Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau ERROR

0

Sampai saat ini, ternyata masalah kartu SIM atau SIM Card tidak terbaca masih saja jadi masalah untuk para pengguna smartphone Android. Masalah paling umum adalah kita mungkin memasukkan kartu SIM dengan tidak benar. Meskipun ada beberapa penyebab lain seperti adanya masalah pada perangkat lunak android kalian.

Masalah ini tentunya membuat kesal, sebab kita jadi kesulitan untuk melakukan banyak kegiatan lewat Smartphone Android seperti melakukan panggilan telepon, SMS, atau mengakses internet.

Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan solusi tentang Cara Mengatasi Kartu SIM (SIM Card) Tidak Terbaca / Error di Android.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Gaes, sebelum kita membahas cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca, ada baiknya kita perhatikan dulu penyebabnya. Karena setiap masalah tentu ada penyebabnya. 

Berikut ini beberapa penyebab SIM Card tidak terbaca di smartphone Android.

Akibat Akses Root

Masalah SIM Card tidak terbaca yang pertama dan umum terjadi biasanya terjadi setelah melakukan akses root, karena biasanya IMEI akan hilang. 

 

SIM Card sudah sangat lama digunakan

SIM Card juga mempunyai masa pakai. Umumnya SIM Card mengalami degradasi pada material plastik dan plat kuningnya akan memudar setelah mencapai lebih dari 5 tahun penggunaan.

 

Kerusakan Pada Jaringan Sistem SIM Card

Kerusakan ini bisa terjadi karena sering memodifikasi di smartphone android seperti melakukan root, custom Room dan lainnya. Hal ini bisa saja menyebabkan sistem jaringan rusak sehingga smartphone tidak bisa menangkap sinyal dan membuat SIM card terbaca namun tidak mendapat layanan sinyal.

 

Gangguan Jaringan

Masalah kartu SIM tidak terbaca juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada jaringan provider yang digunakan. Gangguan terjadi karena adanya hujan deras, mati listrik atau sedang ada maintenance pada tower pemancar sinyal.

 

SIM Card Terlalu Panas

Penyebab SIM Card tidak terbaca juga bisa saja terjadi karena kartu SIM terlalu panas. Hal ini disebabkan karena SIM Card biasanya terletak pada daerah dekat komponen yang rawan rusak dan membuat panas sampai merusak kuningan pada SIM Card.

 

Kode IMEI Hilang

IMEI adalah kode atau nomor identitas yang membedakan setiap smartphone dan Slot SIM. Karena itu saat IMEI mengalami kerusakan atau hilang, maka dipastikan SIM Card tidak akan terbaca.

 

Kuningan pada SIM Card Rusak

Kuningan merupakan komponen terpenting pada SIM Card, karena berisikan data-data pengguna. Rusaknya kuningan tersebut bisa disebabkan banyak hal seperti terlalu sering memindahkan SIM Card sehingga mengalami banyak gesekkan.

 

Konfigurasi SIM Salah

Setiap provider mempunyai konfigurasi APN sendiri. Maka ketika kalian salah melakukan konfigurasi bisa membuat SIM card error.

 

Itu tadi beberapa penyebab Kartu SIM kalian tidak terbaca, Gaes. Tentunya masih banyak sekali penyebab lain. 

Kemudian setelah mengetahui beberapa penyebabnya, berikut ini saya sekalian berikan beberapa cara mengatasi Kartu SIM / SIM Card tidak terbaca dan error di Android.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau ERRO

Bersihkan Kuningan SIM Card

Cara pertama yaitu dengan membersihkan kuningan pada SIM Card. Untuk membersihkan SIM Card kalian bisa menggunakan Penghapus.

 

Caranya dengan melepaskan kartu SIM, lalu gosok perlahan dengan penghapus pensil. Atau kalian juga bisa memakai minyak kayu putih dan tisu untuk membersihkan kuningan SIM Card.

Gunakan Mode Pesawat

Kalian bsia mengaktifkan mode pesawat beberapa saat lalu matikan mode pesawat lagi, Gaes.

