membuktikan produk mereka adalah yang terbaik. Salah satu produsen yang ikut meramaikan industri smartphone dan mendapat sambutan baik adalah VIVO.

VIVO saat ini memang jadi salah satu produsen smartphone yang cukup mempunyai banyak peminat di Indonesia setelah OPPO. Meskipun sebenarnya mereka adalah saudara kandung yang merupakan anak perusahaan BBK Electronic. Sampai kini VIVO sudah menghadirkan banyak varian, mulai dari V series, Y series, S series, sampai Z series.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Berbicara tentang penyebab dan solusi mengatasi kamera VIVO tidak dapat berpindah. Hal ini memang benar terjadi, terutama pada Y series seperti Y93, Y91, dan lainnya. Biasanya di alami oleh pengguna smartphone versi lama.

Mengatasi Kamera VIVO Tidak Bisa Berpindah 

Kamera smartphone kini menjadi sangat penting, dimana fungsinya dipakai untuk mengabadikan momen setiap saat dan setiap waktu. Masalah di kamera VIVO tentu membuat sebagian pengguna merasa kebingungan, dan pasti bertanya, apa penyebab dan apa solusinya.

Penyebab masalah kamera depan yang tidak bisa berpindah bisa disebabkan oleh file cache, aplikasi kamera bermasalah, akses rooting, Costum ROM, terbentur, terkena air, dan lain-lainnya.

Dan untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

Baca Juga : Memilih Kamera Thermal Untuk Deteksi Dini Covid 19

Membersihkan Cache Kamera

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan membersihkan file sampah di HP VIVO kalian. Dengan begitu, semoga saja aplikasi kamera kalian bisa normal kembali. Sebab, penumpukan file sampah di memori umumnya bisa membuat aplikasi tidak berjalan optimal.

Bahkan kalau perlu, kalian bisa memakai i Manager untuk membersihkan cache secara optimal.

Caranya mudah. Kalian tinggal buka menu Pengaturan, kemudian klik Pengaturan Lainnya. Tap opsi Aplikasi dan cari menu Terpasang lalu klik. Selanjutnya kalian bisa pilih aplikasi Kamera. Tap opsi Penyimpanan, dan terakhir kalian bisa pilih Bersihkan Cache.

Menghapus Data Aplikasi Kamera

Cara berikutnya, kalian bisa mencoba hapus data aplikasi kamera. Data yang terhapus nantinya berupa basis data aplikasi, cachecookieshistory, juga data-data sementara lainnya. Cara ini akan membuat pengaturan aplikasi kamera kembali pada posisi default.

Kalian tinggal membuka Pengaturan, lalu klik Pengaturan Lainnya. Tap opsi Terpasang. Lalu klik Kamera.

Baca Juga : 5 Aplikasi Kamera Webcam Laptop Terbaik

Selanjutnya pilih opsi Penyimpanan dan tap opsi Hapus Data dan klik Bersihkan. Selesai.

Update Funtouch OS VIVO

Apabila dengan menghapus data tidak membuat kamera normal kembali, kalian bisa untuk update sistem UI atau Funtouch OS dari HP VIVO kalian. Dengan begitu, harapannya, bugs pada kamera hilang dan sistem lebih stabil saat dijalankan.

Baca Juga : Cara Mematikan Suara Kamera Oppo dan Xiaomi

Kalian hanya perlu membuka Pengaturan, lalu klik Pembaruan Sistem. Kemudian ikuti petunjuk melakukan update sampai update selesai dilakukan.

Flashing Ulang

Flashing ulang juga bisa menjadi pilihan dimana sistem HP VIVO kalian benar-benar dikembalikan secara default dan semua file-file penting yang kalian simpan perlu dilakukan backup.

Kalian bisa mencoba searching mengenai cara flashing di Google atau YouTube.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa saya berikan untuk masalah kamera HP VIVO. Setiap pengguna pasti punya masalah yang berbeda-beda, dan solusinya pun juga berbeda- beda. Semoga salah satu tips di atas bisa jadi solusi kalian.

Semoga pula artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian.

 

Sampai bertemu lagi di artikel lainnya, Gaes.

 

Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.