Cara Mengatasi ‘Maaf, Kontak Telah Berhenti’ di OPPO

Salah satu fitur yang sering digunakan dalam smartphone adalah telepon. Akan tetapi bagaimana jadinya kalau aplikasi kontak di smartphone kalian tiba-tibe berhenti dan tidak bisa diakses padahal kalian sedang membutuhkannya?

0

Seperti yang kalian ketahui, Aplikasi kontak di smartphone Android, utamanya di smartphone OPPO menjadi bagian yang sangat penting. Kontak berisi semua nomor dari semua teman kalian. Ketika aplikasi ini error, pasti semua jadi sulit karena kalian tidak bisa menemukan kontak teman kalian di sana.

Smartphone OPPO memang masih terhitung baru di pasaran global, tapi eksistensinya tidak bisa diragukan lagi. Sudah banyak kalangan yang membuktikan bahwa smartphone OPPO mampu bersaing dengan brand smartphone lain yang sudah lebih dulu hadir. Misalnya Samsung, Sony, Asus, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang sering digunakan dalam smartphone adalah telepon. Akan tetapi bagaimana jadinya kalau aplikasi kontak di smartphone kalian tiba-tibe berhenti dan tidak bisa diakses padahal kalian sedang membutuhkannya?

Karena seperti yang kalian ketahui, Aplikasi kontak di smartphone Android, utamanya di smartphone OPPO menjadi bagian yang sangat penting. Kontak berisi semua nomor dari semua teman kalian. Ketika aplikasi ini error, pasti semua jadi sulit karena kalian tidak bisa menemukan kontak teman kalian di sana.

Terjadinya pesan error pada aplikasi kontak pada dasarnya juga dapat dialami pengguna smartphone lain. Baik itu SAMSUNG, Lenovo, ASUS, dan lainnya.

Tetapi umumnya keluar tulisannya agak berbeda. Contohnya “Sayangnya, kontak telah berhenti” , “Unfortunately, contact has stopped”“Sayangnya, kontak terhenti”, dan sebagainya.

Meskipun beda pesan tampilannya, tapi yang pasti masalah dan solusinya sama kok.

Bersihkan Cache Aplikasi

Cara pertama ini bisa kalian lakukan dengan membersihkan file sampah pada aplikasi kontak yang error tersebut. Umumnya membersihkan file cache atau temporary, aplikasi kontak dapat normal lagi.

Kalian juga bisa membersihkan sampah dengan aplikasi cleaner cache yang ada. Buka saja menu Pengaturan lalu klik Setelan Tambahan dan tap opsi Manajemen Aplikasi. Cari “Kontak” Terakhir klik “Hapus Cache”.

Hapus Data Aplikasi

Ketika menghapus data apliaksi, otomatis Kontak akan kembali pada posisi deafult. Yang berarti semua kontak yang kalian simpan akan hilang, cache, basis data, dan history akan hilang.

Caranya hampir sama dengan membersihkan cache Aplikasi, hanya saja setelah proses Cari aplikasi Kontak, kalian bisa klik Paksa Berhenti. Baru kemudian tap opsi Hapus Data.

Install Kontak dari Google Play Store

Cara terakhir,  kalian dapat  mencoba untuk menginstall aplikasi atau update aplikasi kontak dari Google Play Store. Dengan update, umumnya aplikasi Kontak akan kembali normal.

Semua bugs dan kerusakan yang ada akan diperbaiki. Di samping itu, kalian juga akan memperoleh update fitur terbaru dari aplikasi kontak.

Untuk melakukannya, kalian buka Google Play Store lalu cari Aplikasi Kontak. Disana kalian dapat mencoba untuk mengunduh atau update aplikasi Kontak.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengatasi Kontak telah berhenti di smartphone OPPO. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian semua.

Kalau ada pertanyaan mengenai cara mengatasi Kontak telah berhenti di smartphone OPPO atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Baca Juga :

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.