Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Berbunyi dan Muncul

0

Setiap perlembangan teknologi menciptakan penemuan baru. Tak terkecuali, teknologi smartphone yang berawal dari handphone. Smartphone mengalami perkembangan baik dari segi internal maupun eksternal. Misal fitur dan layanan, juga aplikasi yang ada di dalamnya.

Dalam setiap aplikasi biasanya akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan jika ada pesan masuk, email, atau gambar yang dikirimkan seseorang.

Notifikasi merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada pada smartphone atau tablet android. Kegunaan dari notifikasi sendiri yaitu sebagai pemberitahuan seperti SMS, Chat, Panggilan Telepon, dan lain sebagainya. Ada 3 jenis notifikasi yang ada di Android yaitu suara, getar, dan icon atau gambar.

 

Biasanya notifikasi ada pada bagian atas atau bar Android. Sebagai pengguna android tentunya kalian sudah tahu mengenai hal tersebut.

Baca Juga : cara-mematikan-suara-kamera-oppo-dan-xiaomi

Tapi di balik itu semua ternyata notifikasi android juga bisa 

mengalami kerusakan atau error. Para pengguna android banyak yang mengeluhkan tentang notifikasi android yang hilang dan tidak berbunyi sama sekali.

Memang tidak bisa dipastikan apa faktor penyebab dari hal tersebut sebab setiap pengguna android mempunyai cara tersendiri dalam mengoperasikan smartphonenya.

Kalian pengguna android harus memahami apa penyebab dari pemberitahuan yang tidak muncul tersebut. Apakah hanya satu aplikasi saja atau semua aplikasi.

Baca Juga : cara-melacak-smartphone-yang-hilang-dengan-mudah

Contohnya kalau aplikasi LINE bisa memberi tahukan chat masuk, invite masuk, ping masuk, kemudian aplikasi WhatsApp tidak memberikan notifikasi apapun, baik bunyi atau pun getar. Maka dapat dipastikan yang error hanya satu aplikasi saja yaitu Whatsapp.

Tapi jika semua aplikasi tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari getar atau pun suara maka dapat dipastikan bahwa Notifikasi Android mengalami masalah. 

Notifikasi Tidak Berbunyi Pada Satu Aplikasi

READ  Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop dan PC

Contohnya ketika yang tidak memberikan notifikasi dari aplikasi WhatsApp, maka kalian tinggal masuk saja pada “Pengaturan”, kemudian lihat pada bagian “Notifications”. Cek bagian tersebut apakah tercentang atau tidak. Kalau tidak tercentang, centang saja agar nantinya kalian bisa memperoleh notifikasi kembali.

Baca Juga : mencari-sebab-dan-solusi-kartu-sim-tidak-terinstal

Langkahnya adalah dengan membuka menu Pengaturan, kemudian klik Setelan Tambahan. Tap opsi Manajemen Aplikasi dan cari Nama Aplikasi. Segera klik tombol Kelola Pemberitahuan. Setelah itu kalian bisa aktifkan Izinkan Pemberitahuan.

Notifikasi Semua Aplikasi Hilang dan Tidak Berbunyi

Kalian harus memastikan bahwa kalian sudah melakukan pengaturan notifikasi dengan benar. Jika memang ragu, kalian bisa memeriksa lagi pada bagian suara, volume, dan getar. 

Selanjutnya kalian lakukan reboot pada android kalian.

Ada baiknya juga kalian menggunakan juga aplikasi Clean Master. 

Baca Juga : notifikasi-muncul-terus-bagaimana-ya-cara-menghilangkannya

Aplikasi tersebut bisa membantu meningkatkan performa Android kalian serta bisa menghapus file cache  yang terkadang juga merusak fitur-fitur di android, termasuk Notifikasi.

Cara di atas bisa kalian lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, Oppo, Realme, Asus, Xiaomi, Vivo, Sony, Nokia, dan lainnya. Kalau ada perbedaan, maka kalian bisa menyesuaikannya.

Itu tadi ulasan singkat tentang notifikasi android yang tidak berbunyi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Kalau ada yang perlu ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Baca Juga : mencari-sebab-dan-solusi-kartu-sim-tidak-terinstal

Jangan lupa juga untuk terus update berita dan informasi terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Ada juga banyak tips keren yang bisa menjadi solusi masalah kalian saat ini, khususnya di dunia teknologi. Beberapa review perangkat mobile, dan juga game, dan masih banyak yang lainnya.

 

READ  Cara Mengubah Facebook ke Tampilan yang Baru

Sampai bertemu di artikel lainnya, Gaes.

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.