Cara Mengatasi Lupa Pola atau Password di Android dengan TWRP Recovery Tanpa Kehilangan Data

0

TWRP Recovery mempunyai fungsi untuk memudahkan kalian sebagai pengguna untuk memperbaiki masalah smartphone android kalian. Salah satunya untuk menginstalasi ulang tanpa PC dan mengatasi lupa pola atau sandi atau password lockscreen smartphone. Oleh sebab itu, kali ini saya akan memberikan informasi cara mengatasi lupa pola atau lupa sandi dengan TWRP Recovery tanpa kehilangan data.

Sebagaimana kita ketahui, mengunci smartphone dengan password atau pola sangat penting untuk mengamankan smartphone. Tetapi tentu saja, resiko lupa pola atau sandi juga sering terjadi. Sebab itulah kita perlu melakukan reset untuk bisa mengembalikan smartphone karena lupa pola atau sandi.

Umumnya saat kalian melakukan reset smartphone, maka semua data yang ada di dalamnya secara otomatis terhapus. Akan tetapi, Gaes, lewat TWRP Recovery, kalian bisa melakukan reset smartphone untuk mengatasi lupa pola atau lupa sandi tanpa kehilangan data di smartphone android kalian.

Untuk kalian yang sedang mencari cara untuk mengatasi lupa pola melalui TWRP, simak artikel ini sampai habis. Cuss..

Cara Mengatasi Lupa Pola atau Password di Android dengan TWRP Revovery

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan smartphone kalian. Kemudian masuk ke TWRP Recovery dengan cara tekan tombol kombinasi Volume Bawah dan Power atau Volume Atas dan Power.

Ketika kalian sudah berhasil masuk menu TWRP, klik Advanced lalu klik File Manager. Selanjutnya klik data – system.

 

Langkah berikutnya, untuk kalian pengguna Android Marshmallow, Nougat dan Oreo, hapus file-file berikut ini:

  • Locksettings.db
  • Locksettings.db-shm
  • Locksettings.db-wal
  • getkeeper.password.key
  • getkeeper.pattern.key

 

Sedangkan untuk kalian pengguna Android Kitkat dan Lollipop, hapuslah file berikut ini:

  • Locksettings.db
  • Locksettings.db-shm
  • Locksettings.db-wal
  • gesture.key
  • password.key

 

Ketika file sudah terhapus, maka segera Reboot perangkat smartphone kalian.

 

Kalau kalian sudah melakukan cara di atas, maka kini pola atau password di android sudah otomatis terhapus dan tidak terkunci lagi. Di samping itu, cara ini juga tidak akan menghapus semua file dan data yang ada di dalam perangkat smartphone kalian kok.

Kalian harus tahu, cara di atas hanya dapat dipakai untuk perangkat yang sudah terpasang TWRP Recovery. Tetapi untuk perangkat yang belum terpasang TWRP Recovery, kalian tetap bisa menghapus pola atau password dengan melakukan hard reset melalui recovery bawaan smartphone. Meskipun cara ini akan nantinya menghapus seluruh data dan file yang tersimpan di perangkat android.

Demikian tadi info tentang cara mengatasi lupa pola atau password denan TWRP Recovery, Gaes. Ingat satu hal lagi ya. Cara ini juga bisa dilakukan di perangkat Realme lainnya.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian mengenai dunia informasi dan teknologi. Selalu pantengin website ini karena hadir update terbaik sepanjang hari baik dari ilmu, pengetahuan dan teknologi.

 

Kalian juga bisa memberikan masukan cara lupa pola atau password smartphone android kalian di kolom komentar jika ada tambahan atau aplikasi lain yang bisa membantu ya, Gaes. Boleh juga mengajukan pertanyaan asal sopan dan tidak menjatuhkan.

 

Terima kasih. Dan jangan lupa selalu up to date berita dan info terbaru di bidang ilmu dan teknologi bersama di techjak.com. Website yang selalu terdepan mengabarkan kepada kalian baik kabar lokal maupun internasional.

 

Sampai bertemu lagi nanti. Salam teknologi, Gaes!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.