Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul dan Berbunyi di Smartphone OPPO

0

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tentusaja perangkat mobile sampai saat ini menjadi temuan yang membuat banyak manusia terbantu dan memudahkan banyak sekali masalah yang bisa diselesaikan.

Di antaranya hubungan komunikasi, pekerjaan, tugas kuliah dan pekerjaan lain yang membutuhkan koneksi internet dan perlu segera ditunaikan karena kepentingannya tidak hanya menyangkut satu orang, tapi bisa ribuan pekerja dari data yang dikirim tersebut.

Baca Juga : cara-hard-reset-atau-factory-reset-smartphone-oppo-semua-tipe

Nah, dalam setiap perangkat mobile atau smartphone, tentunya ada aplikasi yang kalian pakai untuk memenuhi kebutuhan kalian. Setiap aplikasi tersebut punya fungsi masing-masing. Ketika mereka mulai berjalan, biasanya akan ada notifikasi yang masuk sebagai pengingat untuk kalian segera membukanya bukan?

Yups. Notifikasi atau pemberitahuan tentunya menjadi sangat penting untuk kalian perhatian. Notifikasi bisa membuat kalian lebih mudah di saat teman atau keluarga kalian sedang menghubungi kalian, entah itu lewat panggilan telepon, SMS, Chatting, atau Video Call.

Tanpa pemberitahuan maka kalian tidak pernah tahu siapa dan pesan apa yang masuk pada perangkat Android kalian.

Baca Juga :  cara-mengaktifkan-smartphone-oppo-tanpa-tombol-power

Seperti contohnya, jika notifikasi LINE tidak tampil atau pada aplikasi WhatsApp juga tidak keluar pemberitahuannya, pastinya ini akan sangat merepotkan dan membuat banyak masalah di kemudian hari.

Ada beberapa penyebab Notifikasi tidak muncul. Mungkin karena izin pemberitahuan sudak kalian non-aktifkan atau belum diaktifkan, file cache yang menumpuk dan membuat aplikasi terjadi error, kerusakan pada aplikasu, dan juga kerusakan pada sistem ColorOS.

Baca Juga : cara-menyembunyikan-foto-pribadi-di-smartphone-oppo

Untuk itu, saya akan membagikan solusi untuk mengatasi notifikasi yang tidak muncul tersebut dengan beberapa cara berikut.

Notifikasi OPPO Tidak Bunyi dan Tampil

Beberapa hal harus kalian lakukan dahulu supaya notifikasi pada OPPO bisa normal dan bisa muncul seperti biasanya.

Cara ini bisa kalian terapkan pada semua tipe OPPO. Baik itu OPPO A37, OPPO A59, OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, dan perangkat OPPO lainnya.

Bersihkan Cache Aplikasi

READ  Cara Mudah Membuka Akses di Google Drive, Siapapun Bisa Akses!

Cara paling mudah dan sederhana agar kalian bisa mengatasi notifikasi yang tidak muncul adalah dengan membersihkan file cache pada aplikasi yang tidak muncul notofikasinya. 

Baca Juga : 5-kode-rahasia-agar-pengguna-smartphone-tidak-tertipu

Contohnya, WhatsApp tidak memunculkan notifikasi, maka kalian bisa coba membersihkan cache pada aplikasi WhatsApp.

Hal ini berlaku pada semua aplikasi terinstall. Atau untuk cara cepatnya, kalian bisa memakai aplikasi cleaner untuk membersihkan file cache lebih cepat dan lebih maksimal.

Langkah yang bisa kalian lakukan adalah membuka menu Setting, kemudian klik saja Setelan Tambahan. Kalau sudah, kalian bisa tap opsi Manajemen Aplikasi.

Setelah itu silakan kalian cari Nama Aplikasi. Saat sudah menemukannya, langsung tekan tombol Hapus Cache. Selesai,

Izinkan Pemberitahuan Aplikasi

Cara yang kedua, kalian bisa melakukan cek izin pada notifikasi OPPO. Pastikan dulu apakah kalian sudah  mengaktifkan izin Notifikasi pada semua aplikasi yang kalian anggap penting, utamanya aplikasi chatting seperti LINE, WhatsApp, instagram, Facebook, dan lainnya.

Baca Juga : tips-memasang-tema-permanen-di-smartphone-oppo

Langkah pertama, kalian bisa membuka menu Pengaturan atau Settings, lalu klik Pemberitahuan dan Bilah Status. Setelah itu tap opsi Kelola Pemberitahuan. Pilihlah menu Nama Aplikasi. Selanjutnya kalian tinggal mengaktifkan Izinkan Pemberitahuan.

Aktifkan Suara dan Getaran Pemberitahuan

Berikutnya, supaya suara dan getaran pada pemberitahuan bisa berbunyi dan bisa bergetar, maka kalian juga harus mengaktifkannya. Kalian juga harus memastikan suara dan getaran pada notifikasi dalam keadaan yang aktif.

Baca Juga : 5-alasan-oppo-a9-2020-mampu-bersaing-dengan-smartphone-lainnya

Cara yang bisa kalian lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan dan Bilah Status. Setelah itu tekan tombol Kelola Pemberitahuan. Tap opsi Nama Aplikasi. Kemudian aktifkan Suara dan Getaran Pemberitahuan.

Aktifkan Pemberitahuan prioritas

Untuk Prioritas pemberitahuan sebenarnya akan berfungsi saat kalian mengaktifkan mode jangan ganggu. Artinya, mungkin kalian dalam keadaan sibuk atau tidak mau diganggu dengan deringan smartphone Android.

Cara mengaktifkannya mudah. Kalian tinggal masuk ke menu Settings, lalu klik Pemberitahuan dan Bilah Status. Setelah itu tekan tombol Kelola Pemberitahuan. Kemudian pilihlah Nama Aplikasi dan aktifkan Pemberitahuan Prioritas.

Aktifkan Pemberitahuan pada aplikasi tertentu

Cara yang kelima, kalian bisa melakukan pengecekan pada aplikasi tertentu yang memang tidak memberikan notifikasi. Seperti contohnya, LINE tidak muncul aplikasi, maka kalian bisa cek aplikasi LINE, khususnya pada fitur Nofikasi.

Baca Juga : cara-buka-2-aplikasi-bersamaan-split-screen-di-semua-oppo-terbaru

READ  Tips Mengatasi WhatsApp Crash Error Akibat Kirimian Kode

Caranya mudah. Masuk ke aplikasi LINE, kemudian pergilah ke Pengaturan. Klik opsi Pemberitahuan. Kemudian aktifkan atau centang Pemberitahuan.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah tidak ada Notifikasi smartphine OPPO. Semua cara di atas bisa kalian terapkan pada semua tipe OPPO.

 

Semoga bermanfaat! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.