Cara Mengatasi Lubang Headset Smartphone Rusak

Memang biasanya para pengguna smartphone banyak yang mengalami headset mereka tidak keluar suara ketika dicolokkan ke lubang headset smartphone. Ini tentu saja mengganggu kalian yang ingin mendengarkan lagu atau radio lewat headset.

0

Kerusakan di lubang headset atau konektor yang menjadi penghubung jack headset dengan smartphone pada dasarnya sering terjadi. Ini bisa disebabkan berrbagai faktor. Di antaranya lubang headset yang mengalami konslet atau kerusakan di kuningan yang ada di dalam lubang headset.

Siapa disini yang suka mendengarkan musik di smartphone lewat headset hayo? Pernah mengalami pastinya kan sedang asyik mendengarkan musik, headset kalian mati. Mungkin disebabkan karena kabel headset kalian ada masalah, atau justru lubang headset di smarpthone kalian yang ada masalah? Yang mana tuh?

Memang biasanya para pengguna smartphone banyak yang mengalami headset mereka tidak keluar suara ketika dicolokkan ke lubang headset smartphone.

Ini tentu saja mengganggu kalian yang ingin mendengarkan lagu atau radio lewat headset.

Salah satu faktor utama penyebab dari masalah headset yang tidak bisa mengeluarkan suara adalah lubang headset smartphone kalian rusak, Gaes.

Kerusakan di lubang headset atau konektor yang menjadi penghubung jack headset dengan smartphone pada dasarnya sering terjadi.

Ini bisa disebabkan berrbagai faktor. Di antaranya lubang headset yang mengalami konslet atau kerusakan di kuningan yang ada di dalam lubang headset.

Kerusakan ini disebabkan kalian yang menancapkan atau melepaskan jack headset secara kasar dan sembarangan dan lama-lama mengganggu kinerjanya.

Di samping itu smartphone yang pernah terjatuh dengan keras juga dapat menjadi penyebabnya lubang headset smartphone kalian rusak.

Cara mengetahui apakah terjadi kerusakan pada lubang headset adalah keluarnya tanda icon headset yang ada di bar notifikasi smartphone walau saat itu tidak kalian colokkan.

Kalau kalian menemukan tanda ini, kalian harus melihat kondisi lubang headset smartphone kalian, Gaes.

Cara terbaik untuk mengecek dan memperbaiki lubang headset yang rusak yaitu membongkar smartphone lebih dahulu. 

Cara Mengatasi Lubang Headset Smartphone Rusak

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki lubang headset yang rusak.

Langlah pertama, bongkar smartphone dan pisahkan mainboard headsetnya.

Kemudian kalian siapkan beberapa bahan yang akan kalian pakai untuk membersihkan lubang headset seperti cotton bud, alkohol, dan thinner.

Selanjutnya, bersihkan lubang headset memakai cotton bud, lakukan secara perlahan-lahan dan ulangi sampai bersih. Jika sudah benar-benar bersih pasang kembali mainboard headset dan nyalakan smartphone. Cobalah untuk mendengarkan musik memakai headset untuk mengetesnya.

Kalau sudah mengeluarkan secara normal maka dapat dipastikan bahwa lubang headset hanya kotor.

Akan tetapi apabila cara di atas belum berhasil, maka kemungkinan lainnya adalah lubang headset smartphone mengalami kerusakan.

Solusi paling tepat adalah menggantinya dengan konektor baru sebab kalau hanya memperbaikinya masalah yang sama akan muncul lagi. 

Untuk mengganti konektor headset, kalian pertamanya harus melepaskan konektor yang rusak. Kalian harus memakai blower dan memanaskannya. Atur posisi blower pada angka 350.

Kemudian kalian pastikan komponen lain seperti IC, kamera, dan lainnya tidak terkena panas dari blower sebab dapat berpengaruh pada kinerja smartphone.

Kalau konektor rusak tersebut sudah bisa dilepaskan segera bersihkan bekas pemanasannya. Terakhir, kalian tinggal memasang konektor headset baru.

Apabila sudah melakukan langkah-langkah mengganti konektor headset baru, pasang kembali semua komponen smartphone dan nyalakan. JIka headset sudah ada suara maka proses penggantian berhasil.

Tapi ingat, hanya kalian yang ahli yang bisa melakukan cara di atas. Karena perlu juga alat khusu untuk memperbaikinya. 

Saran terbaik saya kalian pergi ke service center atau tukang service saja, apalagi jika smartphone kalian memakai baterai tanam

Baca Juga :

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaikin lubang audio jack smartphone kalian sendri dirumah tanpa harus memperbaikinya ke ketempat service smartphone

READ  Cara Mudah dan Cepat Mengembalikan Akun Twitter yang Ditangguhkan

Leave A Reply

Your email address will not be published.