Cara Mengatasi Memori Penuh Padahal Tidak INstall Banyak Aplikasi

0

Memori Internal atau penyimpanan internal adalah memori bawaan dari Smartphone maupun Tablet Android itu sendiri. Memori Internal bersifat non removable, artinya tidak dapat dilepas ataupun dicopot. Memori tersebut langsung melekat pada Board Smartphone.

Pada semua program sistem Android tersimpan pada Memori Internal. Ini berarti Memori Internal sangat penting untuk Smartphone agar kalian dapat memanfaatkannya dalam beraktifitas sehari-harii.

Aplikasi Bawaan juga ada pada memori Internal seperti Galeri, Pengaturan, Pesan, Kontak, Musik, Video Player, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Smartphone Suka Mati Sendiri

Kalian tidak dapat menghapus Aplikasi bawaan tersebut, sebab memang tidak diijinkan oleh pihak dari Android itu sendiri. Kecuali kalau kalian melakukan Root, tentunya dapat menghapus aplikasi bawaan Android.

Tapi mungkin kalian adalah beberapa pengguna yang mengeluh mengenai memori internal yang cepat penuh padahal aplikasi sedikit dan jarang install aplikasi? Jika iya, maka kalian tidak perlu khawatir. Saya di sini akan memberikan kalian tips cara mengatasi masalah dalam sistem android tersebut.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Pada dasarnya mengatasi memori internal penuh adalah sangat mudah. Biasanya ini terjadi karena penumpukan file cache atau file sampah yang terlalu berlebihan.

Hal ini terjadi ketika kalian membuka aplikasi atau menjalankan aplikasi.

Di samping itu, mengakses internet juga dapat menghasilkan file history dan cache yang sangat banyak. Inilah yang membuat memori Android penuh tapi tidak kalian sadari.

Baca Juga : Tips Hadapi Memori Android Yang Penuh

Biasanya penumpukan cache yang berlebihan akan membuat android jadi berat, lemot, dan sering lag. Apalagi ketika instal aplikasi, akan tampil nanti memori internal penuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa coba memakai dengan membersihkan file sampah dengan aplikasi cleaner. Aplikasi Cleaner yang bisa kalian coba adalah Clean Master, CCleaner, Go Speed, Du Booster, Go Speed, dan sebagainya.

Sebagai contoh, saya akan memakai aplikasi clean master. Langkah pertama, kalian unduh dan pasang aplikasi Clean Master lewat Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh [Google Play]

Baca Juga : Cara Supaya Memori Iphone Tidak Penuh

Selanjutnya kalian buka aplikasi tersebut, lalu klik “Berkas Sampah” untuk melakukan scanning pada semua file sampah yang ada di Memori Internal dan Eksternal Android.

Lamanya Proses scanning tergantung dari banyaknya file sampah yang ada di memori tersebut.

Kalau scanning sudah selesai, maka kalian dapat langsung tap “Bersihkan Sesampah” dan hasilnya semua file sampah akan dibersihkan secara total.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh

Dengan menjalankan cara tersebut kalian akan bisa melihat perbedaan dari performa Android itu sendiri.

Setelah melakukan hal tersebut, cobalah untuk me-restart Smartphone Android kalian. Selesai.

Dengan membersihkan cache yang ada di memori interanal android, semoga nantinya tidak ada masalah lagi yang sama dan android kalian bisa berjalan secara normal kembali.

Masalah seperti ini memang bisa terjadi pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, NOKIA, dan lainnya. Kalian dapat mencobanya pada perangkat Android, kalau ada perbedaan maka kalian bisa menyesuaikannya.

Itu tadi ulasan cara mengatasi memori internal penuh padahal kalian tidak banyak install aplikasi.

Baca Juga : 5 Cara Menyimpan hasil Unduhan di Memori Eksternal

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.