Cara Mengatasi ‘Maaf, Kamera Telah Berhenti’ di OPPO

Seperti yang kalian ketahui dari awal penciptaan teknologi bernama smartphone. Kamera menjadi salah satu fitur penting pada sebuah perangkat Android. Khususnya kalian para pengguna smarpthone OPPO yang lebih mengutamakan fitur kamera.

0

kalian jangan khawatir, Gaes. Saya akan memberikan beberapa tips agar kalian tahu bagaimana caranya mengatasi kamera OPPO berhenti.

Suka melakukan swafoto? Suka juga foto bareng temen-temen kalian, Gaes? Tapi, bagaimana jadinya saat asyik foto bareng teman, kamera smartphone kalian error dan tiba-tiba ada notiifkasi “Kamera telah berhenti”? Pastinya kesal, bingung, jengkel, jadi satu kan?

Tapi kalian jangan khawatir, Gaes. Saya akan memberikan beberapa tips agar kalian tahu bagaimana caranya mengatasi kamera OPPO berhenti.

Seperti yang kalian ketahui dari awal penciptaan teknologi bernama smartphone. Kamera menjadi salah satu fitur penting pada sebuah perangkat Android. Khususnya kalian para pengguna smarpthone OPPO yang lebih mengutamakan fitur kamera.

Ini untuk mengoptimalkan para epngguna atau  pecinta fotografi dalam mengambil setiap momen yang epic.

Meariknya, dukungan berbagai efek beauty plus membuat kalian sebagai pengguna tidak akan bosan mencari momen selfie dan berfoto dengan banyak ekspresi di setiap jepretan.

Hanya saja tidak setiap momen bisa mengoptimalkan keperluan kalian sebagi pengguna.

Ada beberapa pengguna yang tidak dapat memanfaatkan kamera dengan baik sebab ada masalah pesan error yang bertuliskan “Unfortunately, camera has stopped”“Maaf, kamera telah berhenti”, “Sayangnya, kamera telah berhenti”, “Sayangnya, kamera terhenti”, dan pesan -pesan error lainnya.

Mengatasi Kamera Telah Berhenti

Ada  beberapa penyebab kamera terhenti, seperti virus, cache, RAM penuh, dan lainnya. Untuk mengatasinya kalian dapat melakukan beberapa hal berikut.

Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah restart smartphone. Cara ini tiak menjamin = normal kembali, tetapi setidaknya coba supaya tahu hasilnya seperti apa.

Hapus Cache Kamera OPPO

Banyaknya file cache pada RAM atau internal bisa mengakibatkan jalannya aplikasi terhambat atau membuat aplikasi ada masalah menampilkan pesan error.

Kalian dapat memakai aplikasi keamanan untuk memberishkan cache atau memakai aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, atau yang lainnya.

Caranya buka menu Seting,kemudian klik Setelan Tambahan, lalu klik Manajemen Aplikasi. Carilah aplikasi Kamera, lalu klik Hapus Cache.

Hapus Data Kamera OPPO

Cara ini akan membuat aplikasi kamera  bisa kembali pada posisi default dan semua data pada kamera akan terhapus seperti basis datadata loginakunhistory, dan lainnya. Untuk lebih aman, transfer semua foto pada folder kamera ke folder lain atau eksternal card.

Caranya kalian buka menu Pengaturan lalu tap Setelan Tambahan kemudian klik Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi  “Kamera”  Setelah itu klik “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”

Nonaktifkan Kamera OPPO

Cara ini mudah, sayangnya, tidak semua tipe perangkat OPPO punya fitur yang satu ini.

Kalau perangkat kalian tidak tersedia, maka kalian dapat mengabaikan saja cara ini. Dengan menonaktifkan dan mengaktifkan kembali aplikasi kamera maka akan kamera kalian jadi lebih fresh dan maksimal saat dipakai.

Bukalah menu Pengaturan, lalu klik Setelan Tambahan. Selanjutnya kalian tap opsi Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi “Kamera”. Setelah itu klik “Nonaktifkan” dan “Aktifkan”.

Matikan Smartphone, Cabut SIM Card, & SD Card

Cara ini dapat kalian lakukan supaya Smartphone bisa istirahat sejenak dan kembali normal ketika semua cara sudah dilakukan.

Factory Reset

Cara terakhir ini bisa kalian lakukan setelah backup semua data di smartphone.  Buka menu Setting, lalu klik Buat Cadangan&Setel Ulang. Kemudian klik Kembalikan ke Pengaturan Pabrik. Klik Resep Ulang Telepon.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian dapat mengoptimalkan moment – moment yang ciamik untuk dijadikan foto. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis smartphone Oppo. Kalian dapat melakukanya dengan mudah dan cepat sewaktu – waktu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.