Cara Mengatasi Laptop Tidak Connect Wifi di Windows 8

0

Windows 8 termasuk salah satu versi windows yang paling banyak dipakai semua orang. Versi windows ini mempunyai tampilan yang sedikit berbeda dari versi windows lainnya.

tetapi hampir sama dengan versi windows lainnya, windows 8 juga sering mengalami beberapa masalah yang dan yang paling umum yaitu tidak bisa connect WiFi.

Umumnya setelah menekan tombol connect pada wifi yang kalian punya, maka akan muncul pesan Can’t connect to this network yang artinya kalian tidak dapat terhubung ke wifi tersebut. Meskipun sudah melakukan disconnect dan connect secara berulang-ulang, tetap juga tidak bisa.

Baca Juga : Cara Mengetahui IP WIFI

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa solusi yang bisa kalian coba, berikut ini akan kita bahas cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi windows 8.

Forget Network

Salah satu pesan yang muncul saat melakukan connect ke wifi di windows 8 yaitu Can’t connect to this network. Meskipun sudah dilakukan connect dan disconnect berkali-kali, maka tetap memperoleh pesan tersebut.

Untuk cara mengatasinya, kalian perlu memakai fitur Forget Network. Berikut cara forget network wifi di windows 8.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah membuka fitur search dengan menekan tombol CTRL+S pada dekstop. Lalu, pada kolom pencarian silahkan ketik Network, kemudian tap opsi Network Connection Settings.

Baca Juga : Mengetahui Fungsi Tombol WPS pada Perangkat WIFI

Nantinya akan terbuka jendela pengaturan network. Berikutnya pada bagian bawah daftar jaringan wifi klik Manage known Networks.

Kalian disini dapat memilih wifi yang sebelumnya kalian pakai dan tidak bisa connetct, lalu klik Forget.

Sesudah proses selesai, kalian dapat kembali menyambungkan dengan wifi yang kalian punya dan memasukkan password yang benar. Yang terakhir kalian sudah bisa memakai wifi tersebut.

Forget Network dengan CMD

Apabila kalian bingung atau beberapa menu di cara sebelumnya tidak kalian temukan, kalian dapat melakukan forget network dengan CMD. 

Langkah yang pertama, buka CMD atau Command Prompt. Nanti di jendela cmd yang terbuka, ketik netsh wlan show profiles dan klik enter, nantinya akan muncul semua daftar wifi yang pernah kalian pakai.

Dari daftar wifi yang muncul tadi silahkan catat nama wifi yang tidak bisa connect tersebut.

Baca Juga : Cara Mengetahui Password WIFI di Android Tanpa Root

Kemudian ketik lagi netsh wlan delete profile name=”NetworkName” ganti NetworkName dengan nama wifi yang tidak bisa connect tadi dan klik enter.

Yang terakhir, silahkan hubungkan kembali ke wifi tersebut dengan memasukkan password yang benar dan wifi sudah bisa dipakai.

Network Diagnostic Tools

Apabila kalian mengalami masalah pada windows 8 seperti WiFi tidak bisa connect, maka kalian dapat memakai fitur Diagnostic Tools. Fitur ini akan membantu kalian memperbaiki beberapa kesalahan dan memberikan solusi, seperti kesalahan pada jaringan wifi yang kalian pakai.

Pertama-tama, pada bagian wifi yang tidak bisa connect tadi, silahkan kalian klik kanan lalu klik opsi Troubleshoot Problems. Kemudian, sistem akan melakukan analisis terkait masalah dari wifi tersebut.

Baca Juga : Cara Melihat Password WIFI di Android

Kalian tinggal menunggu saja sampai proses selesai dan nantinya akan muncul beberapa info terkait problem tersebut, klik next saja untuk memperabaiki.

Restart Component Service

Apabila kalian masih belum berhasil memakai cara di atas tadi,  kalian dapat mencoba melakukan restart commponent pada bagian services, seperti berikut.

Pertama-tama, buka control panel pada windows 8. Kemudian klik 2x atau double klik di opsi Administrative Tools. Lalu buka menu Component Services. Pada bagian kiri, silahkan klik menu Services (local)

Nantinya ada beberapa pilihan yang akan muncul pada bagian kanan. Silahkan cari DHCP Client, DNS Client, WLAN Autoconfig

Baca Juga : Tips Memakai WIFI Gratis dan Mengetahui Passwordnya Dengan Cepat di HP Android

Kalian bisa langsung klik satu persatu dari ke-3 component tersebut, kemudian klik stop dan tekan opsi start. Yang terakhir, restart komputer atau laptop kalian.

Demikianlah cara mengatasi laptop atau komputer tidak bisa connect WiFi Windows 8. 

Cara yang umum dilakukan untuk memperbaiki tidak bisa connect wifi di windows 8 yaitu forget network dan melakukan connect ulang.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.