Dengan cara ini, semoga sistem secara otomatis akan melakukan setting jaringan dan mencari sinyal.

Restart Smartphone

Kalau cara di atas belum bisa mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca, maka cara selanjutnya kalian reboot smartphone atau restart smartphone

Dengan demikian sistem akan memulai ulang sehingga jika terdapat kesalahan pada sistem jaringan maka masalah tersebut bisa teratasi dan SIM Card bisa kembali terbaca

Cek SIM Card

Coba kalian lakukan pengecekan pada SIM Card yang digunakan. Caranya dengan tes SIM Card pada perangkat lain. Kalau nanti SIM Card terdeteksi dan normal, berarti terjadi masalah pada perangkat android kalian, seperti para slot SIM atau Hardwarenya.

 

Coba Ganti dengan SIM Card Lain

Cara lainnya coba pakai SIM Card lain, apakah SIM Card terbaca atau tidak. Apabila SIM Card terbaca, maka benar ada masalah pada SIM Card kalian seperti provider mengalami gangguan atau memang SIM Card terblokir.

 

Cek Kode IMEI Android

Semua jenis provider dapat terhubung dengan smartphone karena adanya Kode IMEI. Karena itu, kalau tidak tersedia kode IMEI atau IMEI dalam keadaan invalid maka sinyal smartphone tidak akan terdeteksi.

 

Untuk pengecekan kalian bisa ke menu Pengaturan, klik Tentang Ponsel. Kalau IMEI dalam keadaan Invalid maka harus diperbaiki terlebih dahulu.

Atur Jaringan untuk Memilih Otomatis

SIM Card tidak terbaca juga dapat terjadi karena pengaturan jaringan yang salah, Gaes. Seperti hanya memilih jaringan 3G Only atau 4G Only, sehingga android hanya menerima sinyal tertentu saja. Sebab itu cobalah untuk memeriksa agar jaringan memilih secara otomatis, dengan cara berikut ini.

Buka Menu Pengaturan, klik Pengaturan jaringan & network, kemudian pilih Mobile Network, dan klik Choose Automatically. Selesai.

 

Update OS Android

Gaes, dengan kalian mengupdate OS, maka semua bugs dan kerusakan pada sistem akan diperbaiki.

 

Untuk update OS android, kalian bisa masuk Menu Pengaturan, klik Pembaruan Perangkat Lunak, kemudian Unduh Perangkat Lunak Secara Manual, klik Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

 

Periksa Pengaturan APN

APN itu jembatan yang menghubungkan perangkat kalian dengan operator dan jaringan. Pasti terjadi masalah kalau ada kesalahan konfigurasi APN. 

 

Coba cek dan periksa pengaturan APN, sudah benar atau tidak. Dengan cara kalian buka menu pengaturan, klik Pengaturan SIM Card, kemudian pilih Acces Point Name. Terakhir klik Lalu sesuaikan dengan konfigurasi APN Provider yang digunakan.

 

Factory Reset Smartphone

Apabila semua cara di atas ternyata belum berhasil mengatasi masalah SIM Card tidak terbaca, maka kalian bisa memakai cara Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. 

 

Akan tetapi sebelum melakukan factory reset, sebaiknya backup semua data yang ada di android, karena semua data tersebut akan hilang saat melakukan factory reset. 

 

Cara melakukan factory reset adalah, kalian membuka menu Pengaturan, lalu klik Setelan Tambahan, pilih opsi Buat Cadangan dan Reset. Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

 

Lakukan Flashing

Flashing adalah solusi terakhir untuk mengatasi masalah SIM Card tidak terbaca. Meski begitu cara ini sangat berresiko, dan lebih baik kalian bisa serahkan cara ini pada ahlinya saja.

Tetapi, Gaes, kalau kalian mau melakukan flashing sendiri, kalian bisa mencari metode flashing yang benar melalui Google, YouTube, Facebook atau forum belajar lainnya. Kemudian kalian harus menyiapkan beberapa tool yang dibutuhkan untuk menjalankan flashing seperti Firmware, Usb, software flashing dan lainnya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca atau error, Gaes. Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.